Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

16 Film Korea Terpopuler 2022, Bertabur Bintang dan Laris Manis

Mana yang menjadi favoritmu?

Ajenk Rama

Tidak terasa 2022 hampir sampai di penghujung tahun, industri perfilman Korea Selatan pun menghadirkan banyak pilihan film terpopuler. Sebagian besar film tersebut tayang di bioskop Indonesia.

Genre yang disajikan beragam dari romansa hingga aksi. Penonton juga dimanjakan oleh visual para pemain di film Korea terpopuler 2022. Pantas saja jika penayangan film Korea tersebut laris manis dan menyabet berbagai penghargaan di ajang bergengsi.

Dari sekian banyak film Korea terpopuler 2022, Popbela telah merangkumnya dari berbagai sumber untuk kamu. Penasaran ada apa saja? Yuk, cek rekomendasinya di bawah ini.

1. Hunt

Hunt merupakan film Korea terpopuler yang digarap oleh Lee Jung Jae di 2022 dan telah tayang di bioskop Indonesia sejak 14 September lalu. Bersama tim produksi, Lee Jung Jae menggaet jajaran pemain berkualitas seperti Jung Woo Sung, Go Yoon Jung, Hwang Jung Min, Jung Man Sik, sampai aktor luar bernama Andres Fronk. 

Proses penggarapan film Korea, Hunt memakan waktu 4 tahun dan menerima penolakan kurang lebih dari 20 sutradara. Penolakan tersebut membuat Lee Jung Jae memilih untuk menggarapnya sendiri.

Film Korea yang menjadi ajang reuni Lee Jung Jae dengan sang sahabat, Jung Woo Sung berkisah dua agen rahasia dari unit berbeda, yang salah satunya dicurigai sebagai mata-mata.

Kerja keras Lee Jung Jae berbuah manis saat menerima undangan resmi dari Festival Film Cannes ke-75 dan mengungguli film Hollywood, Bullet Train di Box Office Korea Selatan.

2. Confidential Assignment 2: International

Confidential Assignment 2: International yang dilakoni oleh deretan pemain ternama, tak terkecuali Hyun Bin ini masuk dalam daftar film Korea terpopuler 2022. Film bergenre aksi ini merupakan sekuel dari film sebelumnya, yang rilis di 2017 silam.

Meski alur kisahnya berkelanjutan, tetapi plot di Confidential Assigment: 2 jauh lebih seru, kocak, dan munculnya karakter baru sebagai penyegaran dalam film. Sang tokoh utama,  Lim Cheol Ryeong masih diperankan oleh Hyun Bin.

Lim Cheol Ryeong adalah sosok detektif elit Korea Utara yang ditugaskan untuk mengejar pimpinan organisasi kriminal rahasia bersama sahabat lamanya, Kang Jin Tae dari divisi Investigasi.

3. Broker

Film Korea, Broker sukses menjadi bahan perbincangan. IU dan sederet pemain menerima penghargaan di Festival Film Cannes 2022 kategori Juri Ekumenis Film Terbaik dan Best Actor untuk Song Kang Ho.

Kisahnya yang menyentuh hati membuat film ini juga mendapatkan standing ovation atau tepuk tangan meriah sambil berdiri dari penonton Festival Film Cannes 2022 selama 12 menit. 

Dari segi premis, fokus film Broker adalah perdagangan bayi di Korea. Sang Hyeon (Song Kang Ho) dan Dong Soo (Kang Dong Won) menjalankan bisnis gelap berupa pengambilan bayi dari kotak adopsi di Gereja dan menjualnya ke pasar gelap.

Aksi jual-beli Sang Hyeon tertangkap mata So Young (IU), ibu muda yang ingin membuang bayinya. Ketiganya pun terlibat dalam perjalanan untuk menjual dan menemukan pemilik adopsi bayi So Young.

Saat penayangan perdana, Broker dihadiri oleh bintang tamu ternama antara lain Lee Min Ho hingga Rain.

