Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Cara Menghilangkan Uban Sampai ke Akarnya Secara Alami

Tanpa harus disemir

Nafi' Khoiriyah

Seiring bertambahnya usia, rambut akan mengalami perubahan warna. Hasilnya, akan muncul rambut beruban berwarna putih atau abu-abu.

Bagi beberapa orang, hal itu mungkin tidak menjadi masalah. Namun, beberapa orang lainnya ingin menyamarkan rambut yang beruban supaya tampak lebih muda.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan uban sampai ke akarnya. Mulai dari mengubah kebiasaan sampai memakai berbagai bahan alami.

Untuk mengetahui lebih jelas, berikut 10 cara menghilangkan rambut beruban yang dirangkum Popbela.com. Simak yuk, Bela!

1. Mengonsumsi vitamin yang cukup

unsplash.com/Kateryna Hliznitsova

Cara menghilangkan uban sampai ke akarnya yang pertama adalah dengan memenuhi kebutuhan vitamin yang dibutuhkan rambut.

Vitamin yang dibutuhkan tersebut di antaranya adalah vitamin B terutama B12, vitamin D, vitamin E, dan vitamin A. Sebab, jika tubuh tidak mendapatkan vitamin yang cukup, maka kamu mungkin akan memiliki uban di usia yang lebih muda.

2. Berhenti merokok

unsplash.com/lilartsy

Penelitian menunjukkan hubungan antara kemunculan uban yang lebih dini dengan kecanduan merokok. Hasilnya menunjukkan bahwa merokok bisa menyebabkan seseorang beruban sejak usia 20-an tahun. Selain itu, merokok juga dapat merusak dan mengecilkan folikel rambut. 

3. Berhenti melakukan perawatan yang merusak rambut

unsplash.com/Adam Winger

Cara menghilangkan uban sampai ke akarnya selanjutnya adalah dengan menghentikan perawatan rambut tertentu yang bisa merusak rambut. Beberapa jenis perawatan yang bisa merusak rambut tersebut adalah bleaching, memakai alat pengeriting atau pengering rambut terlalu sering, dan terlalu sering mencuci rambut. 

4. Memakai minyak kelapa

pexels.com/Towfiqu barbhuiya

Jika kamu sudah mengurangi kebiasaan yang menjadi penyebab munculnya uban, selanjutnya kamu bisa melakukan perawatan alami untuk menghilangkannya. Cara memakai minyak kelapa untuk menghilangkan uban adalah dengan memakainya setiap hari.

Saat sebelum tidur, kamu bisa memijat minyak kelapa ke dalam rambut dan kulit kepala. Lalu, diamkan sampai keesokan harinya. Setelah itu, barulah kamu bisa mencuci rambut seperti biasa. 

5. Memakai bawang bombai

pexels.com/Karolina Grabowska

Selanjutnya, bahan alami yang bisa menghilangkan uban sampai ke akarnya adalah bawang bombai. Caranya, kamu hanya perlu menghaluskan bawang bombai dengan blender, lalu saring hingga tersisa jusnya.

Nah, kamu bisa menggosokkan jus tersebut ke kulit kepala selama 2 kali seminggu. Setelah dioleskan, biarkan selama 30 menit kemudian keramas seperti biasa. 

6. Memakai daun kari

unsplash.com/Jordan Ling

Daun kari memiliki kandungan vitamin B yang bisa mengembalikan pigmen melamin di folikel rambut. Daun ini juga menjadi sumber beta-karoten yang bisa mencegah rambut rontok.

Cara memakainya adalah dengan merebus secangkir daun kari dengan secangkir minyak hingga warnanya hitam. Setelah itu, dinginkan, saring, dan simpan. Pakailah untuk memijat rambut selama 2-3 kali seminggu.

7. Memakai minyak almond dan lemon

unsplash.com/Hayley Maxwell

Minyak almond memiliki vitamin E yang begitu bermanfaat bagi rambut. Kandungan tersebut bisa memelihara akar rambut dan mencegah keluarnya uban lebih dini. Sementara lemon, bisa membantu pertumbuhan rambut yang sehat.

Cara memakainya adalah dengan mencampurkan bersama antara minyak almond dan jus lemon dengan perbandingan 2:3. Setelah itu, pijat di kulit kepala dan rambut. Setelah 30 menit, cuci bersih rambut.

8. Memakai biji amla dan methi

unsplash.com/Dileesh Kumar

Biji amla dan methi merupakan solusi untuk rambut beruban. Amla atau gooseberry India ialah sumber vitamin C yang sudah digunakan dalam Ayurveda untuk mengatasi semua masalah rambut. Sementara biji fenugreek atau methi bisa membantu pertumbuhan rambut. 

Cara memakainya adalah dengan menambahkan 6-7 buah amla ke dalam 3 sendok makan minyak kelapa, zaitun, atau almond. Didihkan selama beberapa menit, lalu tambahkan 1 sendok makan bubuk methi. Dinginkan, saring, kemudian oleskan ke seluruh kulit kepala di malam hari. 

9. Pewarna rambut alami henna

pexels.com/Robert Stokoe

Berbeda dengan semir rambut, cara menghilangkan uban sampai ke akarnya secara alami adalah dengan memakai henna. Henna merupakan kondisioner dan pewarna alami yang bisa mengubah uban menjadi hitam. 

Caranya, campur bubuk pacar secukupnya ke dalam teh hitam atau kopi untuk membuat pasta dengan konsistensi mirip dengan yogurt. Setelah itu, tutup dan biarkan. Nah, kamu bisa mengoleskannya setelah 6 jam dengan mencampurkannya bersama minyak zaitun. 

10. Pewarna rambut lada hitam dan lemon

freepik.com/KamranAydinov

Selain henna, pewarna alami untuk menghilangkan uban sampai ke akarnya adalah dengan lada hitam. Lada hitam memiliki manfaat menjaga warna alami rambut dan bisa meningkatkan pertumbuhan rambut. 

Kamu bisa mencampurkan 1 sendok makan lada hitam yang sudah digiling dengan 1 sendok teh jus lemon segar ke dalam cangkir. Setelah itu, pijat rambut dengan campuran tersebut, biarkan selama 1 jam, kemudian bilas sampai bersih. 

Itulah 10 cara menghilangkan uban sampai ke akarnya yang bisa kamu coba. Sekarang, kamu tidak perlu lagi menyemir rambut karena bisa diatasi dengan bahan-bahan yang alami. 

Semoga bermanfaat ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Hair