Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Momen yang Membuat Introvert Nggak Nyaman dalam Pergaulan

Kamu perlu banget paham tentang hal ini

Dewi Ginan

Pada umumnya kita mengenal introvert sebagai pribadi yang irit bicara, tenang, dan suka kesendirian. Meski begitu, bukan berarti seorang introvert tidak bisa hidup bersosial dengan yang lain. Para introvert bisa kok membaur dengan yang lain, meski memang bukan sosok yang akan terlihat menonjol di antara teman-temannya yang lain.

Dalam pergaulan, ada beberapa hal yang paling dibenci sama kaum introvert ini. Kalau kamu punya teman introvert, sebaiknya hindari lakukan 7 hal ini, ya. Sebab, hal-hal ini bisa bikin dia ngerasa nggak nyaman dibuatnya. Apa sajakah itu? Keep on reading, ya!

1. Menanyakan kenapa dia terdiam

Unsplash.com/Priscilla du Preez

Memang sudah menjadi karakter umum seorang introvert memiliki pembawaan pendiam dan tenang. Namun, nggak jarang sifat diamnya ini bisa disalahartikan oleh orang-orang di sekitarnya.

Alhasil, si introvert sendiri bisa dibuat bingung dan nggak nyaman sendiri saat kamu menanyakan alasan keterdiamannya ketika dirinya memang sedang dalam keadaan baik-baik saja. Jadi, kamu harus pahami kalau diam adalah karakter aslinya, ya.

2. Terus-menerus mengajaknya bicara tanpa henti

Seorang introvert memang dikenal sebagai sosok pendengar yang baik bagi teman-teman di sekitarnya. Akan tetapi, mereka bakal risi juga saat berada di sekitar orang-orang berisik dan suka terus-menerus mengajaknya bicara tanpa henti.

Pasalnya, introvert tidak terlalu suka berlama-lama menghabiskan waktu di dalam pembicaraan yang menurutnya kurang penting. Jika ingin mengobrol panjang, cobalah bahas sesuatu yang memang berbobot dan dia minati.

3. Terlalu kepo tentang kehidupan pribadinya

Unsplash.com/Trung Thanh

Seorang introvert akan merasa risi saat kamu terlalu banyak menanyakan hal-hal yang seputar urusan atau kehidupan pribadi mereka. Pasalnya, seorang introvert dikenal memiliki privasi yang besar dalam dirinya.

Baginya, nggak semua hal dalam diri mereka harus selalu diketahui dan dibagikan oleh orang lain, kecuali bila ia sendiri yang berkenan untuk menceritakan padamu. Maka dari itu, sebaiknya jangan terlalu kepo dengan kehidupan pribadinya ya, Bela.

4. Mengganggu momen me time-nya

Hal lain yang bisa bikin para introvert merasa risi adalah ketika kamu mengganggu momen me time-nya. Misal, di saat dirinya sedang ingin menghabiskan waktu sendirian di rumah, tetapi kamu malah menghubungi untuk mengajaknya bepergian keluar rumah.

Nah, di saat seperti ini peranmu hanya akan dicap sebagai pengganggu ketenteramannya. Hayo, nggak mau kan disebut seperti itu, Bela?

5. Terlalu lama mengajaknya pergi ke suatu acara

Unsplash.com/Jens Johnsson

Seorang introvert juga akan merasa nggak nyaman kalau kamu terlalu lama mengajaknya pergi ke suatu acara. Terlebih saat kamu mencegahnya untuk pulang hanya karena kamu masih ingin tetap berada di sana.

Kalau dia sudah benar-benar ingin meninggalkan suatu acara, tandanya dia sudah tidak merasa nyaman berada di pesta tersebut. Jadi, jangan memaksanya untuk tetap tinggal jika memang dia sudah tak betah berada di acara tersebut, ya.

6. Mengajak orang asing untuk bergabung di momen hang out kalian

Seorang introvert cenderung lebih nyaman saat menghabiskan waktu bersama sedikit teman daripada banyak orang. Nah, itu pun hanya teman yang memiliki kedekatan dengannya saja.

Dia akan merasa nggak nyaman saat kamu justru membawa teman dari luar untuk bergabung di momen hang out kalian. Hal ini terjadi lantaran introvert tidak suka berada di suasana yang bising dan terasa asing baginya.

7. Memaksakan kehendak pribadimu kepadanya

Unsplash.com/Roberto Nickson

Terakhir, hal yang paling dibenci introvert adalah saat kamu memaksanya untuk melakukan sesuatu di saat dia sedang tidak ingin melakukan apa pun. Terlebih kalau kamu meminta dia melakukan beberapa hal yang bertolak belakang dengan kepribadiannya. Bisa-bisa dia malah jadi nggak respect denganmu nih. Duh, sebaiknya jangan dilakukan, ya.

Nah, itu tadi 7 hal yang bisa bikin seorang introvert merasa nggak nyaman di dalam pergaulan. Kalau kamu juga seorang introvert, apa pernah mengalami pengalaman yang serupa? Ceritakan dalam kolom komentar, yuk!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Dalam Pergaulan, Ini 7 Momen yang Bisa Bikin Introver Gak Nyaman"

IDN Media Channels

Latest from Single