Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Catat! Ini 8 Hal yang Harus Dipersiapkan Setelah Lamaran

Calon pengantin wajib tahu!

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Sekian lama merajut cinta, setiap pasangan kekasih akan melakukan prosesi lamaran. Inilah yang ditunggu-tunggu, bagaimana saat mereka saling menyematkan cincin di jari manis satu sama lain. Tentu saja hal ini akan menegangkan namun berbahagia karena disaksikan oleh para keluarga besar. 

Nah, bagi kamu yang sudah melewati prosesi lamaran mungkin masih ada kebingungan tentang langkah selanjutnya. Oleh karena itu, Popbela akan membahas beberapa hal yang harus dipersiapkan setelah lamaran, dilansir dari beberapa sumber. Simak ulasan di bawah ini, ya!

1. Bahas rencana pernikahan

Pexels.com/Jep Gambardella

Selama kalian menjalin hubungan, tentu pernah terlintas di benakmu tentang konsep pernikahan impian, kan? Jadi, hal yang harus dipersiapkan setelah lamaran ialah, kamu perlu membicarakan keinginanmu ini dengan pasangan. Selain itu, kamu juga harus mendengarkan pendapat dia, ya! Ingat, jalinlah komunikasi yang baik agar rencana pernikahan kalian lancar ke depannya.

2. Atur setiap anggaran

Pexels.com/Nataliya Vaitkevich

Kalau kamu dan pasanganmu sudah memiliki inspirasi yang besar untuk rencana pernikahan, lanjutkan dengan membicarakan terkait anggaran pernikahan. Mulailah dengan membahas pihak yang akan mengeluarkan biaya. Apakah orangtua akan ikut serta, atau kalian sendiri yang akan membiayai segalanya? Mungkin, hal ini juga perlu didiskusikan dengan orangtua masing-masing, ya.

3. Menentukan tanggal pernikahan

Pexels.com/Ron Lanch

Hal selanjutnya yang dipersiapkan setelah lamaran adalah menentukan tanggal pernikahan. Mungkin, kamu dan pasanganmu menginginkan tanggal cantik, atau tanggal jadian kalian. Apa pun itu, usahakan yang lebih fleksibel. Seperti menyamakan dengan jadwal di gedung atau lokasi resepsi yang diinginkan.

4. Menyiapkan undangan

Pexels.com/launk motret galery

Menyiapkan undangan juga tak kalah penting dalam langkah mempersiapkan diri setelah lamaran. Mulailah dengan menulis daftar siapa saja orang yang akan kalian undang. Perkirakan berapa jumlah yang akan membawa keluarganya masing-masing. Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan biayanya dengan baik. Kalau untuk yang terbaru ini, kamu juga bisa membuat undangan digital yang lebih mempermudah, lho. 

5. Mencari lokasi untuk acara pernikahan

Pexels.com/Katerina Holmes

Menentukan tempat pernikahan juga tak lepas dari jumlah undangan. Maka dari itu, kamu perlu memperkirakan kapasitas lokasi atau gedung dengan banyaknya para undangan. Memesan tempat pernikahan alangkah baiknya lebih cepat, agar kamu bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Inilah salah satu hal yang perlu dipersiapkan setelah lamaran.

6. Menyewa fotografer

Pexels.com/Ron Lanch

Mengabadikan momen pernikahan tentu hal yang nggak boleh dilewatkan. Karena itulah, kamu perlu mencari fotografer atau videografer lebih cepat. Terlebih lagi, saat ini banyak vendor yang menyiapkan paket hemat dari pre wedding hingga acara wedding yang akan mengurangi sedikitnya biaya yang dipersiapkan.

7. Pergi belanja baju pengantin

Pexels.com/Oana Lupescu

Kegiatan yang tampak seru, namun kamu perlu teliti soal ini, lho. Kamu harus memilih dengan konsep atau gaya pernikahan impian yang sudah ditentukan. Selain itu, kamu juga perlu menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Bahkan, jika ingin lebih hemat lagi, ada banyak pihak yang menyewakan kebaya atau gaun pengantin, kamu bisa manfaatkan ini.

8. Menjaga hubungan

Freepik.com/master1305

Last but not least, menjaga hubungan kalian dan keluarga masing-masing perlu dilakukan untuk memasuki jenjang pernikahan setelah mengadakan lamaran. Saling melaksanakan tanggung jawab, menjaga hati, serta bersikap lebih dewasa lagi. Hal ini nggak hanya membuat proses pernikahan lancar, tetapi juga menumbuhkan rasa kasih sayang yang besar dalam hubungan kalian, maupun keluarga.

Itulah 8 hal yang perlu dipersiapkan setelah mengadakan lamaran. Semoga niatmu untuk ke jenjang serius berjalan dengan lancar, ya!

IDN Media Channels

Latest from Married