Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Nggak Sulit, Ini 7 Cara Menghilangkan Komedo Secara Cepat dan Alami

Bisa dilakukan di rumah

Anisa Indraini

Selain jerawat, komedo merupakan masalah pada wajah yang sering muncul dan mengganggu banget. Yup, meski terlihat sepele nyatanya komedo bisa membuat siapa saja jadi kehilangan percaya diri. 

Komedo sendiri terjadi karena adanya penumpukkan sel kulit mati dan minyak yang berkumpul menyumbat pori-pori. Oleh karena itu, komedo perlu perawatan dan perhatian khusus. Di bawah ini ada tujuh cara menghilangkan komedo secara alami. Apa saja? Simak ya, Bela.

1. Gunakan kulit jeruk

prfmnews.com

Keringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari dan tumbuk menjadi bubuk halus. Jika sudah, campurkan dengan dua sendok air mawar. Aduk keduanya hingga tekstur menjadi pasta yang halus dan berikan pada wajah yang dirasa terdapat komedo. Setelah mengering, bilas dengan air dingin.

2. Lidah buaya

clair-office.eu

Sifat-sifat antibiotik yang ditemukan dalam lidah buaya mampu membersihkan pori-pori, sehingga wajah bersih dari komedo. Kamu bisa langsung oleskan gel lidah buaya pada permukaan wajah yang terdapat komedo. Setelah 10-15 menit. cucilah wajah dengan air hangat.

3. Susu dan madu

intothegloss.com

Buatlah campuran satu sendok madu dan satu sendok susu dingin. Aduk dan panaskan campuran tersebut selama satu menit dalam microwave. Setelah satu menit, oleskan secara tipis pada wajah yang terdapat komedo. Ambil selembar kain katun dan letakkan di atas campuran tersebut. Biarkan kain katun menempel selama 15-20 menit, kemudian lepaskan dengan hati-hati.

4. Madu dan kayu manis

hipwee.com

Masukkan setengah sendok madu dan setengah sendok bubuk kayu manis, aduk keduanya hingga menjadi pasta. Oleskan pada wajah yang terdapat komedo dan tutupi dengan sepotong kecil kain katun. Tunggu hingga lima menit, setelah itu lepaskan strip dan cuci wajah dengan air hangat.

5. Lemon

beautyheaven.com.au

Ambil bola kapas dan peraskan lemon di atasnya. Oleskan langsung pada komedo dan biarkan mengering. Setelah itu, cuci muka dengan air hangat.

6. Baking soda

bp-guide.id

Siapkan satu sendok baking soda untuk dimasukkan ke dalam setengah sendok air hingga menjadi pasta kental. Oleskan pada bagian wajah yang terdapat komedo dengan menggunakan ujung jari. Sebelum membilasnya dengan air hangat, pastikan benar-benar kering.

7. Alkohol

okaydoc.com

Sebelum tidur, oleskan wajah yang terdapat komedo dengan alkohol menggunakan kapas. Biarkan selama semalam dan lakukan setiap malam selama tiga hari dalam seminggu agar kulit bersih dari komedo.

Selamat mencoba di rumah, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Skin