Memiliki gigi putih dan bersih adalah impian setiap orang, selain menambah kepercayaan diri, memiliki gigi putih dapat membuatmu terlihat sehat dan segar. Namun, terkadang gaya hidup kurang sehat seperti sering mengonsumsi minuman tinggi kafein, merokok, minum alhokol dan mengonsumsi obat-obatan menjadi berbagai faktor yang dapat merubah warna gigi menjadi cokelat kekuningan. Hal tersebut tentunya menjadi hal yang sangat nggak diinginkan semua orang. 

Untuk mengatasinya, banyak orang melakukan berbagai cara instan seperti pergi ke dokter gigi atau menggunakan berbagai produk pemutih gigi yang sebenarnya mengandung bahan kimia yang tinggi. Buat kamu yang ingin mengembalikan warna gigi seperti semula, yuk simak beberapa cara memutihkan gigi secara alami berikut ini.

1. Menyikat gigi menggunakan baking soda

Begini Cara Memutihkan Gigi Secara Alamihealthline.com

Baking soda dikenal memiliki agen pemutih sendiri yang membuat bahan yang satu ini sering digunakan sebagai whitening pada produk kecantikan. Tentunya, bahan yang satu ini juga sangat cocok untuk menjadi pasta gigi alami yang dapat mengembalikan warna gigimu menjadi lebih cerah dan juga membasmi bakteri pada mulutmu.

2. Berkumur dengan cuka apel

Begini Cara Memutihkan Gigi Secara Alamihealthline.com

Diperkaya oleh kandungan acetic acid yang cukup kuat, membuat cuka apel dapat menjadi obat kumur antiseptik alami yang dapat mencerahkan warna gigimu dan mengatasi bakteri penyebab mulut berbau tak sedap. Kumur menggunakan cuka apel selama 2 menit, kemudian lanjutkan dengan menggosok gigi seperti biasa. Lakukan hal tersebut sebanyak 3 kali dalam seminggu secara rutin.

3. Menggunakan bahan kunyit

Begini Cara Memutihkan Gigi Secara Alamimedicalnewstoday.com

Ternyata selain dapat menghilangkan noda pada pakaian atau benda sekitarmu, bahan kunyit juga dapat mengerjakan hal yang sama yaitu menghilangkan warna kuning kecoklatan pada gigi dan merawat gusimu.

Memiliki kandungan antimicrobial dan antiseptic yang baik untuk merawat gigi dan gusimu, membuat bahan kunyit dapat digunakan sebagai pasta gigi alami. Gunakan kunyit yang sudah berbentuk bubuk yang kemudian dicampurkan oleh sedikit air hingga membentuk pasta, kemudian kamu pun bisa langsung menggunakannya sebagai pasta gigi.

4. Menggunakan stroberi

Begini Cara Memutihkan Gigi Secara Alamifns.usda

Buah stroberi yang dikenal akan kandungan vitamin C yang baik untuk mencerahkan gigi membuat bahan alami yang satu ini dapat kamu gunakan pada gigimu langsung dengan cara menggosok bagian gigi dengan buah stroberi, biarkan hingga 5 menit, kemudian gosok gigimu hingga bersih. Dengan melakukannya secara rutin, gigimu akan tampak putih dan bersih lho!

5. Menggunakan charcoal powder

Begini Cara Memutihkan Gigi Secara Alamitrademe.co

Kalau bahan yang satu ini pasti sudah nggak asing lagi kan Bela? Ya, bahan berwarna hitam pekat ini dikenal sebagai salah satu bahan terampuh yang dapat mencerahkan gigi secara alami dengan menggosok gigi seperti biasa menggunakan charcoal powder dan gigimu akan bersih secara cepat.

6. Menggunakan buah nanas

Begini Cara Memutihkan Gigi Secara Alamimedicalnewstoday.com

Salah satu cara memutihkan gigi secara alami dengan menggunakan buah nanas sebagai pasta gigi juga memanfaatkan airnya untuk berkumur. Karena kandungan bromelain yang terdapat pada nanas dapat menghilangkan noda pada gigi hingga bersih tanpa meninggalkan noda sedikit pun.

7. Menghilangkan gaya hidup tak sehat

Begini Cara Memutihkan Gigi Secara Alamitodaysparent.com

Melakukan semua cara di atas tentunya harus di dukung juga dengan gaya hidup yang sehat. Tinggalkan kebiasaan burukmu seperti merokok, mengonsumsi alkohol, minuman berkafein dan bahkan kebiasaan jarang menyikat gigi. Mulailah mencoba gaya hidup sehat dengan banyak minum air putih, mengonsumsi sayur dan buah-buahan juga rajin membersihkan gigi.

Nah, itu dia 7 cara memutihkan gigi secara alami yang dapat kamu lakukan segera sebagai perawatan gigi untuk mengembalikan warna gigimu. Lakukan secara rutin agar hasilnya terlihat nyata pada gigimu. Jangan lupa untuk terus merawat kesehatan gigimu ya Bela untuk menyempurnakan tampilanmu. Selamat mencoba!

Baca Juga: 7 Langkah Mendapatkan Gigi Putih dengan Buah Stroberi