Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Mengatasi Leher Hitam

Makin percaya diri deh!

Vidya Nathania

Walau kadang kerap menjadi bagian yang sering terlupakan, namun leher seharusnya menjadi bagian yang juga wajib diperhatikan karena berperan dalam memaksimalkan penampilan. Memiliki leher yang bersih dan cerah merupakan impian setiap perempuan bukan? 

Namun, bagaimana jika area lehermu berubah menjadi hitam? Buat kamu yang mengalaminya, jangan panik dulu ya Bela. Sebaiknya cari tahu penyebabnya hingga kemudian lakukan beberapa cara mengatasi leher hitam yang akan Popbela bahas di artikel yang satu ini. Buat kamu yang ingin tahu, ikuti terus ya!

1. Lemon

snaped.fns.usda.gov

Cara mengatasi leher hitam yang paling sering dilakukan banyak orang ialah dengan menggosok potongan buah lemon pada bagian leher yang menghitam hingga kemudian dilanjutkan dengan mengoleskan air lemon menggunakan kapas. Cara tersebut jika dilakukan rutin, akan mengembalikan warna lehermu seketika.

2. Baking soda

healthline.com

Baking soda tak hanya dikenal sebagai pembasmi komedo dan jerawat, tetapi juga kerap digunakan sebagai cara mengatasi leher hitam. Diperkaya senyawa alkali yang mampu membersihkan kotoran sehingga jika kamu gunakan baking soda sebagai masker pada bagian lehermu, baking soda akan bekerja ekstra untuk mencerahkan warna lehermu kembali.

3. Kulit jeruk

Healthfortnight.com

Dikenal dengan kandungan agen pemutih yang baik untuk mencerahkan kulit, maka kulit jeruk sangat cocok dijadikan sebagai cara mengatasi leher hitam yang cukup ampuh. Caranya cukup parut kulit jeruk dan campurkan dengan susu yang akan dioleskan pada bagian lehermu. Lakukan 2 kali seminggu agar hasilnya terlihat.

4. Minyak zaitun

canaldiabetes.com

Salah satu cara mengatasi leher hitam yang dapat kamu lakukan yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun pada bagian lehermu dan dibiarkan selama 20 menit, kemudian bilas hingga bersih. Minyak zaitun memang sudah terpercaya sebagai bahan alami yang dapat mengembalikan warna lehermu menjadi lebih cerah.

5. Mentimun

snaped.fns.usda.gov

Cara mengatasi leher hitam lainnya yang dapat kamu lakukan ialah menggunakan timun sebagai bahan perawatan kulit lehermu. Caranya, parut mentimun hingga menjadi halus, kemudian baurkan pada lehermu dan gosok secara perlahan untuk mengangkat sel kulit mati. Lakukan cara tersebut selama 20 menit dan bilas hingga bersih.

6. Kacang almond

organicfacts.net

Minyak esensial yang terkandung di dalam kacang almond dipercaya dapat memberikan kelembapan pada kulitmu sehingga dapat menutrisi sekaligus mencerahkan kulit lehermu. Itulah mengapa kacang almond digunakan sebagai bahan dalam cara mengatasi leher hitam yang wajib kamu coba.

7. Madu dan tomat

stylecraze.com

Cara mengatasi leher hitam yang terakhir yaitu dengan mengoleskan perpaduan bahan madu dan tomat yang dipercaya dapat mencerahkan kulit lehermu hingga benar-benar bersih. Karena kandungan asam yang terdapat pada tomat dapat bekerja sebagai agen pencerah.

Nah, jadi mulai sekarang kamu sudah nggak perlu merasa minder lagi kan? Karena kamu sudah bisa mengikuti cara mengatasi leher hitam yang sudah Popbela bagikan di artikel ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya Bela!

IDN Media Channels

Latest from Skin