Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tips agar Kamu Nggak Jadi 'Bridezilla' Saat Siapkan Pernikahan

Jangan sampai orang-orang di sekitarmu ikutan kesal

Andhina Wulandari Effendi

Kamu akhirnya dilamar kekasih dan kalian pun mulai mempersiapkan pernikahan. Kamu mungkin telah lama memimpikan hari pernikahan yang sempurna. Busana pengantin yang indah, tempat yang didekorasi sesuai keinginan, serta menu makanan, dan hiburan musik yang akan membuat acara pernikahanmu tak terlupakan.

Namun, persiapan untuk sebuah acara yang sangat berarti dalam hidupmu ini bisa jadi tidak selalu mulus. Tak jarang pula calon pengantin yang berubah menjadi 'bridezilla', karena stres dan akhirnya menjadi tak bisa mengontrol emosi.

Supaya kamu nggak jadi 'bridezilla' saat menyiapkan pernikahan, coba beberapa tips berikut ini, deh.

1. Atur ekspektasi sesuai bujet

Pexels.com/Mikhail Nilov

Semua tentu menginginkan pernikahan yang sempurna, tapi pernikahan yang sempurna sebenarnya berbeda bagi setiap orang. Selain itu, kamu juga harus realistis dalam menyiapkan pernikahan, khususnya soal budget Tak perlu mengharapkan pernikahan besar-besaran, jika memang budget kamu tak memungkinkan. Lagi pula, berapa pun bujetmu, kamu tetap bisa menggelar pernikahan yang penuh kebahagiaan.

2. Buat daftar persiapan pernikahan dan kerjakan satu per satu

Pexels.com/cottonbro studio

Untuk menghindari stres berlebih saat persiapan pernikahan yang akhirnya mengubah kamu menjadi 'bridezilla', cobalah untuk membuat daftar persiapan pernikahan yang perlu kamu lakukan. Lalu susun berdasarkan apa yang perlu kamu kerjakan segera dan apa yang bisa dilakukan nanti mendekati hari H. Kerjakan satu per satu, supaya persiapan kamu lebih terarah.

3. Saat meminta bantuan pada keluarga atau teman, jangan perlakukan mereka seperti 'bawahan'

pexels.com/Dewey gallery

Keluarga dan teman biasanya akan dengan senang hati untuk membantu persiapan pernikahanmu. Mereka akan bahagia, jika melihat kamu bahagia. Namun, perlu diingat bahwa mereka adalah keluarga dan teman, orang terdekat dalam hidupmu. Untuk itu, perhatikan sikap kamu saat meminta bantuan. Jangan terkesan bossy, apalagi tidak menghargai apa yang sudah mereka berikan padamu.

4. Ikut sertakan pasangan dalam persiapan

pexels.com/jonathan-borba

Pernikahan dilakukan oleh dua orang, kamu dan pasanganmu, maka sudah sewajarnya jika persiapan pernikahan dilakukan bersama. Mempersiapkan pernikahan tentu akan menguras banyak waktu dan energi, sehingga kamu akan butuh bantuan. Selain itu, jangan sampai pernikahan hanya tentang dirimu, pastikan juga pasangan punya andil yang sama besarnya.

5. Jangan bandingkan diri dengan pengantin lainnya

Freepik.com/Freepik

Salah satu hal yang juga bisa mengubah dirimu menjadi seorang 'bridezilla' adalah kerap membandingkan dirimu dengan pengantin lainnya. Kamu ingin pernikahan yang sama mewahnya atau ingin busana pengantin yang sama indahnya, dan ketika kamu tak bisa mendapatkannya, kamu akan menjadi emosional. Berhentilah membandingkan dirimu dengan orang lain, pernikahanmu adalah milikmu, dan pernikahan orang lain adalah milik orang lain, jadi tak bisa disamakan.

6. Pernikahan itu sendiri lebih penting dibandingkan pesta pernikahan yang kamu gelar

Pexels/ Emma Bauso

Pesta pernikahan bagi kamu adalah pengalaman sekali dalam seumur hidup, sehingga kamu ingin pesta tersebut menjadi sesuatu yang akan selalu diingat. Tidak hanya untuk dirimu, tapi juga bagi para tamu yang hadir.

Namun, ada hal yang juga perlu kamu ingat, bahwa pernikahan itu sendiri lebih penting dibandingkan pesta pernikahan yang kamu gelar. Maka dari itu, kamu tak perlu terlalu memfokuskan diri pada pesta pernikahan hingga membuat kamu stres, tapi tidak mempersiapkan diri akan pernikahan yang nantinya akan kamu jalani seumur hidup.

7. Cobalah untuk bersenang-senang di hari spesialmu!

Freepik.com/freepic.diller

Terakhir, cobalah untuk bersenang-senang! Fokuslah pada hal yang membuat kamu bahagia, yaitu pada akhirnya kamu dan pasangan mengucap janji sehidup semati. Fokus pada kehadiran keluarga dan teman yang hadir untuk berbahagia bersamamu. Jika seandainya ada hal-hal yang 'kurang sempurna' saat pesta pernikahan, tak perlu terlalu kamu pikirkan hingga menutupi kebahagiaanmu, ya.

IDN Media Channels

Latest from Married