Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Cara Mengecilkan Paha dan Pinggul dengan Aman dan Efektif

Lakukan secara konsisten

Nafi' Khoiriyah

Paha dan pinggul menjadi area yang paling sering membuat perempuan kurang percaya diri. Sebab, di area itu sering terdapat penumpukan lemak yang membuatnya tampak lebih berisi.  

Namun jangan khawatir, kamu bisa membuat area tersebut lebih kencang dan kecil. Caranya adalah dengan melakukan gerakan tertentu secara konsisten. 

Dalam artikel ini akan dijelaskan macam-macam cara mengecilkan paha dan pinggul yang bisa diikuti. Simak, yuk!

1. Perbanyak gerakan squat

pexels.com/RDNE Stock project

Squat menjadi salah satu olahraga yang akhir-akhir ini menjadi populer di dunia fitness. Gerakan ini bisa dilakukan di mana saja, mulai dari di rumah, kantor, dan di mana saja.

Gerakan tersebut diketahui paling bisa mengencangkan paha dan pinggul, tak heran kalau cukup populer bagi remaja. Kamu yang rutin melakukan gerakan squat akan membuat tubuh menjadi ramping dan kencang. 

2. Latihan fire hydrant

parade.com

Cara mengecilkan paha selanjutnya adalah dengan gerakan fire hydrant. Gerakan ini banyak dilakukan oleh para model dan selebritas untuk mendapatkan tubuh sempurnanya.

Penelitian menunjukkan kalo fire hydrant akan membantu siapa saja untuk menurunkan berat badan di sekitar pinggul dan paha. Meskipun gerakannya sebenarnya cukup sederhana, tetapi gerakan tersebut akan memperkuat otot yang ada di sisi pinggang dan pangkal paha.

Caranya adalah dengan mengambil posisi merangkak, pastikan lutut dan tangan terbuka selebar bahu dan pinggul. Setelah itu, angkat salah satu kaki dan luruskan sampai sejajar punggung.

3. Lakukan gerakan side lunges

marca.com

Memiliki lemak membandel di sekitar paha dan pinggul memang menyulitkan. Sebab, cara untuk mengecilkannya tidak semudah itu.

Kamu bisa melakukan gerakan side lunges yang efektif untuk menghilangkan lemak di sekitar pinggul, paha, dan pantat. Namun, perhatikan saat kamu melakukan gerakan ini karena banyak yang masih salah dalam melakukannya. 

Kesalahan yang paling umum saat melakukan side lungs adalah meletakkan kaki terlalu berdekatan atau terlalu lebar. Jadi, kamu yang ingin melakukannya perlu memperhatikan cara yang benar. 

4. Lakukan wall sits

verywellfit.com

Selanjutnya, wall sits adalah cara mengecilkan pinggul yang cukup mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Latihan ini akan menghilangkan lemak di sekitar pinggul dan paha dengan gerakan yang unik. 

Caranya adalah dengan menyandarkan punggung ke tembok sambil menekuk lutut seakan-akan sedang duduk. Lalu, tahan sampai beberapa saat untuk membentuk kekuatan isometrik.

Hasilnya jika dilakukan dengan konsisten akan melatih kekuatan bagian bawah, mulai dari perut, pantat, paha depan, betis, dan pinggul. 

5. Cobalah latihan banded walks

mindbodygreen.com

Kalau ingin menurunkan berat badan, olahraga yang difokuskan pada area tertentu juga berperan. Salah satunya adalah banded walks ini. Latihan tersebut akan membantu membakar lemak di sekitar pinggul dan paha dengan cara yang berbeda. 

Kamu perlu menggunakan resistance band untuk diletakkan di pergelangan kaki terlebih dahulu. Setelah itu, posisikan kaki selebar bahu dan tekuk lutut sedikit seperti posisi setengah jongkok. Jaga kaki supaya sejajar dengan bahu, lalu pindahkan badan secara perlahan.

6. Perbanyak step ups dengan beban

verywellfit.com

Cara mengecilkan paha dan pinggul selanjutnya adalah step ups. Gerakan ini mudah dilakukan di rumah dengan ataupun tanpa peralatan.

Nah, alat yang bisa kamu pakai itu adalah beban di tangan. Naiklah ke papan dengan kaki kanan, tekan tumit untuk meluruskan kaki kanan.

Dekatkan kaki kiri sampai bertemu dengan kaki kanan di puncak tangga. Lalu, tekuk lutut kanan dan mundurlah dengan kaki kiri.

Sementara itu, kaki kanan diturunkan sampai bertemu dengan kaki kiri. Begitu seterusnya. 

7. Coba posisi side-lying leg raises

healthline.com

Side-lying leg raises mungkin merupakan latihan yang paling terbaik untuk membakar lemak di pinggul dan paha. Cara ini bisa menjadi latihan yang tak banyak dilakukan, tetapi perlu gerakan yang cermat. 

Caranya adalah dengan berbaring miring dengan lutut ditekuk dan kaki rata di lantai. Setelah itu, angkat salah satu kaki ke atas dan turunkan kembali sampai sekitar 10 sampai 12 kali. 

8. Perbanyak gerakan jump squats

formandfitness.com

Kalau kamu mencari cara mengecilkan paha yang mudah lainnya, cobalah jump squats. Gerakan ini akan bagus untuk membentuk paha dan pinggul. Caranya pun mudah dan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. 

Caranya, berdirilah dengan kedua kaki dibuka lebar selebar bahu. Setelah itu, lutut harus terkunci dan tumit menyentuh lantai.

Pertahankan tubuh supaya tetap tegak, jangan melompat dulu. Jongkok sampai paha sejajar dengan lantai, lalu barulah lompat setinggi mungkin. 

9. Lebih banyak naik turun tangga

fitbit.com

Banyak orang yang tak suka untuk naik turun tangga. Padahal, gerakan yang sering dianggap sepele ini bisa menjadi latihan yang baik untuk paha dan pinggul. Bahkan, bukan hanya paha dan pinggul saja, seluruh tubuh juga akan mendapatkan manfaatnya. 

Naik turun tangga itu akan mengencangkan dan mengubah bentuk pinggul dan paha. Semua otot penting di tubuh juga akan merasakan manfaatnya. Baik di rumah ataupun di tempat lainnya, kamu bisa melakukan gerakan naik turun tangga. 

10. Cobalah high intensity interval training

ispo.com

Cara mengecilkan pinggul yang terakhir adalah high intensity interval training (HIIT). Maksudnya, kamu perlu melakukan latihan dengan intensitas lebih tinggi seperti treadmill dan semacamnya. 

Sebab, latihan yang berintensitas tinggi itu akan membentuk pinggul dan paha. Gerakannya yang intensif juga akan menggunakan seluruh otot di tubuh, utamanya bagian kaki. 

Kamu bisa melakukan cara mengecilkan paha dan pinggul di atas setiap hari atau pada hari-hari tertentu secara konsisten. Jangan lupa dipraktikkan dan lihat perubahannya ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Health