Undangan pernikahan digital menjadi salah satu tren yang sedang digandrungi di masa kini. Thanks to technology, orang-orang yang sedang dalam proses mempersiapkan acara, dapat menyebarkan undangannya dengan mudah melalui media digital. Mulai dari media sosial hingga aplikasi chatting seperti WhatsApp. Bentuk undangan pun semakin bervariasi, yang sebelumnya hanya dapat berupa teks saja atau gambar, kini undangan digital pernikahan sudah dapat berbentuk format video dengan audio.

Undangan Pernikahan Digital

Cara Membuat Undangan Digital Pernikahan dan ContohnyaPinterest.com/elo7.com.br

Undangan digital menjadi salah satu alternatif yang dipilih para calon pengantin untuk menyebarkan kabar pernikahannya. Sebab, undangan pernikahan digital dapat menghemat biaya percetakan. Ini pun secara nggak langsung berdampak pada mengurangi penggunaan kertas sebagai bentuk Go Green pada dunia.

Selain itu, undangan pernikahan digital pun dapat dibuat dalam beragam format. Jika dulu undangan pernikahan hanya sebatas gambar dan teks di atas secarik kertas, kini undangan tersebut dapat berupa video jenis apa pun. Entah itu motion video, animasi, sampai video dokumenter calon pengantin itu sendiri. Penerima undangan dapat melihat atau menonton undangan dengan lebih menarik.

Undangan digital ini pun dapat disebarkan dalam format file yang beragam. Mulai dari format gambar, video, maupun tautan yang mengarah pada sebuah laman internet berisikan informasi pernikahan. Semakin canggih dan kreatif calon pengantin dalam mendesainnya, semakin menarik undangan yang diterima.

Juga karena dalam format yang dapat dibagikan melalui media komunikasi apa pun, undangan digital ini secara nggak langsung dapat mengurangi biaya kirim undangan cetak pada keluarga dan teman. Bahkan, undangan ini dapat menjangkau orang-orang terjauh sekalipun dengan waktu cepat. Karena itu, undangan pernikahan digital ini menjadi favorit calon pengantin masa kini.

Cara Membuat Undangan Digital untuk Pernikahan

Cara Membuat Undangan Digital Pernikahan dan ContohnyaPixabay.com/Free-Photos

Semakin tingginya permintaan undangan digital mendorong munculnya jasa-jasa pembuatan undangan pernikahan digital. Kamu dan pasangan dapat menyewa jasa tersebut untuk membuat undangan digitalmu. Kamu cukup memberikan detail acara, seperti nama keluarga yang tercantum, waktu, lokasi, dan denah tempat. Bahkan, kamu dapat menyisipkan tautan atau QR Code Google Maps untuk mempermudah pengarahan ke lokasi pernikahan. 

Kamu pun dapat memberikan konsep bentuk undangan yang kamu inginkan pada penawar jasa. Dengan begitu, desain undangan tetap sesuai seperti yang kamu dan pasangan inginkan. Namun jika kebingungan, pemilik jasa juga memiliki ragam pilihan konsep dan desain yang dapat kamu pilih, kemudian disesuaikan dengan permintaanmu.

Cara membuat undangan digital lainnya adalah membuatnya sendiri menggunakan tools-tools desain, seperti menggunakan ragam tools Adobe. Tentunya jika membuat sendiri, kamu dapat mendesain undangan sesuai keinginanmu dan menghemat biaya karena nggak menyewa jasa khusus.

Jika ingin membuat sendiri namun nggak mahir menggunakan tools desain, ada berbagai aplikasi yang sudah menyediakan template sehingga kamu hanya perlu memilih dan mengubah detail sesuai kebutuhan. Aplikasi cara membuat undangan digital itu di antaranya:

  • Canva
  • Invitation Maker
  • Creator

Aplikasi-aplikasi ini dapat kamu akses melalui laptop atau unduh secara gratis di smartphone (Android maupun iPhone). Kamu benar-benar dapat menghemat pembuatan undangan, baik dari segi waktu dan biaya. Undangan pernikahan digital pun tetap terlihat cantik dan menarik!

Contoh Undangan Pernikahan Digital

Cara Membuat Undangan Digital Pernikahan dan Contohnyapinterest.com/HΛSΛNSΛNS

Mulai dari tema rustic yang sederhana hingga desain yang cantik, ada beberapa contoh undangan digital yang dapat menjadi inspirasi.

1. Contoh undangan dengan ilustrasi adat

Cara Membuat Undangan Digital Pernikahan dan ContohnyaPinterest.com/Aldila Putri

2. Contoh undangan digital sederhana

Cara Membuat Undangan Digital Pernikahan dan ContohnyaPinterest.com/Minted.com

3. Contoh undangan digital dengan ilustrasi sederhana

Cara Membuat Undangan Digital Pernikahan dan ContohnyaPinterest.com/Freepik.com

4. Contoh undangan pernikahan dengan desain yang memainkan ukuran font

Cara Membuat Undangan Digital Pernikahan dan ContohnyaPinterest.com/Brit.co

5. Contoh undangan digital dengan desain yang dapat kamu gunakan untuk undangan cetak

Cara Membuat Undangan Digital Pernikahan dan ContohnyaPinterest.com/Etsy.me

Undangan pernikahan digital cocok digunakan untuk mengundang teman-teman sebaya atau mereka yang sudah mahir menggunakan teknologi. Kamu tetap membutuhkan undangan pernikahan tercetak untuk mengundang tamu yang berusia lanjut atau jarang menggenggam ponselnya. Namun setidaknya, jumlah cetak nggak sebanyak sesuai jumlah tamu undangan. Kamu dapat menyamakan desain undangan pernikahan digital dengan versi cetak untuk mempermudah pengerjaan keduanya.

Baca Juga: Gemas! 8 Undangan Nikah Unik Ini Nggak Terbuat dari Kertas