Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Merawat Kulit Setelah Chemical Peeling  

Salah-salah bisa menyebabkan iritasi

Shavira Annisa Putri

Kalau kamu rutin melakukan perawatan kulit, pasti sudah tak asing lagi dengan chemical peeling. Yups, metode ini memicu terjadinya pengelupasan kulit mati dan akan digantikan dengan kulit baru. Nggak perlu ke klinik kecantikan, kini produk chemical peeling sudah bisa kamu temukan dengan mudah. 

Nah, karena adanya pengangkat kulit mati dan kondisi kulit cenderung lebih sensitif, Popbela akan membagikan lima cara merawat kulit setelah chemical peeling yang aman dan mudah. Daripada penasaran, langsung intip aja yuk! 

1. Tidak mengelupaskan kulit dengan paksa

Cara Merawat Kulit Setelah Chemical Peeling / anewskinmedspa.com

Efek dari chemical peeling adalah terjadinya pengelupasan kulit. Meski begitu, sebaiknya kamu tidak melakukan pengelupasan kulit secara paksa, karena hal ini dapat membuat kulit terjadi kemerahan bahkan iritasi. Untuk itu, biarkan kulit mengelupas dengan sendirinya, ya. 

2. Membersihkan wajah dengan sabun yang lembut

Cara Merawat Kulit Setelah Chemical Peeling /Freepik.com

Mencegah agar tidak terjadi iritasi pada kulit setelah chemical peeling, ada baiknya pilih sabun wajah yang lembut dan tidak membuat kulit terasa kering. Nggak hanya itu, pastikan juga sabun wajah yang kamu gunakan bebas dari kandungan berbahaya seperti sabun atau sodium lauryl sulfate (SLS). Aplikasikan dengan gerakan memutar secara perlahan ya, Bela. 

3. Menggunakan serum yang bersifat menenangkan

Cara Merawat Kulit Setelah Chemical Peeling /Freepik.com

Setelah melakukan chemical peeling, pilihlah skincare yang memberikan kelembapan sekaligus mampu menghidrasi kulitmu. Nah, untuk itu kamu bisa menggunakan serum yang mengandung hyaluronic acid karena sifatnya mampu mengikat molekul air di kulit dengan sangat baik. Gunakan pagi dan malam hari agar kulit terhidrasi sempurna. 

4. Mengunci kelembapan dengan moisturizer

Cara Merawat Kulit Setelah Chemical Peeling / Freepik.com

Moisturizer menjadi kunci utama dalam merawat kulit setelah chemical peeling. Umumnya proses chemical peeling membuat kulitmu terasa lebih kering dan mudah terjadi iritasi, oleh karena itu penting sekali menggunakan moisturizer agar kelembapan tetap terjaga dan kulit terasa kenyal. 

5. Wajib menggunakan sunscreen

Cara Merawat Kulit Setelah Chemical Peeling / insider.com

Apapun kondisi kulitmu, menggunakan sunscreen merupakan keharusan, termasuk setelah melakukan chemical peeling. Kulit yang mengelupas akibat chemical peeling biasanya akan lebih rentan, oleh karena itu sunscreen mampu melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Jangan lupa untuk aplikasikan sunscreen sebanyak dua ruas jari ya. 

So, itu dia lima cara merawat kulit setelah chemical peeling. Semoga artikel ini membantu ya, Bela! 

IDN Media Channels

Latest from Skin