Pernah bertemu dengan seseorang yang kebanyakan diam tetapi ketika mulai bicara kamu sampai bungkam dan kagum? Atau pernahkah kamu melihat seseorang yang senang memperhatikan hal-hal kecil seperti rintik hujan atau deburan ombak? Jika ya, maka kamu telah menemukan seseorang yang mempunyai kepribadian introvert.

Banyak yang menganggap, orang dengan kepribadian introvert adalah sosok yang kesepian sehingga patut untuk dikasihani. Sayangnya persepsi tersebut tidaklah benar, justru banyak kelebihan-kelebihan introvert yang tertanam di dalam diri mereka.

1. Memiliki pemikiran di luar batas orang-orang pada umumnya

7 Keistimewaan Ini Cuma Dimiliki Oleh Kamu, Si IntrovertUnsplash.com/Anthony Tran

Tidak banyak yang tahu di balik diamnya orang introvert sesungguhnya mereka sedang memikirkan banyak hal. Terlebih lagi ketika dihadapkan dengan masalah, introvert cenderung berpikir keras menyusun langkah apa yang harus ia ambil untuk menyelesaikan masalah tersebut. 

Hal inilah yang membuat introvert banyak dicari oleh teman-temannya karena bisa memberikan solusi terkait masalah yang sedang mereka hadapi. Kalaupun tidak membutuhkan solusi, introvert bisa menjadi tempat curhat yang baik. Berlaku pula di dunia kerja, strategi atau ide-ide yang dimiliki introvert sangat diacungi jempol oleh pimpinan. Apalagi dalam keadaan sendiri, introvert mempunyai segudang ide kreatif untuk membuat kegiatannya lebih bermanfaat.

2. Di saat yang lain sibuk membicarakan kejelekan seseorang, introvert justru mampu melihat sisi baik orang tersebut

7 Keistimewaan Ini Cuma Dimiliki Oleh Kamu, Si IntrovertPixabay.com/Minanfotos

Inilah salah satu kelebihan introvert yang luar biasa. Mereka selalu berpikir pada dasarnya manusia itu baik, semua keburukan yang dilakukan mempunyai alasan tersendiri. Bukan hanya tahu tetapi juga mereka memahami banyak pengaruh yang membuat seseorang bertindak buruk.

Jika mendengar keburukan seseorang, introvert cenderung melihat pada dirinya. Dibanding ikut menimpali, introvert lebih memilih mengintropeksi diri dan menjadikan pelajaran tentang apa yang dialami oleh orang-orang di sekitarnya.

3. Perasaan dan pemikirannya tidak akan mudah untuk ditebak

7 Keistimewaan Ini Cuma Dimiliki Oleh Kamu, Si IntrovertPixabay.com/loilamtan

Introvert adalah pribadi yang mampu mengatur ekspresi agar selalu terlihat biasa-biasa saja. Jangankan melihatnya bahagia karena sudah mendapat pekerjaan yang ia inginkan, mengetahui dia sedang jatuh cinta saja akan sangat sulit untuk dibaca. Hal ini yang membuat introvert nampak misterius, banyak yang penasaran mengenai semua tentangnya. Apa yang ia rasakan, apa yang ia inginkan, dan apa yang ia pikirkan, menebaknya sama dengan mencoba keluar dari labirin-labirin yang penuh bahaya.

Ini juga yang menjadi alasan orang introvert cukup disegani. Pasalnya banyak yang takut mendekatinya karena tidak tahu harus berkata atau bertingah seperti apa. Jangan-jangan suasana hati mereka sedang tidak baik dan tidak ingin diganggu.

4. Banyak yang berpikiran rasa empati seorang introvert sering melebihi batas wajar

7 Keistimewaan Ini Cuma Dimiliki Oleh Kamu, Si IntrovertPixabay.com/Miotran

Ketika kalian sedang jalan-jalan keluar dan mendapati seseorang yang terus memperhatikan seekor anak kucing yang ditinggali ibunya, maka jelas sudah bahwa mereka adalah si pemilik kepribadian introvert. Melihat kucing yang sedang mengais-ngais makanan di tempat sampah saja sudah membuat perasaannya tersentuh, apalagi menyaksikan kematian kucing tersebut. 

Kepribadian seperti inilah yang menyebabkan seorang introvert pandai menjaga perasaan orang lain. Ia mampu untuk masuk ke dunia siapapun yang sedang kesusahan dan merasakan seolah dia benar-benar mengalaminya.

5. Pantang mengeluh dan jarang protes

7 Keistimewaan Ini Cuma Dimiliki Oleh Kamu, Si IntrovertPixabay.com/StockSnap

Di dunia kerja kadang kala kita menemukan seseorang yang sering sekali mengeluh dan mengajukan protes tentang pekerjaannya. Namun itu tidak akan berlaku bagi seorang introvert, sekalipun pekerjaan yang dibebankan sangat berat, mereka akan tetap berusaha melakukan yang terbaik dan tidak akan pernah mengeluhkannya. Sifat dan sikap seperti inilah yang membuat introvert jarang memiliki musuh, mereka cenderung menghindari pertengkaran.

Jangan mencoba mencari introvert di antara kumpulan para penyuara hak alias para pendemo, kalau bukan karena suatu paksaan mereka tidak akan pernah berada di sana.

6. Basa-basi adalah sesuatu yang tidak akan pernah ada dalam kamus mereka

7 Keistimewaan Ini Cuma Dimiliki Oleh Kamu, Si IntrovertPixabay.com/nastya_gepp

Jika ingin meminta bantuannya katakan saja langsung, tidak perlu menceritakan dulu sesuatu yang sebenarnya tidak ada kaitannya. Tapi ada satu hal yang harus diketahui, soal cinta introvert tidak suka jika seseorang langsung menyatakan perasaannya padahal baru saja kenal. Introvert tahu lho, kapan kamu serius dan hanya main-main. Memikat hati introvert itu butuh perjuangan ekstra, harus siap bersabar dan belajar melangkah pelan-pelan.

7. Tidak masalah jika harus belajar sendiri

7 Keistimewaan Ini Cuma Dimiliki Oleh Kamu, Si IntrovertPixabay.com/StockSnap

Kepribadian mereka yang sangat suka melakukan segala sesuatu sendiri ini, berlaku juga ketika mereka sedang mencari pengetahuan-pengetahuan baru. Mereka bisa menjadi murid dan guru secara bersamaan dan tidak ada masalah dengan itu, justru mereka akan sangat senang ketika belajar seorang diri tanpa ada orang lain.

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "7 Keistimewaan Ini Cuma Dimiliki Oleh Kamu, Si Introvert"

Baca Juga: 15 Pekerjaan yang Cocok untuk Si Introvert