Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tips untuk Kamu yang Ingin Berdiet Saat Menjalani Puasa

Kapan lagi beribadah sembari menurunkan berat badan

Shavira Annisa Putri

Menjalankan ibadah puasa selama 30 hari, banyak dari kalian justru mengalami kenaikan berat badan. Hal ini disebabkan oleh pola makan yang salah. Padahal, jika kamu memerhatikan makanan apa yang kamu konsumsi, puasa bisa membuat berkurangnya berat badan. Mau tahu cara diet saat menjalani puasa? Intip tujuh tips diet saat berpuasa ramadan di bawah ini , ya!

1. Konsumsi makanan dan minuman manis secukupnya

freepik.com

Berbuka puasa dengan milk tea atau es campur memang menyegarkan. Tetapi, kandungan gula yang tedapat dalam dua minuman tersebut sangat tinggi. Jika berlebihan, maka kenaikan berat badan tidak bisa dihindari. Bukannya nggak boleh mengonsumsi gula, namun alangkah baiknya jika takarannya pas. Sehingga, energi pulih kembali, namun tidak membuat kenaikan berat badan. 

2. Hindari mengonsumsi gorengan

Ketika azan magrib mengumandang paling nikmat adalah berbuka dengan aneka gorengan. Namun, lemak jenuh yang ada dalam gorengan bisa mengakibatkan berat badan kamu jadi naik. Mulai saat ini, yuk berbuka puasa dengan makanan yang lebih sehat dan bergizi tinggi. 

3. Tetap lakukan olahraga

pinterest.com

Walaupun menahan dahaga lebih dari 12 jam, bukan jadi alasan untuk tidak melakukan olahraga. Kamu tetap bisa lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki selama 30 menit sebelum berbuka. Atau sit up dan push up sebelum tidur.

4. Tidur yang cukup

razanelbaba.com

Selama di rumah aja dan menjalani ibadah puasa, membuat pola tidur menjadi beratakan. Namun, untuk dapat mengurangi berat badan, ada baiknya kamu tetap menjaga kualitas dan kuantitas tidur kamu. Karena ketika kurang tidur maka dapat meningkatkan kadar hormon gherlin yang menyebabkan nafsu makan bertambah. Wah, jangan sampai hal ini terjadi ya!

5. Jangan gegabah ketika berbuka puasa

Setelah 12 jam lebih tidak makan dan minum, cenderung membuat kamu ingin memakan segalanya ketika jam berbuka puasa tiba. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab naiknya berat badan ketika bulan puasa. Sehingga, saat berbuka ada baiknya konsumsi makanan secukupnya dan tidak gegabah.

6. Tetap makan ketika sahur tiba

pinterest.com

Ingin menurunkan berat badan ketika bulan puasa bukan berarti kamu melewatkan sahur. Justru, dengan melewatkan waktu sahur, kamu akan merasa sangat lapar dan balas dendam di waktu berbuka. Hal ini akan menyebabkan metabolisme tubuh menjadi lamban dan gula darah naik drastis. Sehingga menyebabkan kenaikan berat badan. Sebaiknya tetap konsumsi asupan bergizi ketika sahur, dan jangan lupa untuk perbanyak buah dan sayur.

7. Menguyah makanan secara perlahan

pinterest.com

Walaupun sepele, namun mengunyah makanan secara perlahan dapat membantu kamu menurunkan berat badan. Sebaliknya kamu harus mengendalikan diri, kunyah tiap suapan sebanyak 20 sampai 30 kali sebelum menelannya.

Itulah tips cara diet saat menjalani puasa ramadan yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat ya.

Baca Juga: Kumpulan Artikel Seputar Ibadah Selama Ramadan

IDN Media Channels

Latest from Health