Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Tunjukkan Kamu Tidak Tertarik pada Laki-Laki yang Mendekatimu

Karena cinta tak bisa dipaksakan

Citra Purnamasari

Setiap orang jelas berhak untuk memperjuangkan perasaannya, tapi setiap orang juga berhak untuk menentukan pilihannya dalam hubungan asmara.

Siapa pun tentu senang ketika ada orang yang menunjukan ‘perhatian’ dan ketertarikan padanya. Mencoba mengenal lebih dekat juga penting untuk mengetahui apakah benar seseorang yang menaruh rasa adalah seseorang yang tepat untuk menjadi pasangan.

Tapi tak bisa dipungkiri pula, kita sering dihadapkan dengan seseorang yang setelah kita coba kenali pun rupanya tidak cocok, atau kita sendiri tidak memiliki perasaan romantis padanya. Jangan dipaksakan, lebih baik tolak atau tunjukkan bahwa kamu tidak tertarik dengannya menggunakan 5 cara ini!

1. Tetap ramah dan sopan, namun menjaga jarak

Shutterstock/mentatdgt

Kalau kamu tidak tertarik padanya bukan berarti kamu berubah menjadi orang yang jahat, jutek, dan memperlakukannya dengan cara yang tidak baik. Tetaplah ramah dan sopan padanya. Bicara seperlunya, apalagi jika kalian adalah teman satu kampus, atau bahkan kolega di tempat kerja.

Namun jika tidak ingin membuatnya salah paham, kamu pun harus menjaga jarak darinya. Tetap tunjukkan bahwa kamu adalah orang yang baik dan santun. Ini jelas berbeda dengan tebar pesona atau memberi harapan palsu, ya.

2. Jangan berikan kesan memberi harapan

Pexels.com/Cottonbro

Banyak pria yang semakin gencar mendekati gebetannya karena merasa masih punya harapan. Jika kamu memang enggan untuk dekat dengannya maka jangan sampai kamu memberikan kesan seolah dia bisa mendapatkan hatimu melalui perkataan atau sikap yang tak perlu.

Misalnya, rutin berkomunikasi, menanggapi ketika dia mulai berani flirting padamu, atau hang out bareng, bisa memberikan kesan seolah-olah kamu pun tertarik padanya. Hmm.. jangan hanya karena tidak enak, justru kamu malah terjebak disituasi yang tidak menyenangkan. Jaga jarak jelas perlu, lho.

3. Katakan baik-baik bahwa kamu tidak menyukainya

Pexels.com/Moose Photos

Ketika dia secara terang-terangan bilang suka, bahkan berani untuk ‘nembak’ kamu, maka kamu jelas berhak untuk menolaknya. Tapi, tetaplah sopan dan utarakan dengan baik padanya. Jelaskan mengapa kamu tidak bisa menerima perasaannya tanpa harus menyakiti hatinya.

4. Jika dia bersikeras cobalah untuk bersikap tegas

freepik.com/benzoix

Ada juga laki-laki yang setelah mengalami penolakan justru semakin gencar untuk mendekati gebetannya. Malah, mereka semakin agresif sehingga membuat pihak wanita jadi merasa tidak nyaman bahkan terganggu.

Jika ini terjadi padamu maka bersikap tegas merupakan hal yang perlu dilakukan. Tegaskan bahwa kamu terganggu dan tetap tidak bisa menerima perasaannya. Katakan juga bahwa sikapnya malah membuatnya tidak nyaman dan hubungan kalian sebagai teman pun bisa rusak.

5. Minta bantuan temanmu jika dia mulai mengganggu

Pexels.com/RODNAE Production

Terakhir, jangan ragu meminta bantuan teman, ketika laki-laki yang tidak kamu sukai mulai mengejar-ngejar dengan cara yang benar-benar mengganggu. Pastikan kamu tidak menyimpan ini sendirian, karena bisa mengganggu keseharianmu juga.

Bicarakan ini ke teman yang juga kenal dengan pria tersebut, siapa tahu dia bisa membantu menengahi kalian. Ceritakan pada temanmu bahwa pria tersebut mulai mengusik kenyamananmu, dan katakan juga bahwa kamu butuh bantuan.

Itulah 5 cara menunjukan bahwa kamu tidak tertarik dengan seorang laki-laki yang mendekatimu. Ingat ya, cinta tidak bisa dipaksakan, dan kamu jelas berhak mendapatkan seseorang yang memang kamu cintai sepenuh hati.

IDN Media Channels

Latest from Single