Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Tips Agar Harmonis dan Menyatu dengan Saudara Ipar

Karena kalian adalah keluarga.

Zahra Ramadhani

Pernikahan bukan hanya tentang kamu dan pasangan saja, tetapi juga melibatkan keluarga nggak terkecuali ipar alias saudara kandung dari pihak suami. Untuk itu, menjaga hubungan baik dan menambah keharmonisan dalam keluarga sangatlah penting, lho. Apalagi, pertikaian antara seorang istri dengan saudara pihak suami amat riskan untuk terjadi. Kamu perlu lakukan usaha ekstra agar tetap harmonis dengan saudara ipar, ya.

Mungkin pada awalnya, perbedaan latar belakang dan budaya antar keluarga jadi halangan. Namun, nggak perlu khawatir. Seiring dengan berjalannya waktu, pintu kekeluargaan akan terbuka lebar untukmu, kok. Sebagai tambahan, kamu dapat terapkan beberapa tips versi Popbela berikut. Tetap semangat!

1. Beranikan diri untuk terbuka.

https://www.pexels.com/@n-voitkevich

Berada dalam sebuah keluarga yang baru tentu saja nggak mudah! Namun, jangan berlarut-larut dengan terus-menerus bersikap canggung, ya. Nggak perlu terlalu khawatir tentang apa pun respons saudara ipar terhadapmu nanti, Bela. Yang terpenting bukalah dirimu selebar-lebarnya untuk membangun hubungan baik dengan keluarga dari pihak suami.

2. Inisiasi percakapan di berbagai kesempatan.

https://www.pexels.com/@rodnae-prod

Ketika kamu hadir dalam acara keluarga suami, jangan segan untuk mulai membangun percakapan dengan para saudaranya, ya. Hal ini dapat memberi kesan bersahabat untuk ipar kamu, lho. Membicarakan sesuatu yang ringan seperti resep masakan atau potongan harga di pusat perbelanjaan akan jadi topik yang bagus!

3. Sesekali kirim makanan ke rumahnya.

https://www.pexels.com/@olly

Cara yang satu ini terbilang cukup ampuh untuk meningkatkan keharmonisan dengan saudara ipar. Ya, tak ada yang salah dari mengirimkan makanan ke rumahnya sesekali. Apabila kamu masak berlebih hari ini, coba terapkan tips ini, ya! Siapa tahu ipar kamu suka dengan makanan buatanmu.

4. Pahami hubungan antara pasangan dengan iparmu.

https://www.pexels.com/@gabby-k

Sebagai orang baru, kamu harus menghargai segala sesuatu yang telah ada lebih dulu. Seperti halnya, hubungan yang telah terbentuk di antara suami kamu dengan saudaranya. Bersikaplah bijaksana dengan tak menganggapnya sebagai seorang saingan. Ipar adalah seseorang yang amat berarti bagi suami kamu, Bela. Turunkan sedikit ego yang kamu miliki jika ingin membangun hubungan yang harmonis dengan keluarga pasangan, ya.

5. Hargai privasi saudara ipar kamu.

https://www.pexels.com/@gabby-k

Menghargai privasi yang saudara ipar kamu miliki juga nggak kalah penting, lho. Kamu harus paham betul seperti apa posisi kamu dalam keluarga. Jangan pernah campuri urusan ipar kamu apabila pasangan tak memintamu untuk berpendapat, ya.

6. Beradaptasilah dengan baik.

https://www.pexels.com/@julia-larson

Tentunya, keluarga pasangan kamu memiliki perbedaan latar belakang dan budaya keluarga denganmu. Tetapi, jangan jadikan hal ini penghalang untuk membangun hubungan yang harmonis dengan saudara ipar, ya. Justru kamu harus terus beradaptasi agar dapat hidup beriringan dengan keluarga suami. Dengan begitu, hubungan baik akan selalu terjaga, deh.

7. Bersikaplah suportif dalam keadaan suka dan duka.

https://www.pexels.com/@mentalhealthamerica

Saling mendukung dalam keadaan apa pun sangatlah penting dalam hubungan persaudaraan, apalagi, dengan saudara ipar. Jangan ragu untuk saling menguatkan ketika berada dalam keadaan duka dan bergembira ketika ada kabar bahagia darinya, ya.

8. Lemparkan humor sesekali saat quality time dengan keluarga.

https://www.pexels.com/@nicole-michalou

Cara yang satu ini cukup sederhana untuk dilakukan. Namun, nggak kalah ampuhnya untuk membangun hubungan yang harmonis di antara kamu dengan saudara dari pihak suami alias ipar! Cobalah sesekali untuk melemparkan lelucon di waktu quality time bersama keluarga, ya. Situasi yang ringan dan hangat akan sangat mendukung untuk membangun keakraban kamu dengan mereka, lho.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga hubungan yang harmonis dengan saudara ipar. Ingat, kalian adalah keluarga, lho. Jadi perlakukan saudara ipar seperti kamu memperlakukan kakak atau adik kandung kamu sendiri.

IDN Media Channels

Latest from Married