Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Rekomendasi 7 Bunga Kelopak Putih, untuk Percantik Rumah Kamu

Bunga cantik yang bisa kamu tanam di rumah

Aisyah Banowati

Bunga dengan kelopak putih memiliki tampilan yang cantik dan elegan. Kamu bisa menggunakan bunga sebagai dekorasi di dalam rumah, atau ditanam untuk mempercantik halaman. 

Putih melambangkan kesucian, begitu pula beragam jenis bunga yang memiliki artinya masing-masing. Selain untuk mempercantik rumah, bunga juga dapat memberikan khasiat yang baik untuk tubuh. Inilah 7 jenis bunga berwarna putih dengan beragam makna dan khasiat untuk kamu. 

1. Japanese anemone

Groww

Japanese anemone masuk ke dalam keluarga ranunculaceae. Bunga kelopak putih ini memiliki tiga jenis varian yang berbeda, yaitu A. hupehensis, A. vitifolium dan A. tomentosa. Dengan menanam japanese anemone, dipercaya dapat menghadirkan energi positif, serta menyeimbangkan energi negatif yang ada. 

Untuk kamu yang ingin membudidayakan Japanese Anemon, harus menyediakan tanah yang kaya tekstur dan relatif halus. Tanaman ini menyukai sinar matahari pagi dan sore, karena tanaman ini pertumbuhannya lambat dan mudah mati. Japanese anemone membutuhkan waktu hingga 3 tahun untuk menunjukkan hasil terbaiknya.

2. Anggrek bulan

Portal Informasi Indonesia

Anggrek bulan atau ‘Puspa Pesona’ adalah satu dari tiga bunga nasional. Dinamakan anggrek bulan karena warnanya yang menyerupai sinar bulan di malam hari, dengan corak putih dan merah pada bagian dalamnya. 

Anggrek bulan biasanya hidup secara epifit dengan menempel pada batang pohon. Anggrek bulan mampu hidup di ketinggian 600 meter dpl, serta mampu bertahan di alam liar. 

Untuk kamu yang ingin membudidayakan anggrek bulan, perlu memerhatikan beberapa hal berikut. Pada dasarnya anggrek bulan memerlukan kelembapan tinggi, namun tidak menyukai kadar air yang berlebihan. 

Kamu dapat menanamnya di pot, dapat juga menempelkannya di batang pohon, atau kepingan kayu. Media tanam yang digunakan bisa genting, arang, atau cacahan pakis. Jangan lupa beri pupuk agar anggrek bulan tumbuh subur, ya!

3. Tulip putih

bibitbunga.com

Tulip putih adalah bunga kelopak putih yang memberikan kesan elegan, baik saat berada di dalam ruangan atau di luar ruangan. Bunga tulip putih yang berasal dari pegunungan Pamir dan Hindu Kush di Asia Tengah, kemudian menyebar sampai Eropa ini, biasanya digunakan sebagai lambang belasungkawa atau sebagai permohonan maaf.

Bunga tulip adalah bunga yang tumbuh di negara dengan empat musim. Di Indonesia sendiri, bunga tulip dapat tumbuh di daerah pegunungan. Untuk kamu yang ingin mencoba menanam bunga tulip putih, perlu memerhatikan beberapa hal berikut:

  • Agar bibit bunga tulip dapat tumbuh dengan baik kamu perlu melakukan cold treatment, dengan cara memasukkan bibit ke dalam freezer suhu 1,8 – 12 derajat Celcius selama 1,5 - 4 bulan.
  • Pastikan tanah gembur, jika memungkinkan tanamlah bunga tulip di tempat yang memiliki suhu dingin.
  • Gunakan pupuk kompos agar tanah semakin subur, sehingga bunga tulip dapat tumbuh dengan baik.
  • Jika sudah memasukkan bibit ke dalam tanah, lakukan penyiraman secara berkala.
  • Kamu juga perlu menyiangi lahan, setidaknya satu bulan sekali agar tidak didatangi hama.
  • Bunga tulip akan tumbuh sekitar 8 minggu setelah ditanam.