4. Alienoid

Dieksekusi oleh sutradara Choi Dong Hoon, Alienoid merupakan film bertema time slip yang menyatukan jajaran pemain kelas atas seperti Kim Woo Bin, Kim Tae Ri, Ryu Jun Yeol, So Ji Sub,  dan Honey Lee.

Proses produksi film Korea, Alienoid ditaksir mencapai 40 miliar Won atau sekitar Rp457 miliar. Alur kisah bercerita tentang pertempuran sengit antara pendekar pedang dengan tahanan alien. 

Saat pertempuran terjadi, sebuah portal waktu terbuka dan menyebabkan tahanan alien masuk ke dimensi masa kini. Sang penjaga, Guard berupaya mencegah alien menyakiti manusi dengan melakukan perjalanan bolak-balik antar dua dimensi.

5. 20th Century Girl

Film bertema persahabatan dan cinta pertama, 20th Century Girl sempat menjadi topik hangat di media sosial. Hal ini terjadi karena kemiripan alur kisah dengan drama Korea, Twenty One, Twenty Five yang membuat penonton kesulitan untuk move on.

Secara kisah, film 20th Century Girl berfokus pada romansa antara Bo Ra (Kim Yoo Jung) dengan Woon Ho (Byeon Woo Seok), sosok laki-laki misterius dan sahabat Hyun Jin (Park Jung Woo). Sederhana, tapi melekat di hati, bukan?

Di film ini, penonton diajak bernostalgia dengan properti era 90-an seperti telepon umum koin yang digunakan untuk berkomunikasi dengan sang pacar. Kisah manis yang hadirkan dalam 20th Century Girl, ternyata berasal dari pengalaman sang sutradara, lho!

6. Decision to Leave

Pernah kamu membayangkan seorang detektif jatuh hati kepada tersangkanya? Konflik ini yang coba diangkat oleh Park Chan Wook dan meraih piala Best Director di Festival Film Cannes 2022.

Berdurasi 138 menit, Decision to Leave memunculkan aksi Jang Hae Joon (Park Hae Il) yang menyelidiki Song Seo Rae (Tang Wei) dan diduga sebagai dalang pembunuhan suaminya.

Seo Rae dideskripsikan sebagai seorang perempuan imigran gelap asal Tiongkok dan tak fasih berbahasa Korea. Di tengah pengintaiannya, Hae Joon terjebak pada kisah romansa terlarang. 

Meski bergenre romantis, namun Decision to Leave minim dengan adegan dewasa. Tim produksi berhasil menyampaikan pesan yang diinginkan kepada penonton melalui dialog dan sinematografinya.

7. The Roundup

Sama seperti Confidential Assignment 2: International, The Roundup merupakan sekuel dari The Outlaws (2017) yang diperankan kembali oleh Ma Dong Seok. Di film sekuelnya, Ma Dong Seok rela mempelajari olahraga judo demi lakonnya sebagai detektif.

Kali ini, The Roundup menyuguhkan aksi Ma Seok Do (Ma Dong Seok) dan detektif lain yang mendapat tugas untuk menangkap sekelompok gangster. Mereka menginvestigasi kasus kaburnya seorang buronan bernama Kang Hae Sang (Son Seok Gu), yang kabur ke Vietnam. 

Kang Hae Sang (Son Seok Gu) dicurigai sebagai dalang penculikan dan pembunuhan para turis di Asia Tenggara. Ternyata, kisah yang diangkat di film Korea, The Roundup berasal dari kisah nyata.

8. Seoul Vibe

Butuh asupan film bertema balapan mobil yang menegangkan, tetapi kocak? Wah, Seoul Vibe jawabannya. Berlatar tahun 80-an, Seoul Vibe mengungkap kebenaran di balik kasus pencucian uang dan aksi kebut-kebutan di Olimpiade Seoul. 

Samgyedong supreme, tim balap mobil di bawah pimpinan Dong Wook (Yoo Ah In) siap beraksi untuk membongkar jaringan kejahatan dari sosok berpengaruh di Korea Selatan.

