Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara agar Rambut Tidak Mengembang, Mudah dan Efektif!

Nggak perlu risau

Nafi' Khoiriyah

Sebagian orang telah diberkati dengan rambut yang lurus dan mudah diatur. Namun, ada banyak orang yang mengalami permasalahan rambut mengembang dan kusut. 

Meskipun terkesan sepele, tetapi memiliki rambut yang mengembang bisa membuat mood menjadi buruk. Sebab, rambut yang mengembang akan sulit diatur dan mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya, kamu perlu mencari cara agar rambut tidak mengembang

Berikut Popbela.com telah merangkum cara mengatasi rambut mengembang supaya lebih mudah diatur. 

1. Keramas secara rutin

pexels.com/Armin Rimoldi

Cara agar rambut tidak mengembang yang pertama adalah dengan keramas secara rutin. Sebab, kulit kepala menghasilkan minyak alami yang memberikan kelembapan pada rambut.

Saat keramas itulah minyak yang ada pada rambut akan terbasuh dan menjadikan rambut kering. Maka dari itu, kamu tidak perlu keramas setiap hari karena hanya cukup 3-5 kali saja selama seminggu. 

Semakin sering mencuci rambut, maka rambut akan menjadi mengembang karena terlalu kering. Namun, perhatikan juga jenis rambutmu karena setiap orang bisa berbeda-beda. 

2. Gunakan kondisioner

pexels.com/Polina Tankilevitch

Selain sampo, kondisioner juga penting untuk menjaga rambut supaya tidak mengembang dan tidak kering. Namun, kamu perlu memilih produk yang melembapkan untuk menghaluskan rambut dan mengurangi volume rambut. 

Hindari produk sampo dan kondisioner yang bisa meningkatkan volume rambut karena akan memperparah rambut yang kusut. Hindari menggunakan produk yang mengandung sulfat karena bisa membuat rambut makin kering. 

3. Bilas rambut dengan air dingin

pexels.com/RODNAE Productions

Membilas rambut dengan air dingin bisa menjadi cara agar rambut tidak mengembang. Sebab, air dingin bisa membersihkan kutikula rambut yang akan membuat rambut tetap lembap dan halus berkilau. 

Setelah itu, seka rambut dengan menggunakan handuk. Tetapi, jangan kamu remas atau gosok rambut dengan kasar karena hanya akan membuat rambut makin rontok. Biarkan rambut mengering secara alami secara bertahap agar tidak mengembang. 

4. Oleskan cuka apel

pexels.com/Rosana Solis

Salah satu bahan yang bisa kamu pakai untuk mengatasi rambut mengembang adalah cuka apel. Sebab, jika kondisi rambut terlalu basa bisa membuat kutikula rambut semakin mengembang. 

Nah, cuka apel bermanfaat mengembalikan keasaman rambut dan membuat rambut lebih bersinar. Kamu bisa menggunakannya dengan menuangkan sedikit cuka apel ke dalam segelas air, kemudian bilas rambut dan diamkan selama 1-3 menit. Setelah itu, bilas dengan air yang sejuk. 

5. Gunakan sikat khusus untuk rambut anak

pexels.com/Xavier Messina

Cara agar rambut tidak mengembang bisa dengan menggunakan sikat khusus untuk menghilangkan kusut. Sifatnya yang elastis juga bisa menjauhkan rambut dari kerusakan. Namun, pastikan rambut dalam kondisi kering dan jangan menyisir saat rambut basah. 

6. Kurangi penggunaan hair dryer dan catokan

pexels.com/Element5 Digital

Menggunakan alat perawatan rambut seperti hair dryer dan catokan bisa membuat rambut makin mengembang. Bukan hanya rambutnya saja, kulit kepala pun akan menjadi rusak jika terpapar panas secara terus-menerus. 

Alih-alih menggunakan catokan atau hair dryer bersuhu tinggi, kamu bisa mengeringkan rambut dengan menggunakan kipas angin atau hair dryer bersuhu rendah. Kalaupun memakai hair dryer ataupun catokan, pastikan untuk mengoleskan produk yang melindungi rambut dari suhu panas.

7. Gunakan produk bebas alkohol

pexels.com/Polina Tankilevitch

Cara agar rambut tidak mengembang yang terakhir adalah dengan menggunakan produk perawatan rambut yang bebas alkohol. Tak banyak yang tahu, kebanyakan hair spray yang kita gunakan memiliki kandungan alkohol yang tinggi. 

Hal itu bisa menyebabkan kutikula membengkak dan membuat rambut menjadi kering. Jika sudah seperti itu, rambut pun akan terlihat kusut dan menjadi mengembang. Mulai sekarang, pilihlah produk yang bisa mengurangi rambut kusut yang bebas alkohol. 

Itulah 7 cara agar rambut tidak mengembang yang bisa kamu lakukan supaya penampilanmu lebih rapi dan tertata. Bye-bye bad hair day!

IDN Media Channels

Latest from Hair