Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Jaga Pola Makan! Ini 8 Tips Diet Sehat Agar Tubuh Tetap Bugar

Diet sehat agar tubuh nggak kekurangan nutrisi

Aisyah Banowati

Ada banyak alasan untuk seseorang memulai diet, biasanya dengan tujuan ingin mengurangi berat badan dan mencapai bentuk tubuh ideal. Namun nyatanya, banyak program diet yang gagal atau berhenti di tengah jalan, terutama bagi orang-orang yang sibuk dengan jadwal yang padat.

Masalah yang seringkali dihadapi adalah tidak adanya waktu untuk menjaga pola makan agar tetap teratur dan bergizi seimbang. Merangkum dari berbagai sumber, agar diet kamu tetap sehat dan tubuh tetap bugar, simak tips diet di bawah ini, yuk!

1. Yuk, sarapan!

unsplash.com/shootdelicious

Memilih untuk diet bukan berarti kamu harus meninggalkan waktu sarapan. Sebelum beraktifitas tubuh membutuhkan energi, lewat sarapan yang bergizi kamu akan membantu tubuh memenuhi nutrisi yang dibutuhkan. Manfaat lainnya, sarapan akan membantu menjaga hawa nafsu agar tidak berlebihan saat jam makan siang.

2. Konsumsi air putih yang cukup

istockphoto.com/fizkes

Pola makan yang sehat kurang lengkap jika tubuh kekurangan asupan air. Pada orang dewasa, tubuh membutuhkan—setidaknya—delapan gelas berukuran 230 ml perhari. Asupan air yang cukup akan membantu melindungi diri dari dehidrasi. Ketika dehidrasi, tubuh cenderung mengirimkan sinyal lapar yang keliru. Inilah yang membuat seseorang kerap makan banyak sehingga membuat porsi makannya tidak teratur tanpa disadari.

3. Jaga pola makan dengan makan tepat waktu

unsplash.com/ferhadd

Pedoman gizi seimbang merupakan salah satu kunci yang bisa kamu terapkan untuk memiliki pola makan yang sehat. Kamu perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung sumber karbohidrat ditambah dengan lauk pauk sumber lemak dan protein dalam jumlah yang sesuai. 

Selalu cermati jenis makanan, porsi dan waktu makan, serta keamanan kebersihan pangan. Pilih jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein dan lemak sehat yang dibutuhkan tubuh. Tidak lupa, asupan serat dan vitamin dari sayuran serta buah-buahan juga penting untuk memperlancar pencernaan dan mendukung daya tahan tubuh.

4. Hindari makan berlebihan

unsplash.com/spencerdavis

Meski yang kamu makan adalah makanan sehat bergizi seimbang, jangan lupa untuk menjaga porsinya agar tidak berlebihan. Makanlah secukupnya dan berhenti ketika sudah merasa 80% kenyang. 

Makan berlebihan dapat membawa dampak negatif pada tubuh, seperti peningkatan lemak, mengganggu keseimbangan hormon ghrelin dan hormon leptin pada tubuh, hingga meningkatkan risiko penyakit terutama pada pencernaan.

5. Tingkatkan asupan protein ke dalam tubuh

Protein akan membantu kamu mempertahankan massa otot dan membantu meningkatkan jumlah kalori yang kamu bakar setiap harinya. Selain itu, makanan yang mengandung tinggi protein seperti produk susu, kacang, hingga daging tanpa lemak akan membantu kamu merasa kenyang lebih lama.

6. Kurangi lemak dan minyak dalam makanan

Meski sedang masa diet, tubuh tetap membutuhkan lemak. Namun, jangan sampai mengkonsumsi lemak berlebih serta memilih jenis yang salah. Selain meningkatkan risiko obesitas, stroke dan penyakit jantung, konsumsi lemak trans berlebih sangat berbahaya. Biasakan untuk memeriksa label makanan dan kurangi konsumsi makanan olahan, cepat saji dan gorengan.

7. Kurangi konsumsi garam

Mengkonsumsi garam berlebih dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh yang menjadi faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke. Untuk mendapatkan hidup yang lebih sehat, konsumsi garam secukupnya—batas yang direkomendasikan WHO yaitu 5 gram per hari. Di sisi lain, biasakan untuk periksa label makanan dan pilih produk dengan kandungan natrium yang rendah.

8. Perhatikan konsumsi gula pada tubuh

unsplash.com/rodlong

Bukan hanya memperbesar risiko gigi berlubang, terlalu banyak memakan gula dapat membantu meningkatkan berat badan. Secara tidak sadar, banyak makanan yang menyimpan jumlah gula yang sangat tinggi dan berbahaya.

Contohnya, pada satu kaleng minuman soda terdapat 10 sendok teh gula tambahan sebagai pemanis. Padahal, pada kondisi normal American Heart Association (AHA) merekomendasikan 24 gram atau 6 sendok teh untuk perempuan dewasa per hari. 

Itulah beberapa tips menjaga diet untuk kamu yang ingin tubuh tetap bugar sehingga tidak mempengaruhi aktivitas lainnya. Sudah berhasil mencobanya, Bela?

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Health