Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tampilkan Beragam Adat, 7 Seleb Ini Gelar Resepsi Nikah Berkali-kali

Pernikahan lintas budaya yang sarat makna

Windari Subangkit

Pernikahan merupakan momen besar yang ingin selalu terkenang seumur hidup. Maka dari itu, banyak orang menggelar pesta pernikahan secara besar-besaran, bahkan bisa lebih dari satu kali. Seperti yang dilakukan oleh sederet selebritas Tanah Air berikut ini. Menariknya, mereka menggelar resepsi pernikahan dengan mengusung tema adat yang berbeda-beda. Siapa sajakah seleb yang menggelar resepsi dengan konsep lintas budaya lebih dari satu kali ini?  

1. Momo ‘Geisha’ dan Nicola Reza Samudra

Instagram.com/therealmomogeisha

Pernikahan penyanyi Momo ‘Geisha’ dengan pengusaha asal Malang, Nicola Reza, tercatat sebagai salah satu pernikahan artis termewah dan memadukan keragaman budaya pada tahun 2017. Mereka bahkan menggelar resepsi sampai tiga kali, lho. Usai melangsungkan pemberkatan, Momo dan Nicola melangsungkan resepsi dengan konsep royal wedding. Lalu, keduanya menggelar acara ngunduh mantu dengan adat Jawa, dan terakhir resepsi dengan adat Batak sesuai dari daerah asal Momo. 

2. Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie

Instagram.com/weddingtrendingupdate

Pada 1 April 2010, Nia Ramadhani melepas masa lajangnya di usia 19 tahun dengan Ardi Bakrie. Pernikahan mereka kala itu pun menyita perhatian publik karena disebut-sebut sampai menghabiskan miliaran rupiah. Usai ijab kabul, keduanya menggelar resepsi dengan adat Sunda di hari yang sama. Sehari setelahnya, Nia dan Ardi kembali menggelar resepsi pernikahan mewah dengan adat Lampung dengan menyisipkan hiburan dari budaya Melayu dan Sunda juga.  

3. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Instagram.com/weddingtrendingupdate

Pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina memang terbilang fenomenal karena digelar dengan sangat mewah, bahkan ditayangkan secara langsung di televisi. Keduanya menikah pada 17 Oktober 2014 dengan menggelar tiga kali resepsi. Akad nikah dan resepsi pertama menggunakan konsep adat Jawa. Raffi dan Nagita kembali merayakan momen pernikahannya lewat prosesi ngunduh mantu. Acara tersebut dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat dengan mengusung konsep adat Sunda. 

4. Tistha Nurma dan Afif Kalla

Instagram.com/venemapictures

Tistha Nurma resmi dipersunting keponakan Jusuf Kalla, Afif Kalla pada 9 Desember 2017. Keduanya menggelar resepsi beberapa kali dengan mengusung adat yang berbeda-beda. Usai menggelar akad nikah, keduanya melangsungkan resepsi dengan menggunakan adat Palembang dan Bugis. Di momen tersebut, Tistha bahkan menarikan Tari Pagar Pengantin yang merupakan tarian wajib dalam pernikahan adat Palembang. Sehari setelahnya, mereka kembali menggelar acara resepsi kedua dengan menggunakan adat Betawi. 

5. Tania Nadira dan Abdulla Alwi

Instagram.com/tanianadiraa

Pernikahan Tania Nadira dengan Abdulla Alwi pada 26 Juli 2019 lalu sempat menyita perhatian publik. Pasalnya, mereka melangsungkan pernikahan dengan prosesi adat yang berbeda, mulai dari Jawa, Minang, India, hingga gabungan budaya Arab. Resepsi pernikahan mereka pun dilangsungkan selama berkali-kali. Akad nikah mereka digelar dengan adat Sunda, kemudian dilanjutkan dengan resepsi berkonsep adat Gorontalo.  

6. Happy Salma dan Tjokorda Bagus

Instagram.com/happysalma

Setelah 4 tahun menjalin hubungan asmara, Happy Salma akhirnya resmi dipersunting oleh bangsawan Bali, Tjokorda Bagus Dwi Santana, pada 3 Oktober 2010. Pernikahan mereka menggunakan adat Hindu Bali. Kala itu, Happy dan suami diharuskan mengikuti ritual adat Bali yang berlangsung cukup panjang dari pagi hingga sore hari. Kemudian pada 16 Oktober 2010, pasangan ini kembali menyelenggarakan resepsi pernikahan dengan adat Sunda, sesuai daerah asal Happy.

7. Lesti Kejora dan Rizky Billar

Instagram.com/antv_official

Pernikahan Lesti Kejora dan Rizky Billar tampaknya menjadi momen yang paling disorot di tahun 2021 ini. Rangkaian prosesi pernikahan mereka pun sampai disiarkan secara langsung di dua televisi swasta. Lesti dan Billar juga menggabungkan dua adat sekaligus dalam prosesi pernikahan mereka. Di momen akad nikah pada 19 Agustus 2021 lalu, pasangan pengantin ini memilih mengusung adat Sunda yang kental sesuai dengan tanah kelahiran Lesti. Setelah menggelar resepsi dengan tema nasional, keduanya kembali mengadakan acara ngunduh mantu bernuansa Minang yang diawali dengan manjalang ka rumah mintuo. 

Wah, seru juga ya menjadi warga Indonesia yang kaya akan keragaman budaya serta adat istiadat ini. Kamu sendiri ingin menggelar pernikahan dengan adat apa nih, Bela? Nggak ada salahnya lho menikah dengan mencampurkan adat dari kedua pengantin seperti para seleb tadi. 

IDN Media Channels

Latest from Married