Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

40 Ayat Alkitab tentang Patah Hati Ini, Bikin Lebih Cepat Move On!

Pulihkan patah hati dengan firman Tuhan.

Roselinda

Patah hati adalah risiko dari jatuh cinta. Ketika kita memutuskan untuk menjalin hubungan cinta dengan seseorang, kita pun harus tahu bahwa hubungan tak selamanya berakhir dengan ending yang menyenangkan. Terkadang hubungan yang dijalani tidak sesuai harapan dan berujung pada patah hati.

Merasakan kesedihan akibat patah hati adalah hal yang wajar. Tak masalah jika ingin bersedih dan menangis. Namun, jangan sampai kamu larut terlalu lama dalam kesedihan karena patah hati. Kamu harus tetap bangkit dan move on.

Kalau sampai saat ini kamu masih merasa sulit move on dari patah hati yang kamu alami di masa lalu, sejumlah kumpulan ayat Alkitab ini bisa menjadi penyegar untuk bangkit dari kesedihan karena patah hati.

1. Ayat Alkitab tentang Patah Hati

unsplash.com/Anthony Tran

Kisah cinta setiap orang memiliki akhir yang berbeda-beda. Ada yang berakhir bahagia di pelaminan, tapi ada juga yang mengalami kegagalan meskipun sudah menjalin hubungan bertahun-tahun. Kalau kamu merupakan salah seorang yang mengalami patah hati karena putus cinta atau cinta tak berbalas, sejumlah ayat Alkitab ini mengatakan bahwa patah hati adalah suatu hal yang tak perlu disesali dan mungkin dialami oleh sejumlah orang.

Ulangan 31:8

Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.

Amsal 18:14

Orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya, tetapi siapa akan memulihkan semangat yang patah?

Ayub 17:1

Semangatku patah, umurku telah habis, dan bagiku tersedia kuburan.

Amsal 15:4

Lidah lembut adalah pohon kehidupan, tetapi lidah curang melukai hati.

Ratapan 3:4

Ia menyusutkan dagingku dan kulitku, tulang-tulangku dipatahkan-Nya.

Yesaya 19:10

Mereka yang menenun akan remuk hatinya, segala pekerja upahan akan bersedih hati.

Yeremia 49:35

Beginilah firman TUHAN semesta alam: "Sesungguhnya, Aku mematahkan busur Elam, yakni inti kekuatannya."

Amsal 12:16

Bodohlah yang menyatakan sakit hatinya seketika itu juga, tetapi bijak, yang mengabaikan cemooh.

Amsal 19:21

Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan Tuhanlah yang terlaksana.

Kejadian 29:31

Ketika TUHAN melihat, bahwa Lea tidak dicintai, dibuka-Nyalah kandungannya, tetapi Rahel mandul.

2. Ayat Alkitab untuk Memulihkan Diri dari Patah Hati

unsplash.com/Ben White

Kesdihan yang disebabkan oleh patah hati akan membuat pikiran kalut dan hati pun menjadi sesak. Jika kamu berada dalam kondisi ini terus menerus, tentu saja ini tidak akan baik untuk kehidupan sehari-harimu.

Apabila kamu merasa tidak sanggup mengenyahkan perasaan sedih karena patah hati, mintalah kepada Tuhan untuk membantumu. Ayat-ayat Alkitab ini bisa memberimu kekuatan untuk pulih dari patah hati yang tak berkesudahan.

Yesaya 41:10

Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

Mazmur 37:4

Dan bergembiralah karena Tuhan; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu.

Mazmur 55:23

Serahkanlah kuatirmu kepada Tuhan, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah.

Mazmur 62:9

Percayalah kepada-Nya setiap waktu, hai umat, curahkanlah isi hatimu di hadapan-Nya; Allah ialah tempat perlindungan kita.

Filipi 4:13

Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

Mazmur 37:17

Sebab lengan orang-orang fasik dipatahkan, tetapi Tuhan menopang orang-orang benar.

