Industri perfilman Korea Selatan selalu bertransformasi dengan deretan film berkualitas. Menghadirkan pemeran dan alur cerita yang seru, film Korea menjadi tontonan seru yang dinanti para penikmat film Negeri Ginseng. 

Banyak film Korea yang dirilis dan masuk dalam daftar box office Korea Selatan. Menurut data KOBIZ (Korean Film Biz Zone), ada beberapa film Korea Selatan dengan pendapatan tertinggi tahun 2022. 

Melansir dari Koreanfilm, berikut daftar film Korea yang masuk dalam daftar box office dan punya pendapatan tertinggi di bawah ini. Bisa buat bahan rekomendasi tontonan kamu, nih. 

10. Hot Blooded

https://www.youtube.com/embed/XJGGWEp8BqQ

Tayang pada 23 Maret 2022, film besutan sutradara Cheon Myoung Kwan ini berada di posisi 'buncit' dalam daftar box office Korea Selatan dengan pendapatan kotor tahunan 2022 sebesar US$2.9 juta atau setara Rp43 miliar.  

Hot Blooded diadaptasi dari novel karya Kim Un-Su pada tahun 2016 silam berjudul sama. Film ini dibintangi oleh Jung Woo, Choi Moo Sung, Kim Kap Soo, Ji Seung Hyeon yang berkisah tentang kehidupan seorang gangster kelas menengah bernama Hee Soo. 

Sejujurnya, Hee Soo adalah laki-laki baik yang punya pekerjaan lain sebagai manajer hotel dan ada niatan untuk menikahi pacarnya. Sayang, kehidupan Hee Soo berubah setelah kedatangan Yong Gang (Choi Moo Sung).

9. I Want to Know Your Parents

https://www.youtube.com/embed/b_czTFZJ2m4

Bergenre drama, film yang diangkat dari drama teater Jepang berjudul Oya no Kao ga Mitai ini berkisah tentang aksi bunuh diri yang dilakukan oleh siswa kelas 8 di sebuah sekolah SMP Internasional Haneum. 

Pertemuan kedua orang tua yang dimaksudkan untuk membantu penyelesaian kasus bunuh diri malah berjalan tidak baik. Banyak perdebatan dan asumsi yang membuat film I Want to Your Parents meraih pendapatan kotor tahunan 2022 sebesar US$3 juta atau setara Rp45 miliar dengan jumlah penonton sebanyak 409 ribu. 

Film berdurasi 111 menit ini dibintangi oleh Sul Kyung Gu, Chun Woon Hee, Moon So Ri, Roh Jeong Eui, Jeong Yuan, Oh Dal Su dan telah tayang pada 27 April 2022. 

8. Special Delivery

https://www.youtube.com/embed/MoVJlOicJI8

Mengisahkan kehidupan kurir Jang Eun Ha, Special Delivery menjadi film arahan sutradara Park Dae Min yang mampu mengantongi pendapatan kotor sebesar US$3,2 juta atau setara Rp48 miliar dengan jumlah penonton 444 ribu.

Film bergenre aksi-kriminal ini dirilis pada 12 Januari 2022 dengan bintang utama, Park So Dam berdurasi 108 menit. Lewat film tersebut, Park So Dam mengungkapkan jika dirinya berhasil mengatasi rasa takutnya saat menyetir setelah kecelakaan beberapa tahun lalu. 

Hal yang menariknya dari film ini adalah banyak adegan menegangkan ketika Park So Dam harus mengantarkan paket berisi anak laki-laki bernama Kim Seo Won (Jung Hyeon Jun). 

7. In Our Prime

https://www.youtube.com/embed/6WdeUdqW9kY

Adakah di antara kamu yang lemah dalam bidang Matematika? Tak perlu khawatir, kamu tidak sendirian, karena karakter Ji Woo di film In Our Prime turut merasakan hal sama. Ia harus bertemu dengan mentor yang tepat bernama Hak Sung agar bisa jago matematika. 

Namun, mentor Ji Woo bukan orang biasa. Hak Sung adalah seorang matematikawan jenius asal Korea Utara yang tengah hidup dalam penyamaran. Demi menyambung hidup di Korea Selatan, Hak Sung bekerja sebagai satpam di sekolah Ji Woo. 

Film yang telah dirilis pada 9 Maret 2022 masuk dalam daftar box office dan meraup pendapatan kotor sebesar US$3,9 juta atau Rp58 miliar. In Our Prime dibintangi oleh Choi Min Shik, Kim Dong Hwi, hingga Park Hae Joon. 

6. The Policeman's Lineage

https://www.youtube.com/embed/10mlVhSg3qQ

Apa jadinya jika seorang petugas hukum menerima suap dari seorang penjahat untuk menangkap penjahat lain? Kisah suram inilah yang coba diangkat oleh sutradara Lee Gyu Man dalam film The Policeman's Lineage. 

Dalam film ini, Choi Woo Shik melakoni karakter Min Jae, sosok polisi baru bawahan Kang Yoon yang masih idealis. Ia berhadapan dengan sosok atasan yang korup dan senang memakai cara ilegal dalam menjalankan tugas. 

Selain menghadirkan karakter baik dan karakter jahat, sutradara Lee juga membenturkan antara nurani dan realita. Hal unik inilah yang membuat The Policeman's Lineage mengantongi pendapatan sebesar US$5 juta atau setara Rp74 miliar yang tayang sejak 5 Januari 2022. 

