Sebuah pernikahan menyatukan dua orang yang saling mencintai. Di awal pernikahan, semua hal tentu terasa indah, namun seiring berjalannya waktu masalah kerap muncul dalam pernikahan. Itu semua adalah hal yang wajar, karena yang terpenting adalah bagaima kamu dan pasangan menyikapi setiap permasalahan yang ada.

Sebagai bahan renungan kamu dan pasangan, ada banyak kumpulan ayat dalam Alkitab yang mengajarkan kita tentang pernikahan. Scroll ke bawah, ya, Bela.

1. Tentang kemuliaan dalam pernikahan

Ajarkan Cinta Kasih, Ini 30 Ayat Alkitab Tentang PernikahanPexels.com/Emma Bauso

Amsal 19:14:

Rumah dan harta adalah warisan nenek moyang, tetapi isteri yang berakal budi adalah karunia TUHAN

1 Korintus 7:3

Hendaklah suami memenuhi kewajibannya terhadap isterinya, demikian pula isteri terhadap suaminya. 

Amsal 31:10

Isteri yang cakap siapakah akan mendapatkannya? Ia lebih berharga dari pada permata. 

Matius 19:4-6

Jawab Yesus: “Tidakkah kamu baca, bahwa Ia yang menciptakan manusia sejak semula menjadikan mereka laki-laki dan perempuan? Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.” 

Ibrani 13:4

Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah. 

Ajarkan Cinta Kasih, Ini 30 Ayat Alkitab Tentang Pernikahanunsplash.com/Shardayyy Photography

Kejadian 2:22-24

Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu. Lalu berkatalah manusia itu: “Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki.”Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging. 

Kolose 3:14

Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan. 

Efesus 5:25

Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya. 

1 Petrus 3:7

Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang. 

1 Korintus 7:14

Karena suami yang tidak beriman itu dikuduskan oleh isterinya dan isteri yang tidak beriman itu dikuduskan oleh suaminya. Andaikata tidak demikian, niscaya anak-anakmu adalah anak cemar, tetapi sekarang mereka adalah anak-anak kudus. 

2. Ayat Alkitab tentang pentingnya menjaga pernikahan

Ajarkan Cinta Kasih, Ini 30 Ayat Alkitab Tentang PernikahanPexels.com/Trung Nguyen

Ibrani 13:4

Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah.

Kolose 3:14

Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.

Efesus 4:2-3

Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu. Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera.

Pengkhotbah 4:12

Dan bilamana seorang dapat dialahkan, dua orang akan dapat bertahan. Tali tiga lembar tak mudah diputuskan.

2 Korintus 6:14

Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?

3. Cinta kasih dalam pernikahan

Ajarkan Cinta Kasih, Ini 30 Ayat Alkitab Tentang PernikahanUnsplash.com/Anton Mislawsky

1 Petrus 4:8

Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa.

Kolose 3:15

Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.

2 Korintus 6:14

Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?

Kidung Agung 2:16

Kekasihku kepunyaanku, dan aku kepunyaan dia yang menggembalakan domba di tengah-tengah bunga bakung.

Yohanes 15:12

Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. 

Ajarkan Cinta Kasih, Ini 30 Ayat Alkitab Tentang PernikahanPexels.com/Kha Ruxury

Kolose 4:6

Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar, sehingga kamu tahu, bagaimana kamu harus memberi jawab kepada setiap orang.

Amsal 20:6-7

Banyak orang menyebut diri baik hati, tetapi orang yang setia, siapakah menemukannya? Orang benar yang bersih kelakuannya –berbahagialah keturunannya. 

Kolose 3:12

Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran.

Kidung agung 2:7

Kusumpahi kamu, puteri-puteri Yerusalem, demi kijang-kijang atau demi rusa-rusa betina di padang: jangan kamu membangkitkan dan menggerakkan cinta sebelum diingininya!

Efesus 5:33

Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah istrimu seperti dirimu sendiri dan istri hendaklah menghormati suaminya.

4. Hal-hal yang perlu dihindari dalam pernikahan

Ajarkan Cinta Kasih, Ini 30 Ayat Alkitab Tentang PernikahanPexels.com/Jin Wedding

1 Tesalonika 4:3-5

Karena inilah kehendak Allah: pengudusanmu, yaitu supaya kamu menjauhi percabulan, supaya kamu masing-masing mengambil seorang perempuan menjadi istrimu sendiri dan hidup di dalam pengudusan dan penghormatan, bukan di dalam keinginan hawa nafsu, seperti yang dibuat oleh orang-orang yang tidak mengenal Allah.

1 Korintus 7:1-2

Dan sekarang tentang hal-hal yang kamu tuliskan kepadaku. Adalah baik bagi laki-laki, kalau ia tidak kawin, tetapi mengingat bahaya percabulan, baiklah setiap laki-laki mempunyai istrinya sendiri dan setiap perempuan mempunyai suaminya sendiri.

Markus 10:11

Lalu kata-Nya kepada mereka: ”Barangsiapa menceraikan istrinya lalu kawin dengan perempuan lain, ia hidup dalam perzinahan terhadap istrinya itu.

1 Petrus 3:7

Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan istrimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang.

Kolose 3:19

Hai suami-suami, kasihilah istrimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia.

 

Itulah kumpulan ayat Alkitab yang bicara soal pernikahan. Semoga bisa kamu resapi maknanya, ya, Bela.

Baca Juga: 20 Ayat Alkitab Tentang Persahabatan

Baca Juga: Gemas! 10 Potret Undangan Pernikahan Unik a la Artis Indonesia

Baca Juga: Berdarah Bali, 7 Artis Ini Menikah dengan Agama Hindu