Film Korea, Hunt yang dieksekusi apik oleh Lee Jung Jae sebagai sutradara siap menyapa penonton di bioskop Indonesia pada 14 September 2022. Film bergenre laga-spionase ini menuai banyak prestasi gemilang, salah satunya menerima undangan dari Festival Film Internasional.

Hunt menampilkan jajaran pemain berbakat Korea antara lain Jung Woo Sung, Lee Jung Jae, Go Yoon Jung, Kim Nam Gil, Hwang Jung Min, Heo Sung Tae, Lee Sung Min, Jung Man Sik, hingga aktor luar bernama Andres Fronk. 

Dengan torehan prestasi dan para pemain berkualitas, film Hunt patut untuk masuk dalam daftar tontonan di September ini. Apa yang menarik dari film ini? Simak poin pentingnya di bawah ini. 

1. Proses penggarapan yang tidak mudah

10 Fakta Film Korea 'Hunt', Bakal Tayang di Bioskop IndonesiaHancinema.net

Tak hanya mengamati prosesnya di belakang layar, Lee Jung Jae juga terjun sebagai aktor di film Hunt. Sang aktor mengakui bahwa penggarapan film ini tak mudah. Melansir The Korea Times, Lee Jung Jae mengungkapkan jika ia sempat merasa takut dan khawatir atas hasil akhir film Hunt. 

"Dari proses menulis hingga penyutradaraan, saya kurang tidur. Beberapa orang berpikir jika transisi dari aktor ke sutradara sangat berisiko. Jadi, saya merasakan tantangan dan tanggung jawab yang lebih besar untuk film ini," ucap Lee Jung Jae. 

Ada kisah menarik yang membuat Lee Jung Jae terjun langsung sebagai sutradara-aktor di film ini, yaitu ia pernah menawarkan ke beberapa sutradara untuk bekerja sama.

Kurang lebih 20 sutradara kondang dihubungi Lee Jung Jae, namun semuanya menolak karena terlalu sulit. Ia tidak memiliki pilihan selain menggarapnya sendiri selama 4 tahun hingga menjadi sempurna. Totalitas banget, ya!

2. Ajang reuni Lee Jung Jae dan Jung Woo Sung

10 Fakta Film Korea 'Hunt', Bakal Tayang di Bioskop IndonesiaHancinema.net

Rekan kerja, sekaligus sahabat di dunia hiburan Korea Selatan, yakni Lee Jung Jae dan Jung Woo Sung kembali bekerja sama untuk film terbaru, Hunt. Duo aktor ini mengungkap perbedaan bekerja saat membintangi Hunt dan City of the Rising Sun. 

Yup, sebelum berduel di Hunt. Kedua aktor senior tersebut pernah beradu akting di City of the Rising Sun, film aksi kriminal tahun 1998 dan melakoni peran utama. Satu-satunya perbedaan yang cukup mencolok di film yang mengusung adegan laga ini adalah stamina.

"Semangat dan hasrat untuk film ini hampir sama seperti syuting 24 tahun silam. Hanya saja, stamina saya sedikit menurun. Jadi, saya memerlukan lebih dari lima kali take di lapangan. Kelelahan saya meningkat," jelas Lee Jung Jae saat konferensi pers. 

Di sisi lain, Jung Woo Sung mengungkapkan perasaan haru dan bangga atas pencapaian temannya. Ia menjelaskan bahwa reuni dengan Lee Jung Jae untuk film pertama mereka sangat istimewa dan penuh kenangan. 

3. Jung Woo Sung sempat menolak tawaran peran

10 Fakta Film Korea 'Hunt', Bakal Tayang di Bioskop IndonesiaHancinema.net

Dalam sebuah wawancara, Jung Woo Sung secara gamblang membocorkan kisah di balik persiapan dan pengalaman saat terlibat sebagai aktor dan sutradara bersama Lee Jung Jae. Fakta yang cukup mengejutkan, ia sempat menolak tawaran kasting menjadi aktor di film tersebut sebanyak tiga kali, lho. 

"Jumlah energi yang dikeluarkan sangat berbeda saat saya hanya bekerja sebagai aktor. Kami berdua tidak hanya mengarahkan dan memproduksi, tetapi juga muncul bersama. Evaluasi akan lebih tajam," jelas Jung Woo Sung. 

Ia berpendapat bahwa lebih baik berada di belakang layar dengan pikiran fokus daripada berperan ganda (menjadi aktor, sekaligus sutradara). 

4. Menyoroti kisah dua agen rahasia

10 Fakta Film Korea 'Hunt', Bakal Tayang di Bioskop IndonesiaHancinema.net

Berlatar waktu 1980-an, Hunt menyoroti kisah dua agen rahasia bernama Park Pyong Ho (Lee Jung Jae) sebagai Kepala Unit Asing Badan Intelijen Pusat Korea (KCIA) dan Kim Jeong Do (Jung Woo Sung) di Unit Domestik. 

Keduanya bekerja sama untuk mengejar sosok penanggung-jawab atas mata-mata Korea Utara.  Di tengah misi rahasia yang dijalankan, keduanya mendapati diri mereka menjadi target operasi setelah saling curiga satu sama lain dan dituduh sebagai pengkhianat.

Berawal kecurigaan tersebut, mereka mengetahui satu rahasia yang dapat membahayakan Keamanan Nasional Korea. Akankah mereka berhasil dalam misi tersebut? Kamu bisa mengetahui jawabannya dengan menonton film Hunt di bioskop.  

