Di era perkembangan teknologi seperti sekarang, masyarakat dimudahkan dengan adanya berbagai website yang dapat membantu meringankan pekerjaan. Salah satunya, website untuk desain undangan pernikahan online

Sebelum seseorang menggelar acara pernikahan, umumnya mereka akan membuat undangan terlebih dahulu. Nah, bagi kamu yang ingin membuat undangan dengan desain yang unik dan keren, kamu bisa mencoba rekomendasi website untuk desain undangan pernikahan online dari Popbela.com berikut ini. 

Definisi undangan pernikahan

7 Website untuk Desain Undangan Pernikahan Online Kekinian Pexels/Olya Kobruseva

Undangan pernikahan merupakan surat yang berisi tentang ajakan untuk si penerima agar hadir dalam upacara sakral tersebut. Biasanya, surat tersebut berbentuk kartu dengan desain unik serta elegan sebagai bentuk penghormatan.

Undangan pernikahan terdiri dari nama pengantin, waktu dan tempat pelaksanaan, serta ucapan pendek. Surat tersebut biasanya dibuat beberapa bulan atau minggu sebelum pernikahan berlangsung, dengan tujuan agar tidak terjadi miskomunikasi dengan penerimanya.

Banyak sekali template yang digunakan untuk membuat undangan pernikahan agar terlihat unik dan menarik. Bahkan, kini sudah ada beberapa website untuk desain undangan pernikahan online kekinian.

Pentingnya undangan pernikahan

7 Website untuk Desain Undangan Pernikahan Online Kekinian Unsplash/Ricardo Moura

Undangan pernikahan berfungsi untuk memberitahukan sebuah acara sakral pernikahan akan dilaksanakan. Selain itu, undangan pernikahan juga akan mempermudah orang untuk mengetahui alamat serta kapan acara tersebut diadakan.

Undangan pernikahan juga menjadi bentuk penghormatan dan rasa sopan santun kepada penerimanya. Kamu bisa menambahkan souvenir untuk acara tersebut. 

Selain fungsi utama tersebut, terdapat pula fungsi yang lain yakni memberikan rincian pernikahan, memberikan patokan pada katering, serta mengetahui perkiraan jumlah tamu.

Rekomendasi website untuk desain undangan pernikahan online

7 Website untuk Desain Undangan Pernikahan Online Kekinian Pexels.com/Bao Phuc

1. Canva

7 Website untuk Desain Undangan Pernikahan Online Kekinian canva.com

Website untuk desain undangan pernikahan online yang pertama adalah Canva. Canva menyediakan berbagai desain seperti feed Instagram, poster, logo, power point, dan lain sebagainya.

Website ini gratis digunakan oleh siapa saja, meski terdapat pula template yang berbayar. Canva memiliki kelebihan yang sangat serbaguna serta penggunaannya yang mudah.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu sign up atau log in. Setelah itu, pada halaman pertama akan muncul bermacam desain yang bisa kamu pilih. 

2. Carrd

7 Website untuk Desain Undangan Pernikahan Online Kekinian carrd.co

Website yang hampir mirip dengan canva, yaitu Carrd. Website ini menyediakan lebih dari 100 template yang bisa kamu gunakan.

Kamu bisa memilih berbagai rancangan sesuai dengan selera. Selain itu, polanya juga disediakan secara gratis, namun ada juga beberapa pola berbayar.

Untuk menggunakannya, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun. Setelahnya itu, akan ditampilkan 'halaman utama'. Lalu ketuk 'New Site' di kanan atas dan siap merancang. Untuk menggunakannya secara gratis, ada batasnya, yaitu tiga laman. Jika lebih dari itu maka akan dikenakan biaya.

3. Our-wedding.link

7 Website untuk Desain Undangan Pernikahan Online Kekinian our-wedding.link

Website untuk desain undangan pernikahan online selanjutnya adalah our-wedding.link. Tampilan minimalis di awal yang terkesan biasa saja mungkin membuat sebagian orang merasa ragu. Meski demikian, website ini menyediakan template lengkap yang bisa kamu coba. 

Penggunaan webiste ini cukup mudah. Untuk menggunakannya, kamu perlu log in terlebih dahulu. Setelahnya klik 'buat sekarang' (ada dua pilihan, untuk individu atau vendor). Kamu bisa memilih sesuai keinginan.

4. Menica.pro

7 Website untuk Desain Undangan Pernikahan Online Kekinian menica.pro

Menica.pro merupakan salah satu website untuk desain undangan pernikahan online yang perlu kamu coba. Tampilan awal yang menyejukkan mata berisi informasi tentang laman website beserta harganya.

Pada awal penggunaannya, tidak dikenakan tarif sepeser pun. Namun, itu hanya berlaku selama dua hari. Setelah melebihi masa aktif, kamu akan dikenakan harga yang sewajarnya.

Fitur undangan di Menica.pro cukup banyak dan sangat indah. Beberapa contoh desain juga ditampilkan untuk memberi referensi.

5. Akanikah.com

7 Website untuk Desain Undangan Pernikahan Online Kekinian akanikah.com

Website untuk undangan pernikahan online berikutnya adalah Akanikah.com. Tampilan awal dipenuhi warna merah muda, memberikan kesan manis.

Untuk menggunakannya, hal pertama yang harus dilakukan adalah klik opsi 'Buat Undangan Sekarang'. Kemudian, kamu akan diminta memulai merancang.

6. Downloadandprint.com

7 Website untuk Desain Undangan Pernikahan Online Kekinian downloadandprint.com

Website untuk desain undangan pernikahan online  berikutnya adalah Downloadandprint.com. Penggunaannya yang mudah menambah nilai tambah situs tersebut.

Terdapat banyak template dan tentunya dapat disesuaikan dengan selera serta kreativitas kamu. Klik 'View Design' untuk melihat desain.

Setelahnya, klik template yang diinginkan, lalu halaman selanjutnya. Kamu akan dipersilakan untuk log in atau membuat akun agar proses perancangan undangan menjadi lebih mudah tanpa kendala.

7. Sebarundangan.id

7 Website untuk Desain Undangan Pernikahan Online Kekinian sebarundangan.id

Seperti website lainnya, kamu harus masuk terlebih dahulu agar penggunaannya lebih efisien. Di halaman awal akan ditampilkan beberapa detail seperti fitur undangan yang disediakan. Terdapat beberapa fitur, yaitu responsive, desain modern, peta lokasi, dan lainnya.

Website ini gratis dan menyediakan desain menarik. Selain itu, website ini juga memberikan panduan untuk kamu dalam mendesain. Bagi pemula yang bingung bagaimana menggunakan laman web ini, bisa melihat tutorialnya terlebih dahulu. 

Itulah 7 website untuk desain undangan pernikahan online yang dapat kamu coba. Pilihlah sesuai kebutuhan dan keinginanmu. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 10 Website Gratis Membuat CV Online, Siap Dilirik HRD! 

Baca Juga: 10 Aplikasi Desain Rumah iOS Terbaik, Praktis Satu Genggaman

Baca Juga: Keren! Ada Website Khusus untuk Analisa Kandungan pada Skincare-mu