Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Jangan Anggap Sepele, Ini 8 Bahaya Tidur Terlalu Lama 

Bisa menyebabkan kematian.

Popbela.com

Kita tahu bahwa kurang tidur dapat memberikan dampak buruk. Namun, terlalu banyak tidur juga sama bahayanya. Itu dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Berikut adalah bahaya dan dampak tidur terlalu lama.

1. Berat badan naik

greatlist.com

Tidur terlalu lama berdampak pada bagaimana tubuh menyimpan lemak. Sebuah studi menunjukkan kelebihan tidur dapat menaikkan berat badan. Data penelitian mengungkapkan, mereka yang tidur lebih dari 10 jam setiap malamnya berisiko mengalami obesitas.

2. Sakit kepala

Freepik.com/@katemangostar

Tidur terlalu lama dapat memicu sakit kepala dan migrain. Fenomena ini disebabkan oleh adanya gangguan pada neurotransmiter. Kamu pun akan merasakan sakit kepala saat bangun di pagi hari setelah tidur dalam waktu lama.

3. Sakit punggung

cloudfront.net

Jika kamu sering sakit punggung, tidur terlalu lama dapat memperparah gejalanya. Berbaring dalam jangka waktu tertentu, terutama jika posisinya tidak bagus, dapat menyebabkan otot kaku dan meningkatkan rasa sakit.

4. Penuaan dini

everydayhealth.com

Tidur berlebihan dapat menyebabkan otak menua dengan lebih cepat. Akibatnya, konsentrasi dan kemampuan dalam mengingat akan berkurang. Pada akhirnya, itu akan memengaruhi kamu dalam mengerjakan tugas sehari-hari dan meningkatkan risiko terkena gangguan degeneratif.

5. Penyakit jantung dan diabetes

Beberapa studi menunjukkan bahwa tidur 9-11 jam setiap malamnya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 28%. Tidak hanya itu, kelebihan tidur juga meningkatkan risiko kematian akibat sakit jantung hingga 34%.

Terlalu banyak tidur juga dapat membuat gula darah naik. Bersama dengan gaya hidup sedentari dan berat badan meningkat, kamu berisiko terkena diabetes tipe 2.

6. Depresi

Chicago.suntimes.com

Tidur berlebihan dapat memperparah depresi. Secara keseluruhan, orang-orang yang tidur lebih dari 10 jam di malam hari, memiliki skor rendah untuk kesejahteraan mental. Terapkan pola tidur yang sehat untuk membantu mengurangi gejala depresi.

7. Kelelahan

Pexels.com/Úrsula Madariaga

Terlalu banyak tidur bisa membuat kelelahan. Ini dapat memberikan konsekuensi negatif pada semua aspek kehidupan karena dapat memperburuk suasana hati, mengganggu kemampuan kognitif, dan meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan karena tidak fokus.

8. Kematian

Pexels.com/Pixabay

Studi epidemiologi telah menunjukkan hubungan kuat antara terlalu banyak tidur dan kematian dini. Menurut para peneliti, ini karena tidur berlebihan meningkatkan inflamasi yang berpengaruh pada penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Itulah 8 dampak dan bahaya tidur terlalu lama. Perhatikan jam tidur kamu ya, Bela. Jangan sampai kurang dan berlebihan!

IDN Media Channels

Latest from Health