Kunci memiliki tampilan kuku yang sehat dan bersinar adalah melakukan perawatan secara teratur. Mungkin kamu sudah familiar dengan berbagai jenis manicure dan pedicure yang kini tersedia di salon kuku favorit, padahal selain melakukan perawatan kuku di salon ada beberapa cara melakukan perawatan kuku di rumah lho.

Merawat kuku di rumah bisa menggunakan alat-alat serta bahan-bahan sederhana yang mudah didapatkan. Hasilnya, walaupun dilakukan sendiri dirumah tetap membuat tampilan kuku bisa terlihat sehat dan bersinar lho. Buat kamu yang ingin mencoba merawat kuku dirumah, ini dia 7 tips yang bisa kamu ikuti!

1. Mencuci Tangan dengan Menggunakan Sabun

7 Tips Perawatan Kuku yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah healthline.com

Hal paling simpel yang bisa dilakukan untuk merawat kuku adalah dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun anti bakteri. Dengan rutin mencuci tangan, kita menjaga agar kuku tidak dihinggapi bakteri yang berbahaya baik untuk kuku atau untuk kulit.

Apabila kamu khawatir kulit tangan menjadi kering karena sering mencuci tangan dengan sabun anti bakteri, gunakan hand cream setelah selesai mencuci tangan untuk melembapkan kembali kulit tangan.   

2. Memotong Kuku

7 Tips Perawatan Kuku yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah womenshealthmagazine.com

Memotong kuku juga bisa kita lakukan sendiri dirumah untuk memastikan jari-jari dan kuku bebas dari kotoran. Disarankan untuk memotong kuku secara rutin sebulan 2 kali setelah mandi agar lebih mudah dipotong.

Selain itu, disarankan juga alat pemotong kuku yang digunakan bukan alat pemotong yang digunakan bergantian dengan orang lain. Ini perlu diperhatikan untuk menghindari penularan risiko infeksi bakteri, jamur kuku dan kotoran yang menempel.

3. Mengeringkan Kuku dengan Cara yang Benar

7 Tips Perawatan Kuku yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah drweil.com

Setelah mencuci tangan dan juga memotong, jangan lupa untuk membilas lagi kuku untuk memastikan kebersihannya. Setelah selesai jangan lupa mengeringkan kuku dengan handuk bersih sehingga air tidak membuat kuku menjadi lunak dan mengurangi risiko terjadinya infeksi pada jari-jari tangan atau kaki.

4. Berhati-hati Memilih Cat Kuku

7 Tips Perawatan Kuku yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah more.com

Sering mengecat kuku ternyata juga memiliki risiko membuat kuku lebih rapuh dan tipis. Walaupun menggunakan cat kuku membuat tampilan kuku menjadi lebih menarik, tetap saja ada risikonya.

Sebagai saran, pilihlah produk cat kuku yang berkualitas dan dari brand terpercaya. Selain itu, untuk mencegah kuku menjadi rusak atau rapuh, kamu bisa menggunakan cat kuku yang berbahan dasar air (water-based) dan menggunakan pembersih kuku dengan kandungan non-aseton yang bisa mengeringkan kuku dan menghilangkan kilaunya.

5. Jangan Menggigit Kuku

7 Tips Perawatan Kuku yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah self.com

Secara tidak sadar, seringkali kita menggigit kuku. Hati-hati, menggigit kuku bisa memindahkan bakteri dari kuku ke mulut lho! Selain itu kebiasaan menggigit kuku dapat merusak bagian dasar kuku dan menyebabkan luka-luka kecil di jari-jari tangan. Oleh karena itu, yuk coba hilangkan kebiasaan menggigit kuku perlahan!

6. Konsumsi Suplemen Mengandung Biotin

7 Tips Perawatan Kuku yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah womenshealthmagazine.com

Selain merawat kuku secara langsung, mengonsumsi suplemen khusus juga bisa membantu agar kuku tetap sehat. Suplemen mengandung biotin dipercaya dapat membuat kuku dan rambut lebih sehat.

Tetapi untuk konsumsi suplemen mengandung biotin ini, kamu perlu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada alergi atau kontra dengan suplemen lain, dan untuk ibu hamil, suplemen mengandung biotin tidak disarankan ya, Bela.

7. Tidak Menarik Kulit di Pinggir Kuku

7 Tips Perawatan Kuku yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah cnd.com

Terakhir, kamu harus mengurangi kebiasaan menarik kulit di pinggir kuku keluar. Kulit di pinggir kuku yang tampak keluar sering disebut dengan hangnails. Mungkin kita sering merasa risih dengan hangnails, tetapi apabila ini kamu tarik berisiko merusak jaringan kulit yang berakibat menjadi bengkak, luka bahkan infeksi.

Itu tadi 7 tips merawat kuku di rumah yang bisa kamu coba. Selain tips, ada juga beberapa kebiasaan yang harus dihindari nih, Bela. Selamat mencoba!