Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Undangan Pernikahan Digital

Yang sedang merencanakan pernikahan wajib simak!

Astri Amalia

Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, nggak mengherankan jika banyak hal yang berubah bentuk dari fisik ke bentuk virtual, salah satunya ialah undangan pernikahan. Jika dulu undangan perlu dicetak dan dikirimkan melalui pos kepada para tamu, saat ini banyak mempelai pengantin memilih untuk mengirimkan undangan pernikahan dalam bentuk digital.

Namun, bukan berarti undangan pernikahan digital selalu jadi pilihan yang lebih baik, dibandingkan undangan jenis fisik. Mengutip laman WedSites, ada 6 kelebihan dan kekurangan menggunakan undangan pernikahan digital. Apa saja, ya? Keep scrolling!

Kelebihan menggunakan undangan pernikahan digital

pinterest.com

Saat ini sudah semakin banyak pasangan yang memilih untuk menggunakan undangan pernikahan digital, ketimbang undangan pernikahan fisik. Sebab, penggunaan undangan jenis ini memiliki beberapa kelebihan. Apa saja?

1. Biaya yang lebih terjangkau

Pexels/Karolina Grabowska

Ketika kamu memilih untuk menggunakan undangan pernikahan digital, itu berarti kamu menghemat lebih banyak budget. Sebab, undangan pernikahan fisik tentulah akan menghabiskan lebih banyak uang. Mulai dari jenis kertas yang dipilih, hingga tempat percetakan, kamu mesti memperhitungkan itu semua.

Di sisi lain, undangan pernikahan digital dapat dirancang dan dikirim secara online dengan biaya yang jauh lebih hemat. Jadi, kalau kamu ingin memangkas anggaran untuk acara pernikahanmu, penggunaan undangan digital bisa jadi opsi terbaik.

2. Ramah lingkungan

pexels.com/Akil Mazumder

Penggunaan undangan pernikahan digital bukan hanya lebih ramah di kantong, melainkan juga lebih ramah lingkungan, dibandingkan undangan pernikahan fisik. Karena undangan dikirim secara virtual, tentu akan mengurangi banyak limbah kertas.

Apabila kamu dan pasangan memiliki konsep pernikahan yang lebih ramah lingkungan, menggunakan undangan pernikahan digital bisa jadi pilihan tepat nih untuk kalian ambil.

3. Undangan nggak akan hilang maupun rusak

freepik.com/freepik

Kekurangan menggunakan undangan pernikahan fisik ialah adanya kemungkinan rusak ataupun hilang saat pengiriman. Namun, ini nggak berlaku pada undangan pernikahan digital.

Yup, karena undangan dikirim melalui e-mail para tamu, kamu nggak perlu khawatir jika ada kerusakan apalagi kehilangan.

Di samping itu, kalau ternyata ada beberapa orang yang lupa kamu masukkan ke dalam daftar tamu, kamu tinggal kirimkan saja tautan undangan pernikahanmu itu tanpa menggelontorkan lebih banyak biaya. Praktis dan hemat, bukan?

Kekurangan dari penggunaan undangan pernikahan digital

freepik.com

Meskipun undangan pernikahan digital menjadi opsi yang banyak dipilih oleh pasangan di zaman sekarang, nggak bisa dipungkiri jika terdapat beberapa kekurangan jika memilih jenis undangan yang satu ini. Lantas, apa saja kekurangan dari undangan pernikahan digital?

1. Undangan yang kurang tradisional

pexels.com/alem-sánchez

Penggunaan undangan pernikahan digital tentulah bukan pilihan yang tradisional. Beberapa pasangan mungkin merasa lebih afdol apabila mengirimkan undangan dalam bentuk fisik, meskipun memang akan menghabiskan lebih banyak biaya. 

Di samping itu, kalau kamu lebih suka untuk mengirimkan undangan dengan cara yang lebih formal, undangan pernikahan digital tentulah bukan pilihan yang tepat untukmu.

2. Sulit bagi beberapa tamu untuk mengakses undangan pernikahan digital

pexels.com/ravi-roshan

Jika ada beberapa tamu yang cukup sulit menggunakan fitur dalam telepon genggam, seperti halnya tamu berusia lanjut, tentu mengirimkan undangan pernikahan digital adalah pilihan yang kurang tepat. Mereka mungkin akan kesulitan untuk membuka tautan undangan dan melakukan konfirmasi kehadiran.

3. Kamu tidak akan memiliki kenang-kenangan

pexels.com/abet-llacer

Karena undangan digital dikirim secara virtual, itu berarti kamu nggak akan memiliki kenang-kenangan fisik untuk disimpan. Kamu pun nggak akan bisa menghiasnya di dalam bingkai dengan menyelipkan beberapa foto pernikahanmu untuk ditempel di dinding rumah.

Jadi, apabila kamu nggak menyukai ide ini, penggunaan undangan fisik merupakan pilihan yang tepat untukmu, ketimbang menggunakan undangan pernikahan digital.

Nah, itulah tadi 6 kelebihan dan kekurangan undangan pernikahan digital. Bagaimana menurutmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Married