Sunscreen sudah menjadi bagian wajib dalam rangkaian skincare, khususnya di morning routine. Tapi, sudahkah kamu tahu ada dua macam sunscreen yang tersedia di pasaran, Bela?

Dua jenis sunscreen tersebut adalah Physical Sunscreen dan Chemical Sunscreen, walaupun sama-sama berfungsi melindungi kulit dari sinar matahari, ada perbedaan yang signifikan dari keduanya.

Mau tahu bedanya? Yuk, simak perbedaan physical sunscreen dan chemical sunscreen serta mana yang paling cocok untuk kulitmu. 

Chemical Sunscreen

Jangan Salah, Ini Perbedaan Physical Sunscreen dan Chemical Sunscreen!elitedaily.com

Chemical sunscreen menyerap kedalam kulit dan mengubah sinar matahari menjadi panas, kemudian melepaskannya dari tubuh. Bahan aktif yang terkandung dalam tabir surya ini biasanya: avobenzone, octinoxate, dan oxybenzone.

Chemical sunscreen diformulasikan dengan dengan tekstur yang ringan dan tidak lengket serta cocok digunakan sehari-hari. Sunscreen jenis ini juga menyerap dengan mudah ke permukaan kulit sehingga tidak meninggalkan white cast.

Namun, buat kamu yang memiliki kulit sensitif, ada baiknya untuk menghindari sunscreen jenis ini, karena pada beberapa kasus, chemical UV filter yang terkandung di dalamnya bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Physical Sunscreen

Jangan Salah, Ini Perbedaan Physical Sunscreen dan Chemical Sunscreen!

Physical sunscreen biasanya hanya terletak di atas permukaan kulit untuk menghalangi sinar UV. Bahan aktif yang terkandung dalam physical sunscreen ialah mineral titanium dioksida, dan zinc oxide. Teksturnya lebih tebal dan lebih putih dari pada chemical sunscreen, sehingga kebanyakan physical sunscreen menyebabkan efek white cast. 

Nah, itu tadi perbedaan chemical dan physical sunscreen. Apapun pilihan kamu, pastian sunscreen yang kamu pilih merupakan sunscreen yang bisa melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. Pilih juga yang memiliki minimal SPF 30.

Baca Juga: Pakai Skincare Routine Sunscreen Nggak Boleh Skip, Kenapa?