Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Momen Kedekatan Mendiang Moonbin ‘ASTRO’ dan Moon Sua ‘Billlie’

Sua menganggap Moonbin adalah role model-nya

Anatasia Anjani

Kepergian Moonbin ‘ASTRO’ meninggalkan banyak luka dan kesedihan untuk para member, keluarga, sahabat, hingga penggemar. Sosok Moonbin yang hangat dan ramah terhadap siapapun membuat Sebelumnya Moonbin ditemukan meninggal di kediamannya pada tanggal 19 April 2023 lalu.

Aroha (fans ASTRO) hingga fans K-Pop merasakan duka yang mendalam atas meninggalnya Moonbin. Tak hanya dikenal sebagai sosok yang menyayangi penggemar dan kawan-kawannya, Moonbin juga diketahui sebagai kakak yang sangat menyayangi adiknya, Moon Sua ‘Billlie’. Perbedaan usia Moonbin dan Moon Sua yang tak terlalu jauh membuat keduanya dekat dan saling menyayangi satu sama lain.

Moonbin lahir di tahun 1998, sedangkan Moon Sua lahir di tahun 1999. Berikut adalah momen kedekatan antara Moonbin dan Moon Sua.

1. Suka menari bersama

Instagram/ panncafe

Sejak kecil, Moon Sua dan Moon Bin memiliki ketertarikan yang sama. Keduanya sama-sama suka menari dan bernyanyi. Hal itu terlihat dari klip video masa kecil Moon Siblings. Awalnya Moon Sua sedang menari, tak lama kemudian muncul Moonbin yang ikut menari dan tertawa.

Dalam video itu juga terlihat Moon Sua tertawa dan bercanda dengan Moonbin. Video tersebut diunggah oleh akun AROHARUBELLLIE’VE di YouTube.

2. Sering mempromosikan Moonsua

Koreaboo

Selain akrab satu sama lain, Moonbin juga kerap mempromosikan adiknya di berbagai variety show yang diikutinya. Saat menjadi bintang tamu Running Man, Moonbin dengan senang hati memberitahukan kepada member Running Man bahwa adiknya akan debut di grup Billlie.

“Adikku akan debut, mohon untuk mendukungnya,” ujar Moonbin.

Tak berhenti sampai di situ, demi mendukung adiknya Moonbin pernah melakukan fancall dengan Moon Sua. Di saat itu, Moon Sua tetap memperlakukan Moonbin layaknya penggemar. Obrolan mereka pun lucu dan hangat. 

Sungguh manis dan perhatian sekali, ya, Bela!

3. Muncul dalam acara DNA Mate

internet

Moonbin dan Moon Sua pernah muncul dalam variety show DNA Mate. Meskipun mereka kakak adik yang sangat akrab, namun keduanya mengaku jarang bertemu satu sama lain dan hanya bisa bertemu di lorong acara music show.

Keduanya menghabiskan masa remaja dan masa kecilnya dengan menjadi trainee. Moonbin menghabiskan masa trainee selama 7 tahun dan Moon Sua selama 12 tahun.

“Kami keluarga, tapi kami hanya bertemu satu sama lain di lorong acara musik,” ujar Moonbin.

4. Sua menganggap Moonbin sebagai role model-nya

Pinkvilla

Sama halnya dengan kebanyakan orang, Sua menganggap kakaknya sebagai role model sejatinya. Oleh karena itu, ketika dirinya sedang patah semangat, ia selalu mencari dan menelepon Moonbin.

“Aku menelepon kakakku beberapa kali, tetapi dia tidak menjawab dan aku kesal. Aku lebih sering mencari kakakku ketika aku ingin mencari nasihat,” ujar Moon Sua.

“Walaupun kami hanya berbeda satu tahun. Tetapi, kakakku senior enam tahun yang sudah banyak belajar. Ia panutanku dan sosok yang paling aku hormati, ia memberikan nasihat yang tulus,” tambah Moon Sua.

Sua juga mengaku memiliki mimpi yang sama dengan Moonbin sejak kecil. Oleh karena itu, setiap ia merasa patah semangat, Sua selalu mengunjungi konser Astro dan menangis.

5. Pernah manggung bersama di Music Bank

Kpopstarz

Kedekatan Moon Siblings tentu saja menjadi favorit para penggemar, apalagi keduanya adalah sama-sama idol. Mereka lalu duet menyanyikan lagu Candy In My Ears di acara Music Bank pada 24 Juni 2022 lalu.

Keduanya pun tampil mengesankan dengan koreagrafi dan chemistry yang apik. Video kolaborasi Moon Siblings pun mendapatkan viewers jutaan dan menjadi kolaborasi yang paling sering diperbincangkan.

6. Menghabiskan waktu bungee jumping bersama

internet

MBC pernah menampilkan video Moon Sibling sedang menghabiskan waktu bersama. Mereka terlihat sedang melakukan bungee jumping bersama. Saat itu, Moon Sua sudah melompat terlebih dahulu dan Moonbin tertawa setelah melihat adiknya berhasil turun ke bawah.

Setelah itu giliran Moonbin melompat, namun sebelum landing, Moonbin mengucapkan harapan untuk Sua di tahun 2023.

“Aku harap kamu selalu bahagia, Sua,” kata Moonbin.

7. Sua menjadi Sangju dan menuliskan surat untuk kakaknya

berbagai sumber

Sua menjadi Sangju atau chief mourner untuk pemakaman sang kakak. Tugas Sangju sendiri adalah melayani pelayat yang datang. Sementara itu, mendiang Moonbin telah dimakamkan pada 22 April 2023 pukul 8 pagi waktu setempat.

Beberapa hari setelah pemakaman Moobin, Sua juga menuliskan surat di tempat memorial yang dibuka oleh agensi Moonbin, Fantagio.

“Untuk saudaraku selamanya, ini adikmu satu-satunya, Sua. Bagaimana kabarmu di sana? Apakah nyaman? Semoga selalu hangat dan damai. Kamu terlihat cantik ketika tersenyum, jadi aku harap kamu memiliki banyak hal untuk tersenyum. Aku akan kembali lagi! Aku juga mencintaimu hari ini. Moon Sibling selamanya. 23.04.24,” tulis Moon Sua di buku catatan ruang peringatan Moonbin.

Moon Sua juga menuliskan pesan di pohon peringatan untuk Moonbin.

“Oppa ini aku, satu-satunya adikmu yang berharga, Sua! Aku juga datang! Aku sudah terlalu banyak menangis jadi aku akan berhenti sekarang! Aku akan lebih banyak senyum ke depannya. Aku akan bahagia saat melakukan hal-hal yang ingin aku lakukan. Aku harap kamu akan damai dan bahagia di sana, kamu harus mengawasi aku dan melihat apakah adik perempuanmu baik-baik saja di sini!” tulis Moon Sua.

“Aku akan hidup dengan baik dan bekerja sekeras yang kau lakukan, jangan hentikan aku. Bahkan ketika menjadi sulit, aku akan merengek kepada oppa sehingga kamu harus menerimanya. Kamu telah bekerja keras selama ini. Aku sangat mencintaimu dan aku adik perempuanmu selamanya. Moon Sibling selamanya,” tulisnya.

Itulah Momen kedekatan mendiang Moonbin dan Moon Sua. Kita doakan agar Moon Sua selalu dikuatkan, ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Single