Sejak masa pandemi ini melanda dan mengharuskan orang-orang untuk selalu berada di rumah, beragam aktivitas dilakukan untuk mengusir bosan. Mulai dari membaca buku, membuat konten media sosial, menonton drama Korea, hingga berkebun, semua dilakukan supaya semakin betah di rumah.

Kini berkebun kembali menjadi tren di kalangan masyarakat. Merawat tanaman ternyata ampuh sebagai salah satu pelepas penat dan stres. Jenis tanaman hias yang kini banyak diburu adalah monstera. Tanaman hias ini naik daun dan diburu oleh banyak orang sebagai benda koleksi.

Selain Janda Bolong yang viral, monstera juga memiliki jenis lain yang tak kalah cantik. Berikut tujuh jenis-jenis Monstera berdaun cantik yang cocok jadi penghias rumahmu.

1. Monstera Deliciosa

7 Jenis Monstera Berdaun Cantik yang Cocok Jadi Penghias RumahmuUnsplash.com/Kara Eads

Pada dasarnya monstera memiliki lebih dari lima puluh jenis daun yang berbeda. Namun, monstera deliciosa menjadi yang terpopuler. Monstera deliciosa memiliki daun yang lebar dan besar. Pada daunnya terdapat sobekan besar yang cukup panjang dari tulang daun hingga ke tepi daunnya.

Monstera deliciosa dapat bertahan di suhu ruangan atau sekitar 20-30 derajat celsius. Karena alasan itulah, jenis monstera ini dapat hidup di dalam ruangan.

2. Monstera Borsigiana

7 Jenis Monstera Berdaun Cantik yang Cocok Jadi Penghias RumahmuDok. Pribadi

Selanjutnya, jenis monstera yang kini menjadi favorit adalah monstera borsigiana. Jenis monstera ini memiliki bentuk yang mirip dengan monstera deliciosa. Bedanya, monstera borsigiana memiliki daun yang cenderung lebih kecil dan bulat, serta lubangnya tidak sebanyak seperti pada monstera deliciosa.

Monstera borsigiana memiliki daun yang lebih menjuntai dan dapat tumbuh lebih tinggi. Tanaman ini dapat memberikan kesan teduh jika kamu meletakannya di dalam ruangan.

3. Monstera Varigeata

7 Jenis Monstera Berdaun Cantik yang Cocok Jadi Penghias RumahmuPexels.com/Huy Phan

Monstera varigeata memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan monstera deliciosa dan monstera borsigiana. Sebab, perpaduan daunnya yang kontras, yakni hijau dan putih, menambah daya tarik dari tanaman hias ini.

Secara bentuk, monstera varigeata memang mirip dengan monstera deliciosa. Ia memiliki bentuk daun yang sama persis dengan monstera deliciosa, namun lebih kecil dan pendek.

4. Monstera Adansonii

7 Jenis Monstera Berdaun Cantik yang Cocok Jadi Penghias RumahmuPopbela.com/Ayu Utami

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media. 

Jenis tanaman ini sedang viral dan diburu penggemar tanaman hias, janda bolong atau nama lainnya monstera adansonii. Sekilas bentuk dari monstera adansonii ini mirip dengan aglonema. Namun, monstera adansonii memiliki lubang-lubang di seluruh permukaan daunnya. Perbedaaan monstera adansonii dengan aglonema adalah warna daunnya yang seluruhnya berwarna hijau.

5. Monstera Obliqua

7 Jenis Monstera Berdaun Cantik yang Cocok Jadi Penghias Rumahmuhomenature.com

Secara kasat mata, monstera obliqua memiliki tampilan yang sama dengan monstera adansonii. Namun, jika kamu memegang daunnya, monstera obliqua memiliki daun yang lebih tipis dan lubang yang lebih lebar (hampir mengenai tepi daun) dibandingkan dengan monstera adansonii.

6. Monstera Siltepecana

7 Jenis Monstera Berdaun Cantik yang Cocok Jadi Penghias Rumahmuplanthopiles.com

Mirip dengan tetesan air, monstera siltepecana terlihat sangat estetik sebagai penghias ruangan. Tidak seperti jenis monstera yang sudah disebutkan sebelumnya, monstera siltepecana memiliki lubang yang sangat kecil di dekat tulang daun. Monstera jenis ini memiliki warna daun yang bergradasi dari hijau muda ke hijau tua. Semakin tua warna hijau pada daun monstera siltepecana, semakin tua pula usia tanaman tersebut.

7. Monstera Dubia

7 Jenis Monstera Berdaun Cantik yang Cocok Jadi Penghias Rumahmuplantandpemperin.com

Nggak semua monstera memiliki lubang di tengah, kok. Ada pula yang berdaun utuh seperti monstera dubia. Bentuk monstera dubia seperti monstera siltepecana yang mirip dengan tetesan air. Warnanya pun senada, yakni gradasi dari hijau muda ke hijau tua.

Itulah tadi tujuh jenis monstera berdaun cantik yang cocok menghiasi ruanganmu. Tertarik mengoleksi yang mana, nih?

Baca Juga: Paling Indah! Ini 9 Jenis Tanaman Bunga Untuk Mempercantik Rumahmu

Baca Juga: 9 Rekomendasi Tanaman Daun Hias Tercantik Beserta Harganya

Baca Juga: 7 Rekomendasi Penjual Tanaman Monstera Terbaik