5. Hak cipta tayang terjual ke lebih dari 100 negara

10 Fakta Film Korea 'Hunt', Bakal Tayang di Bioskop IndonesiaHancinema.net

Lee Jung Jae telah mempersiapkan film debut sutradaranya ini sangat baik. Terbukti dari hak cipta tayang di luar negeri. Megabox Plus M, salah satu perusahaan yang bertanggung jawab untuk mendistribusikan Hunt mengungkapkan bahwa film tersebut telah terjual ke 144 negara, termasuk Jepang, Taiwan, Hong Kong, India, Thailand, hingga Indonesia. 

Tak hanya negara Asia, namun negara Eropa dan Amerika Latin seperti Prancis, Italia, Jerman, Austria, Swiss, Belgia, Inggris Raya, Spanyol, hingga Brazil membeli hak cipta untuk menayangkan film ini. 

6. Mendapat undangan dari Festival Film Cannes

10 Fakta Film Korea 'Hunt', Bakal Tayang di Bioskop IndonesiaHancinema.net

Prestasi lain yang diraih oleh film Korea, Hunt tak hanya sebatas itu. Film ini juga diundang secara resmi ke Festival Film Cannes ke-75 pada April 2022, yang ditayangkan perdana di bagian Pemutaran Tengah Malam non-kompetitif, Midnight Screenings Sections.

Hebatnya lagi, film Lee Jung Jae dan Jung Woo Sung ini mendapat sambutan yang luar biasa dan standing ovation selama 7 menit dari penonton. Melansir dari Ten Asia, Lee Jung Jae mengungkapkan rasa terima kasih dan kagum dengan reaksi penonton setelah pemutaran perdana. 

Ini pertama kalinya, Lee Jung Jae hadir sebagai sutradara film. Sebelumnya, ia menghadiri Festival Film Cannes ke-75 untuk film The Housemaid bersama Jeon Do Yeon. 

7. Menerima undangan Festival Film Internasional

10 Fakta Film Korea 'Hunt', Bakal Tayang di Bioskop IndonesiaHancinema.net

Tak hanya menerima undangan dari Festival Film Cannes, Hunt juga mendapat undangan dari Festival Internasional Toronto ke-47 bersama lima film Korea lainnya pada Juli 2022. Festival Film Internasional Toronto adalah festival film terbesar di Amerika Utara. 

Festival Film Internasional Toronto ke-47 digelar sejak tanggal 8 hingga 18 September 2022. Secara khusus, film garapan Lee Jung Jae ini diundang di bagian Presentasi Gala. 

8. Penyutradaraan Lee Jung Jae mendapat pujian

10 Fakta Film Korea 'Hunt', Bakal Tayang di Bioskop IndonesiaHancinema.net

Pujian tak hanya datang dari lawan mainnya, Jung Woo Sung. Tetapi, rekan sejawat Lee Jung Jae yang membintangi serial Squid Game, Heo Sung Tae juga melontarkan pujian ke sang aktor. Heo Sung Tae mengatakan bahwa aktor, sekaligus sutradara tersebut sangat detail tentang penyutradaraan. 

"Sebagai aktor, ia bisa sangat diandalkan. Di sisi lain, ia juga bisa mendengarkan suara para aktor dan menjelaskan instruksinya kepada pemeran dengan rapi," tutur Heo Sung Tae. 

Di film ini, Heo Sung Tae memerankan Jang Chul Sung, seorang agen di Unit Domestik dan merupakan bawahan setia Kim Jung Do (Jung Woo Sung). 

9. Mengungguli film Brad Pitt di box office Korea

10 Fakta Film Korea 'Hunt', Bakal Tayang di Bioskop IndonesiaHancinema.net

Sejak penayangan perdana di bioskop Korea, film Hunt menempati urutan pertama box office Korea dan mengungguli film-film Hollywood termasuk Bullet Train, yang dibintangi oleh Brad Pitt. 

Berdasarkan laporan Dewan Film Korea, debut penyutradaraan Lee Jung Jae di film Hunt berhasil mengumpulkan 71.599 penonton saat pemutaran awal. Film Hunt membuktikan reputasinya di box office Korea dengan bertahan selama 15 hari. 

10. Melampaui 4 juta penonton sejak ditayangkan

10 Fakta Film Korea 'Hunt', Bakal Tayang di Bioskop IndonesiaHancinema.net

Pada 3 September 2022, Dewan Film Korea mengumumkan bahwa film Hunt berhasil melampaui 4 juta penonton, serta mengalahkan film Korea lain yang tengah tayang seperti 6/45 dan Hansan: Rising Dragon. 

Merayakan prestasi luar biasa, sejumlah pemain utama seperti Lee Jung Jae, Jung Woo Sung, Heo Sung Tae, dan Jung Man Sik mengunggah video lucu sebagai bentuk terima kasih kepada penggemar yang setia dan mendukung film ini.

Penasaran dengan aksi menegangkan Lee Jung Jae dan Jung Woo Sung di Hunt? Intip cuplikan singkatnya di bawah ini. Jangan sampai kelewatan filmnya di bioskop Indonesia, Bela.

https://www.youtube.com/embed/1RLlCg-LFKI

Baca Juga: Film 'Emergency Declaration', Kisahkan Ancaman Teroris di Pesawat

Baca Juga: Tayang Perdana, 3 Film Korea ini Masuk Festival Film Cannes

Baca Juga: Hyun Bin is Back! 7 Hal Menarik Film Korea 'Confidential Assignment 2'