Extension biasanya digunakan pada rambut agar terlihat tebal dan panjang, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk bulu mata. Bagi kebanyakan perempuan, proses pemasangan setiap helai bulu mata palsu ke bulu mata asli itu sudah umum dilakukan.

Tentu saja kegiatan itu untuk mendapatkan tampilan bulu mata yang lebih memesona, lentik dan tebal.

Namun di samping fungsinya untuk memperindah, extension bulu mata memiliki dampak buruk, lho. Yuk Bela, simak ulasan dari dampak negatif pemasangan bulu mata palsu ini.

1. Mata perih

Bahaya untuk Penglihatan, 5 Risiko Pemasangan Bulu Mata PalsuFreepik.com

Lem yang digunakan untuk menempelkan bulu mata palsu ke bulu mata asli dapat membawa efek samping untuk mata seperti perih dan rasa panas.

Tentu saja sebelum memasang bulu mata, kamu harus melakukan observasi tentang alat yang digunakan dan tempat pemasangan yang terbukti aman. Hal tersebut untuk meminimalisir risiko efek samping dari pemasangan bulu mata.

2. Iritasi

Bahaya untuk Penglihatan, 5 Risiko Pemasangan Bulu Mata PalsuFreepik.com

Iritasi pada mata hingga alergi bisa saja terjadi ketika extension bulu mata dilakukan. Tak semua orang cocok dengan lem yang digunakan, dampaknya dapat menimbulkan gatal hingga ruam.

Risiko ini terlebih dapat terjadi pada pemilik kulit sensitif. Parahnya, ketidakcocokan tersebut menimbulkan gelembung seperti terisi air di wajah.

3. Kerontokan bulu mata asli

Bahaya untuk Penglihatan, 5 Risiko Pemasangan Bulu Mata PalsuFreepik.com

Pemasangan bulu mata palsu dapat membawa ketegangan untuk bulu mata asli. Alhasil, kerontokan dapat terjadi karena beratnya bulu mata palsu yang memberikan tekanan pada bulu mata asli.

Kondisi yang disebut traction alopecia dalam dunia medis ini dapat membuat kehilangan bulu mata permanen.

4. Kecanduan pakai bulu mata

Bahaya untuk Penglihatan, 5 Risiko Pemasangan Bulu Mata PalsuFreepik.com

Layaknya obat-obatan terlarang, efek candu juga dapat terjadi dari pemasangan bulu mata palsu. Ketergantungan ini biasanya terjadi ketika seseorang mendapatkan bentuk bulu mata yang Ia inginkan.

Tentu saja rasa tidak percaya diri akan timbul ketika pemasangan bulu mata tidak lagi dilakukan.

Namun, menempel bulu mata palsu terlalu sering akan membawa dampak buruk untuk mata. Makanya, tak hanya memerhatikan keindahan saja, melainkan keamanan dan kenyaman mata. 

5. Peradangan hingga kebutaan

Bahaya untuk Penglihatan, 5 Risiko Pemasangan Bulu Mata PalsuFreepik.com

Peradangan mata dapat terjadi karena kemungkinan terkontaminasinya bulu mata palsu dari bakteri dan virus.

Dampak paling parah adalah kebutaan ketika kebersihan bulu mata terabaikan. Intensitas yang terlalu sering juga memberikan dampak berbahaya.

Nah, sebaiknya Bela memikirkan kembali untuk extension bulu mata. Kesehatan mata tentu menjadi yang utama. Untuk apa cantik jika membuat indra penglihat kita tersiksa.

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Mungkin Masih Kamu Lakukan Saat Menjepit Bulu Mata

Baca Juga: 5 Tips Agar Bulu Mata Lentik Alami, Bye-bye Maskara!

Baca Juga: Bikin Mata Cantik Seharian, Ini 7 Rekomendasi Bulu Mata Palsu