4. White calla lily

Gardening Know How

Rekomendasi bunga kelopak putih berikutinya adalah white calla lily yang termasukn dalam pilihan favorit pencinta bunga. Ukurannya yang besar, menjadikan white calla lily menjadi simbol keindahan. Masuk ke dalam jenis tanaman semi akuatik, white calla lily juga menjadi lambang kesucian. Untuk kamu yang sedang menanam white calla lily, lakukan beberapa hal ini agar tanaman kamu tumbuh subur. 

  • Pertama-tama, saat akar white calla lily mulai tumbuh beri pupuk yang cukup.
  • Siram tanaman kamu secara berkala agar tidak kering.
  • Lindungi white calla lily dari suhu yang dingin, karena tanaman dapat membeku lalu mati.
  • Lakukan juga pemangkasan jika sudah mulai rimbun, agar tanaman kamu dapat tumbuh dengan baik ke depan.

5. Shasta daisy

Silver Falls Seed Company

Shasta daisy berasal dari Eropa dan Amerika Utara, yang termasuk keluarga Asteraceae. Dengan kelopak putih dan bagian tengah yang berwarna kuning, pertumbuhannya bisa mencapai satu meter. Shasta daisy akan mekar pada musim semi atau awal musim panas di negara empat musim. 

Kamu bisa menanam shasta daisy di kebun rumah dengan tanah yang subur. Beri pupuk agar shasta daisy dapat tumbuh dengan baik. Pengairan yang baik juga diperlukan, agar bunga tidak kering atau mati. Kamu bisa memangkas tanaman shasta daisy sekali-kali, supaya dapat tumbuh lebih banyak lagi.

6. Anyelir

Dekoruma

Anyelir adalah tanaman hias yang cocok ditanam di tempat yang panas. Pertumbuhan bunga anyelir bisa mencapai dua meter, dengan kelopak yang bertumpuk. Bunga anyelir bisa kamu gunakan sebagai dekorasi rumah yang cantik.

Untuk kamu yang ingin menanam bunga anyelir, bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Bunga anyelir bisa ditanam di pot atau di lahan kebun, siapkan media tanam berupa tanah yang subur.
  • Sebelum menggunakan bibit bunga anyelir, kamu harus merendamnya selama 24 jam. Untuk biji yang mengapung bisa kamu buang dan gunakan bibit yang tenggelam.
  • Semai bibit bunga lalu masukkan ke dalam media tanam. Beri pupuk yang cukup dan siram di pagi hari.
  • Bunga anyelir dapat bertahan hidup selama 18-20 bulan.

7. Bunga sepatu putih

pixabay

Rekomendasi bunga kelopak putih berikutnya adalah bunga sepatu putih yang melambangkan kesucian. Di daerah Tahiti dan Hawaii, bunga sepatu digunakan sebagai lambang status perempuan yang menggunakannya. Jika digunakan di sebelah kir,i artinya perempuan tersebut sudah menikah atau sedang menjalin hubungan. Apabila digunakan di sebelah kanan, artinya perempuan tersebut masih lajang atau terbuka untuk sebuah hubungan. 

Bunga sepatu dapat diolah menjadi teh yang memiliki khasiat untuk, meringankan gejala flu dan mengurangi tekanan darah. Untuk kamu yang menanam bunga sepatu di rumah, harus memperhatikannya agar tidak mati:

  • Pertama-tama, tempatkan tanaman di area yang mudah mendapatkan sinar matahari.
  • Bunga sepatu menyukai tempat dengan suhu sekitar 12-21 derajat Celcius.
  • Tanaman sepatu dapat hidup walau sudah tidak disiram selama 2 minggu.
  • Meski kuat bertahan lama jika tidak disiram, pastikan tanaman kamu disiram dengan rutin.
  • Jika udara terlalu panas akan menyebabkan kuncup bunga sepatu menjadi kering. Beri sedikit pupuk agar tanaman kamu tumbuh dengan subur, ya!

Dengan beragam jenis dan arti, kamu bisa menggunakan bunga sebagai media untuk menyampaikan sesuatu. Bagi pencinta bunga, itulah rekomendasi tanaman bunga kelopak putih yang bisa kamu jadikan hiasan di rumah.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration