Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Moisturizer atau Sunscreen Dulu? Ini Urutan Skincare Pagi yang Tepat

Jangan sampai salah

Nafi' Khoiriyah

Bagi pemakai skincare pemula, tak sedikit yang masih bingung saat akan memakai moisturizer atau sunscreen dulu. Masing-masing skincare tersebut memang memiliki fungsinya sendiri untuk melembapkan dan melindungi dari sinar matahari. 

Namun supaya bekerja lebih efektif, perlu pemakaian skincare yang tepat agar memastikan wajah terlindungi dari sinar matahari dan tidak kering. Untuk menjawab kebingungan mengenai step pemakaiannya, simak penjelasan lengkap moisturizer atau sunscreen dulu berikut ini. 

1. Moisturizer atau sunscreen dulu?

freepik.com/freepik

Penggunaan sunscreen pada dasarnya merupakan langkah terakhir dalam rutinitas perawatan kulit. Sebab, produk dengan SPF itu diformulasikan untuk pelindung sinar matahari tertentu. 

Dengan mengoleskan sunscreen setelah moisturizer, maka hal itu akan membantu menghalangi sinar matahari. Dengan kata lain, SPF selalu aktif setelah moisturizer dan sebelum makeup dalam skincare pagi. 

2. Apa perbedaan antara moisturizer dan sunscreen?

freepik.com/lifeforstock

Selain tahapan moisturizer atau sunscreen dulu, banyak yang bertanya-tanya dengan perbedaan antara keduanya. Padahal, keduanya jelas berbeda.

Moisturizer jelas berfungsi untuk menghidrasi kulit dan mengunci kelembapan setelah pengaplikasian serum atau skincare lainnya. Jika tidak menggunakan pelembap, maka kemungkinan kulit akan kusam, iritasi, atau berminyak. 

Sementara itu, sunscreen dibuat dengan bahan aktif yang mencegah radiasi UV sampai pada kulit. Sebab, sinar UV dari matahari itu akan menyebabkan tanda penuaan, mulai dari garis halus, bintik hitam, atau permasalahan kulit lainnya. Maka dari itu, keduanya sangat penting dalam rutinitas skincare harian. 

3. Berapa lama harus menunggu pemakaian sunscreen setelah moisturizer?

freepik.com/lookstudio

Masing-masing skincare, yaitu sunscreen dan moisturizer memiliki peran masing-masing dalam perawatan kulit. Pelembap akan menjaga hidrasi, sementara sunscreen akan melindungi dari sinar matahari yang menyebabkan masalah kulit. 

Namun, menggunakan moisturizer dan sunscreen tidak bisa langsung bersamaan. Sebaiknya beri jeda waktu antara 15 sampai 20 menit antara pemakaian kedua produk tersebut.

Tujuannya adalah untuk memungkinkan produk yang diaplikasikan pertama kali terserap sepenuhnya dulu ke dalam kulit sebelum diaplikasikan lagi produk yang selanjutnya. Jeda tersebut juga akan membuat moisturizer maupun sunscreen bereaksi silang dan mengganggu fungsinya satu sama lain. 

4. Bisakah kita menggabungkan sunscreen dan moisturizer?

freepik.com/freepik

Dikarenakan kebanyakan sunscreen dan moisturizer dikemas dalam produk yang berbeda, apakah sebenarnya bisa menggabungkan antara keduanya? Penggabungan antara sunscreen dan moisturizer itu sebenarnya merupakan ide yang bagus.

Namun, mencampur keduanya dalam ramuan yang campuran bisa mengakibatkan formulanya tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini menimbulkan risiko produk tidak melindungi kulit dengan maksimal. 

Akan tetapi, kamu bisa memilih moisturizer dengan SPF yang diformulasikan khusus untuk menghidrasi dan melindungi dari sinar UV matahari yang berbahaya. Produk semacam ini juga bisa menangani dua langkah perawatan kulit sekaligus. 

Itu dia jawaban mengenai pertanyaan moisturizer atau sunscreen dulu. Moisturizer memang sebaiknya digunakan sebelum sunscreen agar fungsi masing-masing produknya bisa maksimal. Semoga menjawab, ya!

IDN Media Channels

Latest from Skin