Tanaman hias daun memiliki perawatan yang lebih mudah dibandingkan dengan tanaman hias bunga. Sehingga tak jarang banyak orang lebih menyukai menanam tanaman hias daun untuk mempercantik taman atau perkarangan rumah.

Mungkin saat ini kamu tertarik untuk menambah koleksi tanaman hias daun di rumah agar terlihat lebih asri, berikut 10 rekomendasi tanaman hias populer saat ini.

1. Lidah mertua

10 Jenis Tanaman Hias Daun yang Akan Mempercantik Halaman Rumahunsplash.com/AbhiBakshi

Lidah mertua atau dengan nama latin Sansevieria, merupakan tanaman hias daun yang bisa kamu pilih sebagai tanaman hias di rumah. Tanaman ini cukup populer di kalangan pencinta tanaman hias, karena mampu tumbuh dengan sedikit cahaya matahari dan air.

Lidah mertua juga memberikan beberapa manfaat, di antaranya mengandung antiseptik alami dengan anti racun yang baik, sehingga bisa digunakan untuk membunuh kuman.

2. Janda bolong

10 Jenis Tanaman Hias Daun yang Akan Mempercantik Halaman RumahPinterest.com/Vivadecorabr

Tanaman hias satu ini termasuk pada jenis tanaman yang langka dan mahal di Indonesia, karena aslinya berasal dari Amerika Tengah. Janda bolong menjadi tanaman hias daun untuk dekorasi kekinian yang memiliki banyak penggemarnya.

Tanaman janda bolong juga memliki beberapa manfaat yaitu untuk memperbaiki kualitas udara. Tanaman ini juga cocok diletakan di dalam rumah karena dapat menyerap zat yang beracun di udara.

3. Sirih gading

10 Jenis Tanaman Hias Daun yang Akan Mempercantik Halaman RumahGreeneryunlimeted.com

Sirih gading dapat menjadi alternatif pilihan tanaman hias selanjutnya, yang mudah ditemukan dan tidak membutuhkan perawatan yang sulit. Tanaman ini akan memberikan suasana segar karena warnanya hijau cerah.

Selain sebagai hiasan, tanaman sirih gading memiliki manfaat untuk memberikan efek tenang, sebagai pemasok oksigen dan dapat menyedot racun berbahaya yang terdapat di udara.

4. Suplir

10 Jenis Tanaman Hias Daun yang Akan Mempercantik Halaman Rumahthespruce.com

Meskipun tanaman hias ini sudah cukup lama populer di Indonesia, namun tanaman ini cukup mudah untuk ditemukan dirawat. Sehingga tidak heran jika suplir menjadi tanaman yang populer dan banyak ditemukan di rumah-rumah.

Tanaman hias suplir ini juga bagus untuk kesehatan, selain manfaatnya yang mampu memberikan kesejukan dan asri. Suplir cocok ditanam di dalam rumah karena mampu meningkatkan kualitas udara.

5. Gelombang cinta

10 Jenis Tanaman Hias Daun yang Akan Mempercantik Halaman Rumahrumah123.com

Inspirasi tanaman hias lainnya yaitu gelombang cinta, yang menjadi salah satu tanaman hias daun paling populer. Baik diletakkan di dalam maupun luar rumah, akan sangat indah mengisi pojok ruangan.

Tanaman hias ini memiliki harga yang relatif mahal dikarenakan keindahan dan keunikannya. Selain itu, tanaman ini jadi cenderung memiliki penggemar dan pembeli yang berasal dari kalangan atas, karena harga tersebut.

6. Lili paris

10 Jenis Tanaman Hias Daun yang Akan Mempercantik Halaman Rumahhttps://unsplash.com/@agalberto

Lili paris juga cocok untuk diletakkan di pot gantung selain ditanam di taman, sehingga menambah nilai keindahan visualnya. Tanaman ini mampu beradaptasi di segala lingkungan sehingga mudah dirawat.

Lili paris juga memberikan manfaat berupa penghasil oksigen, menghilangkan racun dari cat dinding maupun perabotan di dalam rumah.

7. Pucuk merah

10 Jenis Tanaman Hias Daun yang Akan Mempercantik Halaman Rumahhttps://www.sikumis.com/

Tanaman hias ini memliki bagian pucuk yang berwarna kemerahan, sesuai dengan namanya. Tumbuhan jenis ini biasanya tumbuh dengan rimbun sehingga sering menjadi pembatas halaman atana tanaman pagar.

Selain itu, tanaman pucuk merah juga memberikan beberapa manfaat di antaranya untuk menurunkan kadar gula darah, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan melawan pertumbuhan kanker.

8. Kuping gajah

10 Jenis Tanaman Hias Daun yang Akan Mempercantik Halaman RumahDok. Parttimeninja78

Kuping gajah bisa menambah koleksi tanaman di rumah kamu, karena tanaman ini merupakan tumbuhan yang populer di Indonesia. Bentuknya yang melebar sehingga sering disebut sebagai bunga kuping gajah.

Terdapat beberapa manfaat yang diberikan dari tanaman kuping gajah, di antaranya adalah untuk mempercepat penuaan bisul, sebagai obat relaksasi, mengobati penyakit kulit, mencegah infeksi karena kuman dan bakteri, serta untuk menyembuhkan pembengkakan pada mulut dan tenggorokan.

9. Calathea

10 Jenis Tanaman Hias Daun yang Akan Mempercantik Halaman Rumahthecitywild.com

Tanaman hias calathea ini memiliki motif daun yang belang-belang sehingga mampu memberikan keindahan secara visual. Calathea memiliki komposisi warna dan pola yang berbeda-beda.

Selain memberikan keindahan dan kecantikan, calathea juga memberikan manfaat sebagai suplai udara bersih. Tanaman ini juga sangat cocok bila ditanam di kota-kota besar.

10. Daun dollar

10 Jenis Tanaman Hias Daun yang Akan Mempercantik Halaman Rumahhttps://bibitbunga.com/

Disebut daun dolar karena tumbuhan hias ini memiliki daun yang banyak dan berukuran cukup kecil. Daun yang dimiliki tebal dengan tampilan yang mengilap. Tanaman hias daun ini cocok digunakan sebagai dekorasi di dalam ruangan.

Tanaman hias yang mudah untuk dirawat ini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, yaitu sebagai obat diare, anti bakteri, mengatasi wasir, melancarkan pencernaan dan mengatasi pegal.

Dari beberapa referensi tanaman hias daun populer di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa selain memberikan keindahan visual, ternyata tanaman hias juga memberikan berbagai manfaat baik untuk lingkungan maupun manusia. Salah satunya adalah penghasil udara segar dan menangkap racun-racun berbahaya di udara.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Cantik yang Cocok di Daerah Tropis

Baca Juga: Hati-Hati! 10 Tanaman Hias Ini Malah Bisa Sebabkan Alergi

Baca Juga: Jangan Dibuang! 8 Sampah Dapur Ini Bisa Jadi Penyubur Tanaman