Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Situasi yang Membuat Tak Bergairah saat Berhubungan Seks

Bercinta di situasi ini lebih baik dihindari

Citra Purnamasari

Siapa yang tidak ingin menikmati aktivitas seksual yang membara dengan pasangan?

Tidak selamanya, laki-laki maupun perempuan, bisa tetap ‘on fire’ ketika berhubungan seks. Ada masanya gairah seks menurun karena hal-hal tertentu. Memaksa untuk tetap bercinta meski tidak bergairah tentu bukanlah hal yang baik, karena akan menurunkan kualitas seks antara kamu dan pasangan.

Performa di ranjang jelas dipengaruhi oleh kesiapan fisik dan mental dari kedua belah pihak. Jadi, jangan anggap sepele berbagai situasi yang membuat tak bergairah saat berhubungan seks. Yuk, simak dulu ulasannya berikut ini.

1. Suasana hati yang sedih

theintimatecouple.com

Emosi sedih yang bisa disebabkan oleh banyak hal sering kali membuat banyak orang jadi enggan berkegiatan, termasuk aktivitas ranjang. Suasana hati pastinya menjadi salah satu hal yang mempengaruhi gairah ketika berhubungan seks.

Kamu dan pasangan pun wajib paham, bahwa ketika sedih sebaiknya jangan dulu melakukan aktivitas seksual. Jika dipaksakan, kegiatan seks yang seharusnya menyenangkan justru menjadi tidak maksimal.

Selain itu, berhubungan seks ketika sedang sedih atau saat emosi sedang tidak stabil bisa menimbulkan kekecewaan karena kualitasnya yang menurun. Jadi, bukan hanya soal seks, hubungan personal antara kamu dan pasangan juga bisa terganggu.

2. Perasaan kesal, marah, dan emosi tak stabil membuat gairah menurun

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Tidak hanya sedih, marah, kesal, atau emosi negatif lainnya juga termasuk ke dalam situasi yang membuat tak bergairah saat berhubungan seks. Kesalahpahaman juga bisa saja terjadi di ranjang jika kamu atau pasangan memaksakan diri untuk bercinta.

Pikiran yang tidak fokus karena perasaan kesal atau marah juga akan mempengaruhi keharmonisan hubungan antara kamu dan pasangan. Penting untuk bisa membaca situasi dan tidak memaksakan kehendak, karena nantinya kamu dan pasangan tidak bisa menikmati aktivitas ranjang dengan maksimal.

Jadi, bicarakan terlebih dahulu mengenai suasana hati masing-masing, apakah kamu dan pasangan siap untuk berhubungan seks? Apakah kalian sedang berada dalam mood yang tepat? Jangan sampai ada yang merasa terpaksa apalagi dalam keadaan marah.

3. Sedang banyak pekerjaan sehingga sulit fokus saat berhubungan seks

betterdaysformoria.com

Pekerjaan menumpuk sehingga sulit fokus juga menjadi situasi yang membuat tak bergairah saat berhubungan seks. Meski terkesan sepele, berhubungan intim dalam keadaan pikiran yang memikirkan pekerjaan jelas membuat tidak fokus.

Sebaiknya beri jeda waktu hingga urusan dan pekerjaan kantor selesai, tingkat stres pun akan cenderung berkurang, sehingga bercinta pun jadi jauh lebih menyenangkan dan menggairahkan.

4. Sedang stres sehingga sesi bercinta jadi kurang berkualitas

pinterest.com

Bukan hanya karena pekerjaan yang menumpuk, pemicu stres juga bisa dari mana saja. Stres dapat membuat seseorang kehilangan minat melakukan sesuatu, apalagi berhubungan seks.

Gairah seksual pastinya akan menurun, tubuh juga tidak se-fit biasanya. Lebih baik perbaiki suasana hati terlebih dahulu, lakukan hal-hal yang dapat membuat pikiran rileks seperti meditasi.

Diskusikan juga dengan pasangan dan cobalah untuk meminta waktu sejenak, ini juga demi kebaikan kalian.

5. Kelelahan dan kurang tidur dapat menurunkan gairah

pexel.com/ cottonbro

Salah satu akibat dari stres atau pekerjaan menumpuk adalah kelelahan dan kurang tidur. Tidur merupakan salah satu hal penting, tak hanya bagi kesehatan fisik tapi juga kesehatan emosional kamu. Setiap orang harus memiliki jam tidur yang cukup dan berkualitas.

Tentunya, ketika jam tidur kurang, apalagi ketika tidur tidak nyenyak dan sering terganggu maka akan membuat tubuh dan pikiran lelah serta terganggu. Beraktivitas pun jadi tidak maksimal, begitu juga dengan seks.

6. Perubahan hormon

peacequarters.com

Perubahan hormon juga menjadi salah satu situasi yang membuat tak bergairah saat berhubungan seks terutama bagi perempuan. Misalnya, ketika sedang haid, hamil, dan menyusui tak jarang ada yang justru kehilangan gairah untuk bercinta.

Jangan dipaksakan, karena bukannya menikmati justru baik kamu dan pasangan malah tidak dapat merasakan keintiman yang seharusnya. Bahkan bisa jadi, akan timbul pula kesalahpahaman antara kamu dan pasangan ketika di ranjang.

Itulah 6 situasi yang membuat tak bergairah saat berhubungan seks yang perlu kamu tahu. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

IDN Media Channels

Latest from Sex