Ini Benda Wajib dalam Hantaran Lamaran dan Maknanya

Sederhana, namun penuh harapan dan doa!

Ini Benda Wajib dalam Hantaran Lamaran dan Maknanya

Hantaran lamaran adalah segala sesuatu yang dibawa oleh pihak laki-laki dalam prosesi lamaran, serta dijadikan sebagai pembuka hati bagi pihak perempuan. Selain itu, membawakan hantaran lamaran juga bisa dijadikan sebagai wujud kesanggupan dan kesiapan laki-laki untuk meminang seorang perempuan.

Barang-barang yang dibawa dan dijadikan hantaran pun merupakan benda yang akan bermanfaat. Tak hanya itu, barang-barang tersebut juga memiliki makna dan doa bagi kedua calon mempelai, baik itu untuk persiapan pernikahan hingga kehidupan rumah tangga nantinya.

Namun, tahukah kamu jika hantaran dan seserahan memiliki sedikit perbedaan? Biasanya, seserahan dibuat lebih lengkap serta berisi barang-barang sesuai kebutuhan dan keinginan sang perempuan. Sedangkan hantaran dibuat lebih sederhana, tapi tetap penuh harapan dan doa.

Kira-kira, apa saja, ya, benda wajib dalam hantaran lamaran, serta bagaimana benda tersebut membawa makna bagi kehidupan pasangan yang akan menikah? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

1. Perlengkapan ibadah sebagai pengingat nilai dan ajaran agama

Ini Benda Wajib dalam Hantaran Lamaran dan Maknanya

Perlengkapan ibadah menjadi salah satu benda wajib dalam hantaran lamaran. Barang-barang yang menjadi isi dari hantaran ini pun dibuat menyesuaikan kepercayaan yang dianut oleh calon pengantin. Bagi pasangan Muslim, umumnya perlengkapan ibadah meliputi Alquran, mukena, sajadah, serta tasbih.

Makna yang terkandung di dalam perlengkapan ibadah sebagai hantaran lamaran antara lain sebagai simbol, bahwa pernikahan yang akan dijalani harus bertumpu pada nilai dan ajaran agama. Selain itu, benda ini juga akan menjadi pengingat calon pengantin bahwa pernikahan ialah bentuk ibadah yang harus dijalani dengan sungguh-sungguh.

2. Kue basah melambangkan harapan bagi keberlangsungan hubungan

Kue basah yang dijadikan hantaran lamaran adalah kue-kue tradisional dan umumnya bervariasi, mulai dari kue sus, dadar gulung, putu ayu, dan lain sebagainya. Namun, jika menginginkan hantaran yang lebih modern maka brownies, pancake, hingga bika ambon bisa jadi pilihan.

Selain itu, usahakan juga untuk membawa lebih dari 3 jenis kue, sebagai tanda keseriusan dan harapan yang lebih baik. Lantas, apa makna dari kue basah sebagai hantaran lamaran? Ternyata benda ini melambangkan sebuah harapan agar hubungan berlangsung lama, serta tetap erat dan lengket tak terpisahkan oleh apa pun.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here