Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ketahui Penyebab Gigi Kuning yang Dapat Merusak Gigimu

No. 6 paling sering dilakukan lho!

Vidya Nathania

Walau memiliki gigi putih dan bersih selalu menjadi dambaan banyak perempuan, namun tak bisa dipungkiri kalau semakin hari, warna gigi dapat berubah menjadi kuning. Hal tersebut tentunya dapat mengurangi rasa percaya diri saat tersenyum. Karena hal itulah, banyak sekali perempuan yang mencari cara agar dapat mengembalikan keindahan giginya. 

Nah, untuk kamu yang mungkin sedang mengalami masalah gigi kuning dan ingin segera mengatasinya, sebaiknya cari tahu dulu tentang penyebab gigi kuning sehingga kamu lebih mudah untuk mengatasinya. Di artikel kali ini, Popbela akan menjelaskan beberapa penyebab gigi kuning yang wajib kamu ketahui!

1. Menyikat gigi dengan asal

ciroccodentalcenterpa.com

Penyebab gigi kuning yang paling sering kamu lakukan tanpa sadar ialah menyikat gigi dengan asal. Padahal menyikat gigi merupakan hal paling sederhana untuk menjaga kesehatan gigimu. Lakukan dengan benar dan jangan sampai ada bagian gigi yang terlewati.

2. Terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman berkafein

telegraph.co

Kandungan kafein yang terdapat pada beberapa makanan atau minuman seringkali menjadi penyebab gigi kuning terbesar yang mungkin bisa bisa terjadi padamu. Karena kafein dapat mengurangi enamel gigi sehingga warna noda minuman akan menempel pada gigi dan menyebabkan gigi kuning.

3. Sering meminum obat

heart.org

Jika kamu tipe orang yang sering mengonsumsi obat karena kebutuhan atau memang sedang dalam pengobatan, bisa jadi hal tersebut salah satu penyebab gigi kuning yang tak kamu sadari. Dari semua jenis obat-obatan, antibiotik memiliki peran paling besar yang dapat membuat warna gigimu berubah menjadi kuning. 

4. Mengonsumsi makanan yang terlalu asam

medicalnewstoday.com

Makanan atau minuman yang terlalu asam ternyata dapat membuat gigimu berubah warna menjadi kuning juga lho. Hal tersebut terjadi dikarenakan asam yang terdapat pada makanan atau minuman tersebut menambah tingkat keasaman pada mulutmu sehingga berpengaruh besar merubah warna gigimu.

5. Memiliki kebiasaan merokok

saga.com

Tak hanya dapat merusak paru-paru saja, merokok juga menjadi salah satu penyebab gigi kuning. Kebiasaan buruk yang satu ini terjadi karena kandungan nikotin yang dikenal dapat mengubah warna gigimu menjadi kuning bahkan kehitaman.

6. Mengonsumsi makanan dan minuman manis

secondopinionnewsletter.com

Siapapun pasti sangat menyukai makanan dan minuman yang manis. Namun, siapa sangka dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang manis dapat merusak gigimu? Karena kandungan gula yang terdapat pada makanan dan minuman tersebut dapat mengundang berkembangnya bakteri dan kemudian menyebabkan gigi menjadi kuning bahkan berlubang.

7. Bertambahnya usia

youworkforthem.com

Satu hal penyebab gigi kuning yang mungkin tak dapat dihindari ialah bertambahnya usia. Karena seiring bertambahnya usia, maka gigi akan mengalami perubahan warna yang disebabkan oleh aktivitas mulut seperti mengunyah, terkena udara, atau bahkan menggunakan produk gigi.

Nah, itulah penyebab gigi kuning yang ternyata merupakan kebiasaan sehari-hari yang kamu lakukan tanpa sadar. Sebaiknya, kurangi berbagai kebiasaan yang dapat memicu kerusakan gigi dan rawat gigimu dengan baik ya Bela!

IDN Media Channels

Latest from Health