Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tutorial Merapikan Alis Sendiri di Rumah, Mudah Banget!

Hindari waxing, ya, Bela

Dina Lathifa

Nggak hanya rambut, alis juga menjadi salah satu bagian tubuh yang turut tumbuh. Sebagian orang memiliki alis yang tumbuh secara rutin sehingga harus mencukur dan merapikannya sehingga dapat membingkai wajah secara sempurna. Bagaimana denganmu, apa alismu selalu tumbuh secara rutin, Bela?

Jika terbiasa merapikan alis di salon, tentunya kegiatan itu sulit untuk kamu lakukan di saat pembatasan sosial sekarang ini. Daripada membiarkan alismu tumbuh berantakan menunggu sampai bisa pergi ke salon, mengapa nggak mencukur dan merapikannya sendiri di rumah? Jangan takut! Melansir dari Bustle, ini langkah-langkah yang dapat kamu ikuti.

1. Hindari waxing

Pinterest.com/Groupon International

Jika ingin mencukur dan membentuk alismu, hindari melakukan waxing. Sangat disarankan untuk mencabut dan mengguntingnya. Meskipun terlihat lebih mudah, waxing dapat melukaimu sehingga lebih baik menyerahkannya pada ahlinya.

2. Memetakan atau menggambar garis alismu

Pinterest.com/Total Beauty

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum mencukur dan merapikan alis adalah memetakan atau menggambar garis sesuai bentuk yang kamu inginkan. Dengan begitu, kamu mendapatkan bentuk alis yang dapat membingkai wajahmu secara sempurna. Gunakan hidung sebagai patokan untuk menggambar bentuk alis dan menyamakannya kedua sisi.

Untuk menggambarnya, gunakan pensil alis. Prosesnya sama seperti kamu ingin menggambar alismu. Tempatkan secara vertikal pada tempat sejajar dengan lubang hidung dan ukur lurus sampai ke awal mula alis di atas bagian dalam matamu. Ini adalah pangkal alismu. Buat titik menggunakan pensil.

Selanjutnya, temukan lekuk alis dengan menggerakkan pensil miring sampai melewati bagian tengah pupil mata. buat titik lagi. Terakhir, gerakkan pensil sampai ke ujung luar mata maka di situ ujung akhir alismu. Jika sudah, hubungkan titik-titik tersebut dan kamu telah memetakan alismu.

3. Cabut alis dengan tweezer atau pinset

Pinterest.com/One Country

Kamu telah mendapatkan bentuk alis yang tepat. Langkah selanjutnya adalah mencabut rambut-rambut alis yang nggak sesuai dengan garis panduanmu. Gunakan tweezer untuk melakukan hal ini. Tahan kulit secara erat-erat dengan satu jari, lalu cabut alis dengan gerakan menariknya sesuai arah tumbuhnya. Umumnya, rambut alis tumbuh ke atas dan mengarah ke pelipis.

Dengan cara ini, kamu dapat mengurangi rasa sakit saat mencabuti alis, sekaligus menjaga folikel dari kerusakan. Namun jika memiliki kulit sensitif, coba basahi kapas bulat dengan air dan dinginkan di dalam kulkas. Kemudian, aplikasikan kapas tersebut pada alis sebelum mencabutnya untuk mengurangi kemerahan atau iritasi.

4. Gunting alismu

Pinterest.com/Buzzfeed

Setelah sudah mencabuti alis, sisir alismu ke arah garis rambut. Jika terasa panjang, kamu dapat mengguntingnya sedikit atau trimming. Kamu boleh membuat alis sedikit lebih kaku dengan mengaplikasikan brow gel bening. Sisir ke atas, tunggu sampai kering, lalu gunting alis yang panjangnya melebihi garis panduanmu.

5. Conditioning atau merawat alis

Pexels.com/Shiny Diamond

Jika ingin tetap menjaga alis tumbuh sehat setelah mencabut dan mengguntingnya, berikan stimulasi pada aliran darah pada tulang alismu. Caranya? Pijat tulang alismu dengan ujung jari secara lembut selama 30 detik. Kamu pun dapat menggunakan produk kecantikan yang dapat mendukung pertumbuhan rambut alis, seperti conditioning eyebrow atau produk serupa lainnya.

Itulah langkah-langkah mencabut dan merapikan alis sendiri di rumah. Gampang, bukan? Jika ini adalah percobaan pertamamu, pastikan menggunakan alat-alat yang tepat seperti tweezer dan gunting kecil khusus untuk alis. Juga, ikuti langkah-langkah ini dan hindari menggunakan waxing. Dengan begitu, kamu dapat merapikan alis sendiri dan hasilnya anti gagal! Selamat mencoba, Bela. 

IDN Media Channels

Latest from Make Up