Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tingkatkan Hal Ini untuk Pertahankan Hasrat Seksual Jangka Panjang

Buka hanya untuk sekarang tapi juga nanti

Rosita Meinita

Semakin lama kamu menjalin hubungan dengan seseorang, semakin banyak hal tertentu menjadi rutin, mulai dari jadwal makan malam kamu hingga cara kamu menghabiskan waktu luang. Terkadang, seks juga bisa memudar seiring dengan rutinitas itu.

Tentu saja, setiap pasangan berbeda, dan hasrat seksual yang berkurang mungkin nggak menjadi masalah bagi kamu dan pasangan. Tetapi jika kamu ingin tahu bagaimana menjaga percikan seks tetap hidup dalam hubungan jangka panjang, sebuah laporan baru memberikan beberapa jawaban. Inilah penelitian tentang faktor yang dapat menjaga hasrat seksual di hubungan jangka panjang yang para ahli temukan.

1. Daya tarik

unsplash.com/ Banter Snaps

Ketika berbicara tentang pasangamu, kamu mungkin tertarik padanya dalam banyak hal. Ini akan membantu menjaga hasrat seksual kamu tetap terkendali. “Faktor tingkat individu lain yang umum ditemukan berkontribusi terhadap keinginan jangka panjang adalah perasaan ketertarikan individu terhadap pasangannya, ini telah dipelajari dalam beberapa cara,” kata artikel Mark dan Lasslo. Misalnya, ketika hasrat seksual lebih responsif di alam, terutama pada perempuan, penulis mengatakan ketertarikan pada pasangan juga penting.

2. Kemandirian

unsplash.com/ Jenn Evelyn-Ann

Mempunyai personality yang mandiri dan nggak menggantungkan hidupnya terhadap orang lain adalah faktor yang menunjang pada hasrat seksual di jangka panjang. Mempertahankan otonomi adalah faktor lain dalam menjaga gairah seksual tetap hidup. Satu studi dari 2014 menemukan bahwa dalam studi kualitatif terhadap 33 pasangan, ketika sampai pada hubungan mereka, otonomi berarti kemungkinan dan penemuan. Jadi, meski sangat menyenangkan untuk menjadi bagian dari pasangan, penting juga untuk mempertahankan kepribadian dan perasaan kamu.

3. Kepercayaan diri terhadap seks

unsplash.com/ Sweet Ice Cream Photography

Rasa percaya diri muncul pada waktu tertentu, dan ini berlaku untuk hasrat seksual juga. Mempunyai rasa percaya diri terhadap seks adalah salah satu yang disukai oleh pasangan kamu. Salah satu contoh yang diberikan Mark dan Lasslo berasal dari sebuah studi tahun 2015 yang menemukan bahwa ketika seseorang memprioritaskan diri mereka sebagai makhluk seksual, itu dapat membantu meningkatkan dan mempertahankan hasrat seksual pasangannya.

4. Kedekatan emosional

unsplash.com/ Allan Filipe Santos Dias

Tahukah kamu bagaimana kamu bisa memiliki hubungan seksual yang lebih memuaskan dengan seseorang ketika kamu lebih terhubung secara emosional? Di sinilah keintiman emosional muncul. Untuk mempertahankan hasrat seksual, respons seseorang terhadap kedekatan emosional pasangannya dapat membantu berdasarkan sebuah studi di tahun 2009. Keintiman pada tingkat harian, juga, dapat meningkatkan hasrat seksual, sebuah studi 2012 ditemukan dalam sampel pasangan campuran jenis kelamin.

5. Komunikasi yang baik

unsplash.com/ Toa Heftiba

Pakar hubungan sering mengatakan "komunikasi adalah kunci" ketika kamu dan pasangan kamu merasa ada hal yang ingin dicapai dalam hal seks, komunikasi merupakan cara lain untuk menghubungkan pasangan dan mendekatkan mereka, yang dapat meningkatkan hasrat. Rachel Needle, psikolog berlisensi dan Terapis Seks Bersertifikat di West Palm Beach, FL, dan juga Co-Direktur Institut Terapi Seks Modern, juga memiliki beberapa saran untuk menjaga gairah seksual tetap hidup dalam hubungan jangka panjang.

6. Coba sesuatu baru

unsplash.com/ Jared Sluyter

Pada catatan terkait, Dr. Needle juga menyarankan untuk selalu mencoba sesuatu yang baru. "Umumnya, pasangan mengadopsi naskah seksual yang cukup dapat diprediksi," tuturnya. Untuk meningkatkan romansa, ia menyarankan bermain peran atau berdandan dan membuat fantasi, mengubah pemandangan, dan/atau memperkenalkan benda-benda baru (makanan atau mainan seks) ke dalam aktivitas seksual kamu.

IDN Media Channels

Latest from Sex