Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Daftar Pemenang Film Critics Awards 2022, IU & Son Seok Koo Raih Trofi

Siapa saja yang berhasil membawa pulang piala?

Ajenk Rama

Pada Rabu (23/11/2022) kemarin, Film Critics Awards 2022 atau Penghargaan Asosiasi Kritikus Film Korea ke-42 baru digelar di Aula KBIZ Federasi Usaha Kecil dan Menengah, Yeouido, Seoul, Korea Selatan. 

Dalam malam penghargaan tersebut, aktor senior, Son Seok Koo dan penyanyi sekaligus aktris muda berbakat, IU keluar sebagai pemenang di salah satu kategori. Kedua terpilih karena kemampuan aktingnya yang memukau.

Tak hanya memberikan penghargaan kepada pemeran, tetapi Film Critics Awards 2022 juga mengapresiasi film dan para sineas berbakat di belakang layar. Intip daftar pemenang Film Critics Awards 2022 di bawah ini.

Mengenal Film Critics Awards

Berbagai sumber

Di dunia hiburan Korea Selatan, banyak sekali ajang penghargaan bergengsi yang diberikan kepada para pelaku industri seperti Film Critics Awards atau dikenal dengan Penghargaan Asosiasi Kritikus Film Korea.

Film Critics Awards merupakan upacara penghargaan tahunan untuk kesempurnaan di perfilman di Korea Selatan. Acara ini didirikan sejak tahun 1980 oleh Asosiasi Kritikus Film Korea atau Korea Association of Film Critics (KAFC).

Biasanya, penghargaan untuk Film Critics Awards diadakan sekitar bulan November atau Desember.

IU menyabet penghargaan melalui film terbaru

Kbizoom.com

Menghadapi persaingan yang ketat, akhirnya Lee Ji Eun atau akrab disapa dengan nama panggung IU berhasil menyabet penghargaan sebagai Aktris Pendatang Baru Terbaik atau Best New Actress Award untuk perannya di film Broker.

"Saya berpikir bahwa saya tidak akan terlalu gugup menerima penghargaan dibanding saat pertama kali mendengar kabar baik ini. Namun nyatanya, usai mendengar semua hal baik, saya menjadi lebih gugup saat ini," tutur IU.

IU menambahkan bahwa film Broker memberikan makna mendalam bagi dirinya secara pribadi dan sebagai aktris. Ia sangat menghargai setiap proses dan orang-orang di balik layar yang menjadi penyemangat besar untuknya.

Son Seok Koo membuktikan kualitas aktingnya

Kbizoom.com

Son Seok Koo, sang aktor senior semakin membuktikan kualitas aktingnya di dunia seni peran melalui film The Roundup. Ia meraih trofi penghargaan di kategori Aktor Pendatang Baru Terbaik atau Best New Actor Award di Film Critics Awards 2022.

Sayangnya, Son Seok Koo berhalangan hadir karena jadwal syuting serial terbaru berjudul Casino. Sang aktor memilih untuk menyampaikan pidato kemenangannya melalui sebuah video yang ditampilkan di panggung.

"Saya memenangkan Penghargaan Aktor Pendatang Baru Terbaik untuk peran saya di film The Outlaws 2. Saat mendengar kabar bahagia itu, saya bertanya-tanya kepada siapa saya harus mengucapkan terima kasih. Tentu saja, sutradara The Outlaws 2 muncul di benak saya pertama kali," ucap Son Seok Koo.

Ia mengungkapkan jika kemenangan yang diperolehnya merupakan hasil kerja keras dari sang sutradara film. Son Seok Koo merasa semua film yang bagus, tidak terlepas dari campur tangan sutradara.

Daftar pemenang lengkap Film Critics Awards

Hancinema.net

Film Critics Awards 2022 tidak hanya memberikan penghargaan kepada IU dan Son Seok Koo, tetapi ada sejumlah film dan nama lain yang juga meraih trofi kemenangan.

  • Best Film: Decision to Leave
  • Best Director: Park Chan-wook, Decision to Leave
  • Best Actress: Tang Wei’, Decision Leave
  • Best Screenplay: Park Chan-wook, Jeong Seo-kyeong, Decision to Leave
  • Best Cinematography: Kim Ji-yong, Decision to Leave
  • Best Music: Jo Yeong-wook, Decision to Leave
  • Best Actor: Jung Woo-sung, Hunt
  • Best Supporting Actress: Jeon Hye-jin, Hunt
  • Best New Director: Lee Jung-jae, Hunt
  • Best New Actress: IU (Lee Ji-eun), Broker
  • Best New Actor: Son Seok-koo, The Roundup
  • Best Supporting Actor: Jo Woo-jin, Kingmaker
  • Technical Award: Jeong Seong-jin, Jeong Chol-min, Hansan: Rising Dragon
  • Best Independent Film Maker: Kim Dong-ryeong, Park Gyeong-tae, The Pregnant Tree And The Goblin
  • Meritorious Film Award: Ahn Sung-ki
  • FIPRESCI Award: Cassiopeia, Shin Yeon-shick, After Yang, Kogonada, Blue Bayou, Justin Chon, dan Lee Il-ha, I Am More

Itulah daftar lengkap pemenang Film Critics Awards 2022 yang ke-42. Ada artis atau film favoritmu yang menang, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration