Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Hal Perlu Disadari Perempuan Jomblo Sebelum Punya Pasangan Lagi

Karena jomblo itu pilihan, kamu bisa menentukan

Fera Nur Aini

"Kapan aku punya pacar lagi?", "Kapan jodohku akan datang?", pertanyaan semacam ini mungkin selalu menghantuimu. Apalagi ketika teman-teman di lingkaranmu lebih banyak yang punya pasangan dibandingkan yang jomblo.

Jika kamu juga ingin segera punya tambatan hati, mungkin beberapa hal ini perlu kamu sadari terlebih dahulu. Terkadang kita sendiri yang membuat status jomblo itu langgeng, bukan karena jodoh yang tak kunjung datang.

1. Bermain aman akan melanggengkan kesendirian

Unsplash.com/Max Ilienerwise

Kamu sudah merasa melakukan beberapa hal tapi tak kunjung mendapatkan seseorang yang cocok? Mungkin karena kamu bermain aman, takut mencoba hal baru, dan tidak mau keluar dari zona nyaman.

Cobalah untuk menghadapi ketakutanmu, bukan dengan menghindarinya, tapi justru masuk ke dalam ketakutan itu. Barang kali itu hanya ketakutan yang kamu buat-buat sendiri dan justru membuatmu terus sendirian.

2. Bertemu orang yang salah itu wajar

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Jangan pernah punya keinginan akan langsung bertemu dengan Mr. Right begitu kamu mencoba menjalin hubungan dengan seseorang. Hampir di setiap hubungan yang terjalin, akan selalu ada "Mr. Not Right" dulu yang kita temukan.

Jadi jangan putus asa jika kamu ternyata masih terus bertemu dengan orang yang salah. Waktu yang akan mengantarmu pada orang yang tepat asal kamu mau belajar dari hubungan sebelumnya.

3. Menyalahkan laki-laki itu sia-sia

freepik.com/ branin

Menyalahkan kekurangannya akan terasa memuaskan ketika hubungan yang kamu coba jalin tidak berhasil. Tapi tidak akan baik untuk jangka panjang, kamu tidak akan belajar kesalahanmu sendiri.

Sadarilah bahwa kesalahan dalam hubungan yang dijalin dua orang pasti dihasilkan dari sesuatu yang timbal balik, tidak hanya satu pihak yang bisa disalahkan.

4. Tidak akan ada sosok yang cocok 100%

pexels.com/Jopwell

Ngobrol nyambung, tapi penampilannya kurang masuk di seleramu? Atau penampilannya oke, tapi kepribadiannya mengganggumu? Memang tidak akan ada yang sempurna, Bela. Kamu tidak bisa menerapkan standar tinggi untuk semua aspek.

Pilihlah aspek yang tidak bisa diganggu gugat, misalnya kamu paling nggak tahan dengan cowok yang nggak nyambung ngobrolnya. Ya sudah, pasang standar tinggi di obrolan saja, standar penampilan diturunkan.

5. Untuk hidup, kita memang harus berkorban

freepik.com/katemangostar

Kamu merasa jadi berkorban terlalu banyak untuk menjalin sebuah hubungan? Coba ingat-ingat, bukankah untuk setiap hal dalam kehidupan kita ini memang selalu ada pengorbanan. 

Berkorban tidak hanya dilakukan dalam cinta saja, hampir semua hal yang ada dalam kehidupan kita membutuhkannya. Entah itu berkorban waktu, energi, atau lainnya.

Jika lima hal di atas belum kamu sadari atau tidak bisa kamu sadari artinya memang kamu memilih untuk lebih dulu sendiri.

IDN Media Channels

Latest from Single