Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Hal yang Harus Kamu Hentikan saat Merasa Bersalah pada Diri Sendiri

Kamu nggak egois, kok!

Hyrasti Kayana

Untuk menjadi egois itu nggak selamanya salah. Kadang ada waktunya memang kamu mementingkan keinginan kamu daripada orang lain. Jangan merasa bersalah atas hal itu. Nggak ada salahnya untuk melakukan yang terbaik untuk diri kamu sendiri kalau nggak merugikan orang lain, Bela. Kalau kamu melakukan beberapa hal ini, kamu nggak usah khawatir dan jangan merasa bersalah, ya!

Mempedulikan diri sendiri kamu sendiri adalah hal yang paling penting. Kamu harus menghargai apa saja yang telah kamu lakukan dan lewati untuk diri kamu sendiri. Kalau ada orang yang merugikanmu, kamu harus punya benteng yang kuat agar dia nggak bisa mudah mengusik hidupmu.

Saat kamu ditawari sesuatu yang nggak kamu inginkan kamu berhak untuk menolak. Kadang perasaan nggak enak untuk menolak adalah hal yang mengganjal. Bahkan kamu secara terpaksa mengiyakan permintaan seseorang. Untuk mengatakan nggak adalah sesuatu yang bisa kamu lakukan ketika kamu memang nggak menginginkannya, Bela. Kamu nggak perlu memkasakan diri untuk melakukan hal yang kamu nggak suka.

Kalau kamu adalah tipe orang yang ekspresif, kamu akan mudah mengekspresikan hal yang kamu rasakan. Tapi kadang ketika kamu merasa berlebihan untuk mengekspresikan sesuatu mungkin ada sedikit rasa bersalah. Kamu nggak perlu khawatir, Bela. Ketika itu sudah menjadi bagian dirimu, biarkanlah hal itu mengalir.

Masih banyak orang yang menganggap memakai makeup secara berlebihan adalah hal yang negatif. Kamu nggak usah menghiraukan itu. Ketika seseorang memakai makeup adalah hak pribadinya untuk merasa lebih percaya diri. Ketika makeup membuatmu lebih percaya diri dan senang, kamu nggak usah merasa bersalah akan hal itu.

Seseorang yang memiliki porsi makan banyak kadang akan mendapat ejekan-ejekan yang mengarah kalau dia nggak bisa menjaga berat badannya. Apalagi seorang perempuan, masih banyak yang menganggap kalau perempuan itu harus menjaga bentuk tubuhnya agar tetap langsing. Namun, kadang kalau seorang perempuan merasa sedih, ada yang melampiaskannya pada makanan.

Kamu nggak perlu khawatir atas pendapat negatif yang kamu terima dari orang lain selama nggak merugikan siapa pun. Lakukan segala hal yang kamu sukai untuk membuatmu senang. Lakukan apa yang kamu ingin untuk menghilangkan kepenatan atas masalahmu ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Single