Imamat 24:20

Patah ganti patah, mata ganti mata, gigi ganti gigi; seperti dibuatnya orang lain bercacat, begitulah harus dibuat kepadanya.

Yesaya 26:3

Yang hatinya teguh Kaujagai dengan damai sejahtera, sebab kepada-Mulah ia percaya.

Mazmur 147:3

Ia menyembuhkan orang-orang yang patah hati dan membalut luka-luka mereka.

Amsal 17:22

Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.

3. Ayat Alkitab untuk Berserah pada Tuhan yang Mengobati Patah Hati

unsplash.com/Eugene Zhyvchik

Kunci untuk benar-benar bangkit dari patah hati adalah berserah. Ya, kepada siapa lagi kamu akan berserah selain kepada Tuhan? Pasrahkan segala sesak yang kamu rasakan kepada Tuhan. Biarkan Tuhan menjamah hatimu untuk mengobati rasa sakit yang selama ini kamu rasakan. Dengarkan Tuhan berfirman untuk mempercayakan segala sakit hatimu kepada-Nya melalui ayat-ayat Alkitab ini.

Amsal 3:5-6

Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.

Mazmur 34:19

Tuhan itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.

Yohanes 14:27

Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu. 

Matius 11:28

Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

1 Korintus 10:13

Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Wahyu 21:4

Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu.

Yehezkiel 36:26

Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.

Mazmur 71:20

Engkau yang telah membuat aku mengalami banyak kesusahan dan malapetaka, Engkau akan menghidupkan aku kembali, dan dari samudera raya bumi Engkau akan menaikkan aku kembali.

Mazmur 34:18

Apabila orang-orang benar itu berseru-seru, maka Tuhan mendengar, dan melepaskan mereka dari segala kesesakannya.

Yesaya 57:15

Sebab beginilah firman Yang Mahatinggi dan Yang Mahamulia, yang bersemayam untuk selamanya dan Yang Mahakudus nama-Nya: ”Aku bersemayam di tempat tinggi dan di tempat kudus tetapi juga bersama-sama orang yang remuk dan rendah hati, untuk menghidupkan semangat orang-orang yang rendah hati dan untuk menghidupkan hati orang-orang yang remuk."

Matius 11:28-29

Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.

Nahum 1:7

TUHAN itu baik; Ia adalah tempat pengungsian pada waktu kesusahan; Ia mengenal orang-orang yang berlindung kepada-Nya

Mazmur 19:9

Titah TUHAN itu tepat, menyukakan hati; perintah TUHAN itu murni, membuat mata bercahaya.

4. Ayat Alkitab Agar Tidak Mengalami Patah Hati Lagi

unsplash.com/Erik Mclean

Perasaan sedih yang ditimbulkan oleh patah hati membuat kita tidak ingin mengulanginya lagi. Agar tidak terjatuh dalam kesalahan yang sama, baca sejumlah ayat Alkitab yang dapat mencegah kita untuk tidak mengalami patah hati lagi.

Ayub 5:2

Sesungguhnya, orang bodoh dibunuh oleh sakit hati, dan orang bebal dimatikan oleh iri hati.

Ibrani 4:16

Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.

Matius 6:33-34

Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.”

Pengkhotbah 3:4

Ada waktu untuk menangis, ada waktu untuk tertawa; ada waktu untuk meratap; ada waktu untuk menari.

Amsal 15:4

Lidah lembut adalah pohon kehidupan, tetapi lidah curang melukai hati.

Amsal 21:23

Siapa memelihara mulut dan lidahnya, memelihara diri dari pada kesukaran.

Ibrani 13:6

Sebab itu dengan yakin kita dapat berkata: ”Tuhan adalah Penolongku. Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?”

Itulah kumpulan ayat Alkitab tentang patah hati yang bisa kamu baca dan resapi agar lebih tenang dan cepat move on.

IDN Media Channels

Latest from Single