Bagi setiap perempuan, memiliki warna bibir yang merah merona adalah sebuah impian. Namun, karena berbagai faktor yang tak disadari, warna bibir pun dapat berubah warna menjadi lebih hitam. Hal tersebut ternyata dapat berpengaruh cukup besar pada tampilan warna bibir saat menggunakan lipstik lho. Karena warna bibir yang hitam tentunya tak dapat menjadi kanvas yang baik untuk warna lipstik yang hendak kamu gunakan. 

Untuk itulah penting sekali untuk menjaga warna bibir agar tetap tampak merah merona. Tetapi, untuk kamu yang sudah bermasalah dengan warna bibir hitam, sebaiknya simak terus artikel yang satu ini ya, Bela. Karena ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencerahkan bibir hitam lho!

1. Lakukan eksfoliasi bibir

7 Cara Mencerahkan Bibir Hitam yang Bisa Dicobamyglamm.com

Salah satu penyebab bibir hitam ialah karena penumpukan sel kulit mati pada bagian bibir. Untuk itu, penting sekali untuk melakukan scrubbing secara rutin untuk mengangkat sel kulit mati. Kamu bisa menggunakan lip scrub atau gula dan madu sebagai scrub alami.

2. Aplikasikan almond oil

7 Cara Mencerahkan Bibir Hitam yang Bisa Dicobaanveya.com

Almond oil yang dikenal dengan sifat sclerosant dapat membantu mengembalikan warna bibir menjadi merah merona. Selain itu almond oil juga dapat bekerja untuk melembutkan tekstur bibir sehingga bibirmu akan tampak sangat sehat. Cukup oleskan almond oil pada seluruh bagian bibirmu setiap sebelum tidur agar hasilnya maksimal.

3. Gunakan aloe vera

7 Cara Mencerahkan Bibir Hitam yang Bisa Dicobayoutube.com

Ternyata aloe vera nggak hanya dikenal sebagai bahan alami yang dapat melembapkan kulit, tetapi aloe vera juga dipercaya menjadi salah satu bahan alami yang dapat mencerahkan bibir hitam. Karena senyawa polifenolik yang terdapat pada aloe vera dapat menghambat proses pigmentasi pada kulit bibir sehingga terhindar dari bibir hitam.

4. Pakai masker bibir secara rutin

7 Cara Mencerahkan Bibir Hitam yang Bisa Dicobaknesko.com

Buat kamu yang lebih menyukai hal praktis, sepertinya masker bibir dapat menjadi produk yang tepat untukmu. Sudah banyak merek kecantikan yang menawarkan produk masker bibir yang dikemas dalam banyak varian, dari mulai berbentuk sheet mask, sleeping mask hingga balm. Gunakan masker bibir 2 kali dalam seminggu.

5. Banyak minum air putih

7 Cara Mencerahkan Bibir Hitam yang Bisa Dicobastylecaster.com

Dari semua cara mencerahkan bibir, jangan sampai kamu melupakan hal yang satu ini. Bibir yang hitam juga dapat disebabkan oleh kurangnya cairan pada tubuhmu. Selain itu, dehidrasi juga dapat menyebabkan kulit bibir semakin kering. Jadi, pastikan cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan meminum 8 gelas air per hari ya.

6. Menghindari kebiasaan buruk

7 Cara Mencerahkan Bibir Hitam yang Bisa Dicobamortsandmore.com

Sebelum melakukan cara untuk mengatasi bibir hitam, sebaiknya kamu juga harus memerhatikan gaya hidupmu ya, Bela! Memiliki kebiasaan yang buruk seperti merokok, meminum alkohol, dan juga kurangnya mengonsumsi makanan yang bergizi juga dapat menjadi penyebab bibirmu tampak hitam. Untuk itu, sebaiknya mulai menghindari kebiasaan buruk tersebut ya!

7. Cegah dengan menggunakan lip balm yang memiliki SPF

7 Cara Mencerahkan Bibir Hitam yang Bisa Dicobard.com

Jika kamu tinggal di daerah tropis, tentunya sinar cahaya matahari juga dapat merusak warna bibir alamimu sehingga tampak lebih hitam. Hal tersebut dapat dicegah dengan rutin menggunakan lip balm yang memiliki kandungan SPF untuk melindungi kulit bibirmu.

Jadi, 7 cara tersebut dapat segera kamu lakukan untuk mencerahkan bibir hitam. Tentunya kamu juga jangan lupa untuk mengurangi pemakaian lipstik yang juga dapat menjadi salah satu pemicu warna bibirmu tampak hitam. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Perlu Dihindari agar Lipstik Menempel Sempurna