Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Kebiasaan yang Bisa Bikin Bulu Mata Rontok, Jangan Anggap Sepele!

Yuk, segera hentikan kebiasaan ini!

Arnintya Juninda

Bulu mata adalah salah satu fitur di bagian wajah yang bisa mempercantik penampilan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan maskara yang membuat bulu mata menjadi lentik, tebal dan panjang. Tetapi sampai saat ini masih banyak lho yang merasa bulu matanya cepat rontok, kira-kira apa sih penyebabnya?

Ternyata berbagai kebiasaan yang mungkin tak sadar kita lakukan bisa jadi penyebabnya. Simak di bawah ini yuk!

1. Penggunaan Penjepit Bulu Mata

nytimes.com

Manfaat menggunakan penjepit bulu mata adalah membuat helai-helainya menjadi lebih lentik, namun ternyata ini juga menjadi penyebab bulu mata mudah rontok. Khususnya apabila digunakan dengan masckra, karena kandungan kimia yang terlalu keras pada produk kecantikan juga dapat menyebabkan bulu mata mudah rontok. Pastikan untuk selalu menjepit sebelum menggunakan maskara dan bukan setelahnya ya!

2. Terlalu Sering Menggunakan Bulu Mata Palsu

byrdie.com

Untuk mendapatkan tampilan makeup mata yang standout, penggunaan bulu mata palsu bisa membantu. Tetapi sayangnya, terlalu sering meggunakan bulu mata palsu dapat berakibat bulu mata asli cepat rontok. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan intensitas penggunaan bulu mata palsu yang kamu gunakan nih, kalau memang tidak diperlukan sebaiknya dihindari ya.

3. Alergi Maskara

standard.co.uk

Ternyata penggunaan maskara juga dapat memicu kerontokan bulu mata lho. Maskara yang mengandung terlalu banyak bahan kimia membuat helai-helai bulu mata menjadi lebih rapuh. Tipsnya, pilih maskara dengan kandungan yang aman bagi bagian bulu mata dan sekitarnya.

4. Tidak Membersihkan Riasan Mata

beyoutifulmag.com

Kebiasaan skip membersihkan riasan mata memicu rontoknya bulu mata lebih mudah rontok. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu membersihkannya, terutama bagian maskara, dengan makeup remover berbahan dasar minyak agar bersih maksimal.

5. Mengucek Mata

opticalimages.com

Nah, kalau ini adalah kebiasaan yang perlu dihindari nih Bela! Selain bisa menyebabkan mata sakit, ternyata kebiasaan mengucek mata juga dapat membuat bulu mata rontok. Gesekan yang terlalu keras membuat bulu mata rontok dan menjadi tipis. Oleh karena itu, hindari kebiasaan ini ya.

6. Kurang Nutrisi

christianberlin.com

Seperti layaknya kulit, penyebab bulu mata rontok juga bisa disebabkan kurangnya nutrisi yang didapatkan setiap helai rambut. Untuk itu, pastikan kamu mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki nutrisi yang dibutuhkan untuk kulit dan rambut.

7. Radang Pada Kelopak Mata

dok.Internet

Keadaan radang pada bagian kelopak mata disebut dengan blefaritis. Biasanya, kondisi radang tersebut disebabkan oleh infeksi kuman, cedera atau reaksi dari alergi. Nah akibat dari peradangan di kelopak mata ini, bulu mata juga bisa mudah rontok. Jika kamu mengalami hal ini, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut ya.

IDN Media Channels

Latest from Make Up