Di film ini, penonton dibuat berdebar, sekaligus terpana dengan kemampuan drifting dari Yoo Ah In. Tak lupa, adegan Dong Wook (Yoo Ah In) dan Galchi (Mino 'WINNER) menjadi penghibur dari Seoul Vibe.

9. Decibel

Baru tayang di akhir November, Decibel telah mencatat perolehan penonton yang cukup mengesankan. Film Korea terpopuler 2022 arahan sutradara Hwang In Ho ini menggeser film Hollywood, Black Panther dan debut di Box Office Korea di posisi teratas. 

Film Korea yang menggandeng sejumlah aktor kenamaan seperti Lee Jong Suk, Cha Eun Woo, dan Kim Rae Won berkisah mengenai teror bom bawah laut yang dapat meledak jika kebisingan di sekitar lebih dari 100 decibel.

Bom-bom tersebut dipasang di berbagai tempat umum yang penuh keramaian. Demi hasil akhir yang maksimal, tim produksi tidak segan memasang bom sungguhan untuk ciptakan suasana menegangkan, lho. 

10. 6/45

Hancinema.net

Apa rasanya menerima tiket lotre secara tidak sengaja dan menang? Pasti, ingin berteriak bahagia. Perasaan luar biasa ini dirasakan oleh karakter Go Kyung Po di film Korea, 6/45 yang secara tidak sengaja kaya mendadak.

Jadi, Park Chun Woo (Go Kyung Po) adalah tentara wamil yang bertugas di perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara. Ia segera bebas dalam waktu dekat. Kala itu, ia tengah bertugas dan menemukan sebuah tiket lotre.

Tiket lotre tersebut bernilai 5.7 miliar won. Saking bahagianya, Chun Woo tidak berhenti menatap tiketnya. Miris sekaligus kocak, tiket itu terbawa angin dan mendarat di tanah Korea Utara.

Sekilas adegan ini mirip dengan Crash Landing on You, bukan? Tetapi, film garapan Park Gyu Tae menghadirkan hal-hal tak terduga yang mengocok perut penonton. Kamu tidak akan dibuat berhenti tertawa oleh tingkah konyol dari tiga serangkai, Go Kyung Po, Kwak Dong Yeon, dan Lee Yi Kyung. 

11. Carter

Lama tidak terlihat di layar perak, Joo Won menyapa penonton dengan film thriller terbaru berjudul Carter. Ia memerankan karakter agen Carter yang amnesia dan mempertaruhkan nyawanya demi membawa seorang anak kecil bernama Ha Na.

Ha Na diduga memiliki antibodi dari virus DMZ, yang meluluhlantakkan Amerika dan Korea dalam kurun waktu 13 hari. Saat menonton film ini, penonton terpana dengan sejumlah perubahan dari Joo Won.

Ia mengubah bentuk tubuhnya dan mencukur rambut bak tentara militer. Totalitasnya itu membuat Joo Won mengalami sedikit kendala untuk bisa kembali ke dirinya semula. Buat menonton film Carter, pastikan kamu sudah berusia dewasa karena ada sejumlah adegan penuh darah dan agak vulgar.

12. The Witch: Part 2. The Other One

Tahun 2022 ini, Lee Jong Suk sangat aktif bermain di layar lebar. The Witch: Part 2. The Other One juga masuk dalam daftar film Korea terpopuler 2022. Kenapa? Saat penayangan perdana, film tersebut sukses ditonton lebih dari 3 juta orang. 

Selain dibintangi Lee Jong Suk, The Witch: Part 2. The Other One juga menggandeng Kim Da Mi dan Shin Si Ah, yang merupakan aktris pendatang baru dan mengalahkan ribuan peserta dalam proses audisi

Shin Si Ah melakoni peran sentral yang dicari oleh sekelompok orang, termasuk karakter Lee Jong Suk. Di film ini pula, sang aktor tampan ini memainkan sosok villain bernama Mr. Jang.

