Berbuka puasa adalah momen yang paling ditunggu di bulan Ramadan. Setelah seharian menahan dahaga dan menguras energi, kita perlu mengisi energi kembali ketika berbuka. Menurut ahli kesehatan, berbuka puasa dengan makanan manis bisa memberikan energi lebih maksimal dibanding makanan lainnya. Kira-kira apa lagi alasan kesehatan lainnya? Yuk, simak lima alasan mengapa dianjurkan berbuka puasa dengan yang manis dibawah ini.

1. Gula bisa meningkatkan energi

Dari sahur hingga buka puasa, asupan gula dalam tubuh akan semakin menurun karena kita nggak mengkonsumi makanan dan minuman apapun. Sedangkan gula darah adalah sumber energi dalam tubuh. Mengonsumsi makanan yang mengandung gula bisa cepat meningkatkan kadar gula darah yang turun setelah berpuasa. Namun kita tetap harus mengonsumsi makanan manis yang tepat dan sehat. Contohnya kurma dan susu.

Ini Alasan Mengapa Dianjurkan Berbuka Puasa dengan yang Manisindonesiamagz.id

2. Tapi, jangan berlebihan

Dianjurkan berbuka puasa dengan yang manis bukan berarti segala makanan dan minuman yang manis bisa dikonsumsi. Terlalu banyak mengonsumsi yang manis khawatir justru akan menimbulkan penyakit seperti diabetes atau yang lainnya, apalagi puasa ini terjadi selama 30 hari lamanya. Apa jadinya kira-kira jika kamu mengonsumsi makanan manis yang sembarang selama satu bulan? Tetap jaga kesehatan ya, Bela!

3. Jangan pakai pemanis buatan

Berbuka dengan makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan bisa menyebabkan gula darah yang merosot drastis. Itulah mengapa sebaiknya pilih menu berbuka yang manisnya alami seperti jus buah, es buah tanpa pemanis tambahan, kurma, dan mengonsumsi buah-buahan langsung.

Ini Alasan Mengapa Dianjurkan Berbuka Puasa dengan yang Manismedicalnewstoday.com

4. Perhatikan kandungan gula di makananmu

Mengonsumsi tiga buah kurma saat berbuka sudah cukup memenuhi kadar gula yang dibutuhkan. Kemudian buah kurma juga mengandung serat, protein, kalium, magnesium, copper, mangan, besi dan vitamin B6 yang penting untuk tubuh. 

Jika dibandingkan dengan teh manis, kadar kebutuhannya masih belum cukup apalagi bila gula yang digunakan gula cair. Sebaiknya biasakan ganti gula yang biasa kamu gunakan dengan madu.

Ini Alasan Mengapa Dianjurkan Berbuka Puasa dengan yang Manis

5. Kurma bisa atasi masalah pencernaan

Ketika bulan puasa, biasanya ingin memakan berbagai jenis makanan yang ada. Nah, hal itu bisa menyebabkan pencernaan jadi kurang lancar. Mengonsumi kurma bisa membantu perlancar pencernaanmu lho, Bela. Kurma mengandung serat larut yang cukup tinggi, kandungan serat tersebut bisa mencegah sembelit sehingga pencernaan lebih lancar.

Jadi, apa menu buka puasamu hari ini, Bela?

Baca Juga: Bahaya, Ini 5 Jenis Takjil yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Baca Juga: 5 Minuman Segar untuk Berbuka Puasa

Baca Juga: Konsumsi Gorengan Ketika Berbuka Puasa? Ini 5 Bahaya yang Mengintai!