5. Kingmaker

https://www.youtube.com/embed/8NARrFktUpQ

Dibintangi deretan aktor veteran, Kingmaker membawa penonton hanyut dalam dunia politik Korea Selatan yang penuh intrik dan taktik kampanye di luar nalar. Film berdurasi kurang lebih 2 jam ini menceritakan seorang politisi dari partai oposisi bernama Kim Woon Beom (Sul Kyung Gu).

Woon Beom berulang kali gagal dalam pencalonan kepala daerah Mokpo. Akhirnya, ia bertemu Seo Chang Dae (Lee Sun Kyun) yang berprofesi sebagai seorang farmasi. Namun, piawai dalam berstrategi politik. Berkat bantuan Chang Dae, Woon Beom berhasil maju ke kancah pemilihan presiden. 

Dari sini, keduanya mulai berseberangan jalan dan insiden membahayakan mengincar keselamatan keluarga Kim Woon Beom. Alur cerita yang menegangkan sukses membuat Kingmaker masuk dalam box office Korea dan meraih pendapatan kotor US$5.6 juta atau setara Rp83 miliar setelah dirilis perdana pada 26 Januari 2022 di Korea Selatan.

4. Broker

https://www.youtube.com/embed/5NlxY-hidkI

Menjadi film yang meraih standing ovation terlama di Festival Film Cannes 2022, Broker sukses melampaui 1,1 juta penonton dengan pendapatan sekitar US$9 juta atau setara Rp133 miliar di 1.594 layar. 

Saat premiere pun film Broker juga menuai sorotan, lantaran mendatangkan tamu VIP dari kalangan artis papan atas Korea dari V 'BTS' hingga Lee Min Ho. Film ini berkisah tentang perdagangan bayi di Korea Selatan melibatkan karakter Sang Hyeon (Song Kang Ho), Dong Soo (Kang Dong Woon), dan So Young (IU) yang hendak menjual bayinya ke pihak adopsi. 

Film arahan sutradara Hirokazu Koreeda tersebut direncanakan tayang di bioskop Indonesia pada 16 Juni 2022. Sementara itu, Broker telah tayang perdana di Korea Selatan sejak 8 Juni 2022. 

3. The Pirates: The Last Royal Treasure

https://www.youtube.com/embed/eSG7Tjx6X9k

Kisah petualangan sekelompok bajak laut yang dipimpin oleh Hae Rang (Han Hyo Joo) sukses memimpin box office Korea Selatan saat diputar pada 26 Januari 2022. Film ini tak hanya berkisah tentang pencarian harta kartun, tetapi juga menemukan cinta sejati. 

The Pirates 2: The Last Royal Treasure meraup pendapatan kotor mengalahkan film Broker sebesar US$9.6 juta atau setara Rp142 miliar dengan mengumpulkan 1.3 juta penonton di 1.708 layar. Buat kamu yang suka dengan film petualangan dibumbui adegan aksi dan komedi, The Pirates 2: The Last Royal Treasure bisa menjadi pilihan terbaik untuk nonton. 

2. The Witch: Part 2. The Other One

https://www.youtube.com/embed/Iif1qC2GRGs

Butuh asupan film thriller penuh darah, maka The Witch: Part 2. The Other One bisa kamu jadi pilihan. Film dengan bintang sekelas Lee Jong Suk hingga Shin Si Ah ini menceritakan sosok perempuan yang berhasil selamat dari pembunuhan massal di laboratorium.

Ternyata, kaburnya perempuan itu diincar sekelompok orang dan berhasil diamankan oleh Kyung Hee di tengah jalan. Di sekuel ini, posisi Kim Da Mi tergeser oleh Shin Si Ah, sosok aktris pendatang baru yang mengalahkan 1.408 kandidat dalam proses audisi. 

The Witch: Part 2. The Other One sempat memuncaki tangga box office Korea Selatan saat tayang pada 15 Juni 2022. Film ini juga ditonton lebih dari 1,5 juta penduduk lokal di 1.796 layar.

Pendapatan kotor dari film debut Shin Si Ah ini mencapai US$14,4 juta atau Rp214 miliar. Kabar baiknya, film The Witch: Part 2. The Other One dijadwalkan tayang di CGV Indonesia pada 29 Juni 2022. 

1. The Roundup

https://www.youtube.com/embed/_bgekGHRKFM

Di posisi teratas, ada film arahan sutradara Lee Sang Yong yang menembus 11,6 juta penonton lokal di 2.521 layar. The Roundup menceritakan upaya Ma Seok Do (Ma Dong Seok) dan para detektif lain dalam menangkap kelompok gangster.

Para detektif ini ditugaskan menginvestigasi kasus kaburnya seorang buronan ke Vietnam. Bersama Kapten Jeon Il Man, Ma Seok Do mengungkap kebenatkan di balik kaburnya Kang Hae Sang (Son Seok Gu), sosok yang diduga menjadi dalang kejahatan para turis di Asia Tenggara. 

Walaupun dipenuhi adegan berkelahi, The Roundup masih menyelipkan bumbu komedi di dalamnya, sehingga membuat film ini sangat menarik untuk ditonton. Saking serunya, film  berdurasi 1 jam lebih ini telah meraih pendapatan kotor sekitar US$92,8 atau Rp1,4 triliun sejak tayang 18 Mei 2022. 

Itulah deretan film Korea box office Korea yang punya pendapatan tertinggi di tahun 2022 ini. Ada film yang menjadi favorit atau sudah kamu tonton, Bela?

Baca Juga: 6 Fakta Film 'Broker', Premiere yang Dihadiri Selebriti Korea Selatan

Baca Juga: 5 Fakta Film 'The Roundup', yang Puncaki Box Office Korea selatan

Baca Juga: Film Korea 'The Witch: Part 2': Upaya Penyelamatan Diri Shin Si Ah