Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini 6 Cara Mudah Mengontrol Porsi Makan

Mudah asal mau!

Suhaiela

Bagi sebagian orang, di tahun yang baru banyak yang ingin menjalankan resolusi diet yang tidak terlaksana di tahun-tahun sebelumnya. Terkadang, kita akan lupa dengan resolusi yang sudah kita buat karena melihat banyak makanan enak yang akhirnya membuat kita tergoda. Terutama, saat kita sedang tidak melakukan apapun, maka biasanya keinginan untuk makan kian bertambah. Sebenarnya, ada nggak sih tips untuk mengontrol porsi makan kita? Ini 6 cara mudah dalam mengontrol porsi makan yang kita punya!

1. Jangan lewatkan waktu makan

purelyinspired.com

Semakin kencang perutmu berbunyi, semakin besar juga kemungkinan untuk kamu untuk makan lebih banyak. Cara terbaik untuk mengontrol porsi makan kita yaitu usahakan agar makan makanan yang mengandung protein, serat, dan sedikit lemak sehat setiap empat jam atau lebih. Strategi ini tidak hanya akan membantumu untuk menghindari makan berlebih, tetapi juga membantu untuk mengurangi rasa ingin makan di malam hari.

2. Mulai tulis jurnal harian makanmu

bullshit.ist

Mungkin kamu pasti ingin makan kue, susu, dan makanan enak lainnya ketika malam hari. Coba kamu ingat-ingat makanan apa saja yang kamu makan seharian penuh dengan menuliskannya di buku dan mulailah dari membuat makanan yang kamu konsumsi dari pagi hari sampai malam hari dengan begitu kamu pasti tidak akan mau untuk mengonsumsi kalori yang lebih banyak lagi.

3. Gunakan gelas ukur dan timbangan

youtube.com

Cara ini merupakan trik lama, tetapi menggunakan gelas ukur dan timbangan dapat membantumu untuk mengetahui seberapa banyak porsi makan yang kamu punya. Setelah kamu mengetahui porsi makanmu, untuk selanjutnya kamu bisa mengira-ngira seberapa besar porsi makanmu ketika ingin memakan makanan yang berkalori tinggi.

4. Ikuti “aturan separuh piring”

thedailymeal.com

Mulai saat ini, cobalah untuk mengisi piringmu dengan campuran sayuran yang lebih banyak, buah, dan sedikit karbohidrat. Jika kamu tidak bisa menggunakan gelas ukur dan timbangan, kamu bisa mengikuti cara yang satu ini. Pastikan, kalau kamu mendapatkan perbandingan nutrisi yang tepat untuk kesehatan dan penurunan badan yang optimal. Sehingga tubuhmu akan jauh lebih sehat.

5. Minum lebih banyak air

stylecaster.com

Dalam mengontrol porsi makanmu, keberadaan air sangat penting untuk semua fungsi tubuhmu. Semakin banyak kamu minum, semakin mudah juga kamu mengurangi kalori tanpa rasa lapar dan efektif untuk menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsi banyak air, hal ini dapat mengurangi nafsu makanmu.

6. Coba ukur mangkukmu

spttcstore.com

Ketika kamu menyantap sop, menuangkan sereal, atau bahkan menyendok es krim pertimbangkan dengan ukuran mangkok yang kamu punya. Kita bisa lihat garis pada mangkok yang bisa dimanfaatkan sebagai alat ukur porsi makan. Kamu akan tahu seberapa banyak ukuran penyajian yang disarankan.

Setelah mengetahui cara diatas, coba praktikkan ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Health