Dekorasi rumah tak sebatas pada warna dinding dan furnitur yang cantik, tanaman hias pun dapat menjadi salah satu elemen dekorasi rumah yang tak hanya cantik, tapi juga memiliki banyak manfaat. Banyak jenis tanaman hias cantik yang bisa kamu pilih untuk mempercantik rumahmu.

Nah, kali ini ada jenis tanaman hias berdaun putih yanng bisa kamu coba tanam di rumah, apalagi jika kamu bosan dengan tanaman hijau di rumahmu. Berikut ada 8 rekomendasi jenis tanaman hias berdaun putih yang bisa kamu pilih.

1. Aglonema Super White

Cantik dan Anggun, Ini 8 Jenis Tanaman Hias Berdaun Putihinstagram.com/tanaman_bungahias.id

Tanaman aglonema tidak hanya berwarna hijau dan merah, lho, Bela. Aglonema juga ada yang berdaun putih dan tak kalah cantik. Seluruh daunnya didominasi oleh rona putih dengan tulang daun dan pinggirnya saja yang memiliki warna hijau tipis.

Perawatan aglonema juga mudah, kamu hanya perlu menempatkan tanaman Aglonema Super White di luar rumah agar terkena sinar matahari langsung. Penyiraman bisa dilakukan setiap hari pada waktu pagi dan sore.

Untuk pemupukannya, bisa berikan setiap sebulan sekali. Agar tumbuh subur dan lebar, kamu dapat menggunakan media tanam humus atau tanah kompos.

2. Caladium moonlight

Cantik dan Anggun, Ini 8 Jenis Tanaman Hias Berdaun Putihinstagram.com/rumahgodong

Caladium moonlight memiliki daun putih lebar berbentuk mata panah dengan pinggiran berwarna hijau. Daunnya yang tipis dan nyaris transparan, membuat tanaman ini terlihat amat rapuh namun juga indah.

Sekilas tanaman ini mirip dengan caladium white christmas, perbedaannya caladium moonlight tak memiliki urat-urat hijau pada daunnya. Karena itu, Caladium moonlight tampak seperti cahaya bulan yang pucat dan bersinar.

3. Calathea white fusion

Cantik dan Anggun, Ini 8 Jenis Tanaman Hias Berdaun Putihinstagram.com/pileaplantshop

Jenis calathea satu ini memiliki motif unik seperti zebra. Calathea white fusion terkenal dengan ukurannya yang tak begitu tinggi, hanya sekitar 30 hingga 50 sentimeter saja. Daunnya tumbuh menggerombol atau saling menumpuk satu dengan yang lainnya, namun tetap tersusun dengan rapi.

Tanaman ini dapat ditanam dan dirawat di dataran tinggi maupun rendah. Kamu bisa meletakkan tanaman ini di tempat yang teduh atau tidak terkena sinar matahari langsung. Untuk penyiramannya dapat dilakukan pada pagi dan sore hari dengan air secukupnya.

4. Keladi putih (Caladium White Christmas)

Cantik dan Anggun, Ini 8 Jenis Tanaman Hias Berdaun Putihinstagram.com/plantsythings

Ciri khas keladi adalah bentuk daunnya yang seperti hati. Keladi putih cocok berada di dalam ruangan untuk memberi efek terang. Taruh keladi putih di tempat yang teduh tapi tetap mendapat sedikit sinar matahari. Pastikan untuk tidak terlalu sering disiram, karena akan menyebabkan akar lebih cepat membusuk. Siramlah jika tanahnya sudah terlihat mengering.

5. Syngonium Varigata Putih

Cantik dan Anggun, Ini 8 Jenis Tanaman Hias Berdaun Putihinstagram.com/knotsandleaves

Seperti tanaman keladi, Syngonium Varigata juga memiliki bentuk hati pada daunnya. Perpaduan putih dan hijau pada coraknya, memiliki kesan cantiknya tersendiri. Tanaman ini bisa memberikan suasana rileks dan menyegarkan bagi siapapun yang melihatnya.

Kamu bisa menaruh Syngonium Varigata di tempat teduh dan di luar ruangan, karena tanaman ini menyukai sinar matahari. Siram saat pagi dan sore hari dengan air secukupnya. Tak lupa, berikan pupuk setiap kurang lebih dua minggu sekali.

6. Spider plant

Cantik dan Anggun, Ini 8 Jenis Tanaman Hias Berdaun Putihinstagram.com/indoorplants_decor

Spider plant merupakan tanaman hias berdaun panjang dengan kombinasi warna hijau dan putih. Tanaman ini bisa dijadikan tanaman hias dalam pot maupun tanaman hias gantung. Spider plant biasanya menjadi tanaman hias dalam ruangan.

Mereka dapat tumbuh baik di intensitas cahaya yang rendah. Malah, jika terkena sinar matahari langsung, tanaman hias ini bisa rusak. Spider plant bisa bertahan di cuaca yang panas, namun tetap harus disiram setiap hari dengan air secukupnya.

7. Walisongo

Cantik dan Anggun, Ini 8 Jenis Tanaman Hias Berdaun Putihinstagram.com/pot.kecil

Selain cantik, tanaman walisongo juga dapat menetralkan polusi udara di dalam ruangan. Seperti Spider plant, walisongo juga biasa dijadikan tanaman hias dalam ruangan. Siram secara teratur tiap pagi dan sore. Pemupukannya bisa dilakukan satu kali dalam sebulan atau menyemprotkan pupuk cair ketika diperlukan.

8. Monstera Variegata

Cantik dan Anggun, Ini 8 Jenis Tanaman Hias Berdaun Putihinstagram.com/astridwilkstudio

Monstera variegata menjadi tanaman hias yang paling diburu tahun kemarin meski harganya mahal. Pasalnya, tanaman ini sulit dibudidayakan dan perawatannya cukup rumit. Keunikan dari jenis monstera satu ini terdapat pada corak perpaduan warna hijau dan putih.

Warna putih pada variegata dihasilkan dari mutasi sel akibat kelainan klorofil pada daun. Semakin dominan warna putih pada daun biasanya semakin diminati. Tanaman ini cocok bagi kamu yang memang sudah terbiasa merawat tanaman hias.

Itulah 8 tanaman hias berdaun putih yang cantik dan anggun, cocok untuk dekorasi rumahmu. Kamu terpukau dengan yang mana, Bela?

Baca Juga: Tak Buat Ruangan Penuh, Ini 10 Jenis Tanaman Hias Berdaun Kecil

Baca Juga: 7 Cara Mudah Menanam Tanaman Walisongo Teknik Stek Pucuk

Baca Juga: Tanaman Hias Makin Hits, Simak 5 Langkah & Tips untuk Mulai Bisnisnya