13. Special Delivery

Buat penikmat film aksi-kriminal, akting Park So Dam di Special Delivery tak boleh dilewatkan begitu saja. Film Korea besutan Park Dae Nim mengisahkan sosok kurir, Eun Ha yang memiliki keahlian mengemudi di atas rata-rata.

Bukan barang biasa yang dikirim oleh Eun Ha, melainkan paket berisiko tinggi. Tak jarang, nyawanya menjadi taruhan. Ia juga harus terlibat aksi menantang maut dengan gangster yang mengejar paket bawannya.

Tidak akan mengecewakan menonton film Korea, Special Delivery, kamu bisa melihat aksi Park So Dam mengemudi di jalanan sempit. Tentu saja, musik latar garapan komposer My Name menjadi pelengkap dari film ini.

14. Yaksha: Ruthless Operations

Yaksha: Ruthless Operations merupakan film layar lebar pertama yang mempertemukan Jinyoung 'GOT7' dengan Park Hae Soo. Dieksekusi oleh sutradara Na Hyun, film tersebut menceritakan perang mata-mata dari berbagai divisi di Asia Timur.

Konflik kepentingan menjadi pemicu utama peperangan dimulai. Tim Black Ops di bawah pimpinan Ji Kang In (Sol Kyung Gu) bertanggung jawab atas operasi rahasia di NIS Korea Selatan.

Meski telah memberikan mandat ke Black Ops, NIS masih belum sepenuhnya percaya dan memerintahkan Han Ji Hoon (Park Hae Soo) untuk memantau setiap gerakan tim Black Ops.

Di film Yaksha: Ruthless Operations , kamu dapat melihat transformasi Jinyoung 'GOT7' dari sosok idol-aktor ke karakter misterius bernama Jeong Dae yang bertanggung jawab atas peralatan tim Black Ops.

15. Ditto

Memasangkan Yeo Jin Goo dan Cho Yi Hyun sebagai pemeran utama, Ditto mengisahkan romansa dan persahabatan yang terjalin melalui walkie-talkie di waktu berbeda. Yong ialah karakter Yeo Jin Goo, seorang mahasiswa teknik yang masuk kuliah sejak 1995.

Yong digambarkan sebagai sosok laki-laki romantis dan jujur. Ia memiliki cinta pertama bernama Han Sol (Kim Hye Yoon). Suatu hari, ia berkomunikasi dengan Mo Nee (Cho Yi Hyun) secara tidak sengaja melalui walkie-talkie.

Uniknya, komunikasi mereka berada di periode waktu berbeda. Mo Nee, mahasiswi jurusan sosiologi tahun kedua yang tinggal di tahun 2022. Melihat tema yang tidak jauh berbeda dengan 20th Century Girl, mungkinkah romansa mereka berakhir bahagia atau mengalami nasib serupa? Kamu perlu menontonnya, nih, Bela.

16. The Pirates: The Last Royal Treasure

Last but not least, film Korea terpopuler 2022 adalah The Pirates: The Last Royal Treasure yang sudah tayang sejak Maret lalu. Film bertema bajak laut ini diperankan oleh sejumlah aktor dan aktris berkualitas, yakni Kang Ha Neul, Han Hyo Joo, Lee Kwang Soo, Chae Soo Bin, hingga Sehun 'EXO'.

Mengisahkan sekelompok orang yang melakukan perjalanan di laut menemukan harta karun terakhir dari keluarga kerajaan Goryeo, The Pirates: The Last Royal Treasure sukses mencapai lebih dari 1 juta penonton bioskop.

Film garapan sutradara Kim Jung Hoon menyuguhkan genre komedi-petualangan yang padat akasi, namun tidak lupa menghibur penonton. Jadi, The Pirates: The Last Royal Treasure bisa menjadi pilihan terbaik untuk dinikmati.

Itulah deretan film Korea terpopuler 2022 yang bertabur visual dan laris manis di pasaran. Ada yang sudah kamu tonton, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration