Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Berikan 5 Pertanyaan Ini kalau Kamu Penasaran dengan Kepribadiannya

Buat dia menceritakan dirinya

Hyrasti Kayana

Ketika kamu mulai mengenal orang baru, teman, partner kerja, atau gebetan kamu, kadang kamu akan berpikir bagaimana personality-nya. Untuk sebagian orang mungkin mudah menebak bagaimana karakternya kalau mereka orang yang terbuka. Tapi bagaimana dengan seseorang yang tertutup? Mungkin kamu akan memakan waktu yang cukup lama untuk mengenal orang tersebut.

Tapi ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengenal seseorang lebih cepat. Salah satu caranya adalah dengan mengajukan pertanyaan terbuka seperti ini. Kamu bisa menanyakan pertanyaan sederhana yang bisa membuat mereka bercerita.

Mungkin pertanyaan ini akan terdengar personal namun tiap orang akan memberikan ekspresi yang berbeda tergantung kondisi keluarga yang mereka miliki. Kalau seseorang memiliki keluarga yang mungkin nggak harmonis dia akan menunjukkan sikap amarah. Atau mungkin sebaliknya, ketika hubungan dengan keluarganya harmonis dia akan senang menceritakannya.

Ketika kamu memberikan pertanyaan terbuka, peluang untuk mendapatkan jawabannya akan sangat luas. Kamu akan memancing seseorang untuk bercerita tentang pengalaman menarik yang pernah mereka lalui. Pada dasarnya seseorang akan menyukai ketika menceritakan apa yang dia suka. Dari jawaban mereka akan menunjukkan bagaimana karakter yang dia miliki. Apakah dia sosok yang datar, memiliki jiwa petualang, atau bahkan manja.

Pertanyaan ini akan terdengar lucu, namun mengetahui perspektif orang lain tentang hal-hal yang tabu dibicarakan akan menjadi menarik. Selain kamu bisa mengetahui pandangan orang lain, kamu juga bisa membaca karakter mereka saat memberikan pandangan mengenai ha-hal yang seperti ini. Ketika kamu memiliki topik pembicaraan yang menarik, interaksi yang kamu lakukan dengan lawan bicaramu akan semakin berkualitas, Bela.

Mungkin mengungkit masa lalu terdengar terlalu privat. Mungkin kamu bisa membuka diri kamu terlebih dahulu untuk memancing seseorang untuk bercerita. Menceritakan tentang diri sendiri terlebih dahulu akan lebih bisa membuka seseorang untuk juga membuka dirinya. Tapi kamu juga harus tahu momen di mana saatnya dia bercerita. Jangan sampai malah kamu jadi sibuk yang bercerita ya, Bela.

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengenal jauh seseorang juga dengan melihat pandangan orang lain. Saat kamu berbincang dengan orang lain kamu bisa membuatnya berpendapat tentang dirinya sendiri. Dari hal ini kamu juga bisa membuat seseorang akan sedikit lebih terbuka tentang dirinya. Walaupun mungkin dia akan menutupi kekurangannya, setidaknya kamu membuatnya berbicara tentang dirinya walaupun sedikit.

Mungkin pertanyaan-pertanyaan yang kamu tanyakan terdengar aneh. Tapi hal ini bisa membuat lawan bicaramu menjadi lebih menceritakan tentang dirinya. Kamu pun bisa menerka karakter seseorang ketika mereka bercerita. Dari saat bagaimana dia bercerita, gestur yang dia berikan, akan cukup banyak memberikanmu  petunjuk tentang karakter seseorang.

IDN Media Channels

Latest from Single