Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Contoh Pelampiasan Cinta yang Sering Dilakukan Orang saat Patah Hati

Bisa negatif maupun positif

Natasha Cecilia Anandita

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pelampiasan adalah proses, cara, perbuatan melampiaskan atau tidak menahan-nahan dan memuaskan, baik itu amarah, kekecewaan, hawa nafsu, dan lainnya. Pelampiasan juga biasanya dikaitkan dengan perasaan dan cinta. 

Orang yang patah hati umumnya melampiaskan perasaannya pada hal-hal lain. Ada beragam bentuk dari pelampiasan cinta, bisa negatif atau positif. Berikut ini adalah contoh pelampiasan cinta yang sering dilakukan seseorang yang sedang putus cinta. 

1. Menjalin hubungan baru meski belum lama putus

freepik.com

Biasanya, salah satu cara pelampiasan cinta adalah dengan menjalin hubungan baru dengan orang lain meski belum lama putus. Orang-orang ini mungkin ingin memberi tahu sang mantan kalau dirinya sudah move on, namun sebenarnya belum. 

Mereka biasanya menghibur diri bahwa ia bisa lebih bahagia dengan orang lain. Tapi, hubungan seperti ini hanya akan menyakiti pihak satunya. Hubungan yang diatasi pelampiasan bisa berubah toxic dan tidak bertahan lama. 

2. Mencari kesibukan baru

pexels.com/cliff-booth

Contoh pelampiasan selanjutnya adalah ingin mengalihkan fokus dengan mencari kesibukan baru. Kesibukan ini bisa berupa mencari hobi baru, seperti melukis, memasak, menari, bermain alat musik, ikut menjadi volunteer, liburan, dan lainnya.

Lebih umum lagi, banyak orang melampiaskan sakit hatinya pada olahraga. Banyak yang mulai lebih sering berolahraga dan mencari kesibukan baru usai putus. Ada pula yang lebih rajin membersihkan rumah atau malah mabuk-mabukan. 

3. Menyalahkan diri sendiri

pexels.com

Bagi seseorang yang merasa sakit hati begitu parah, mungkin dia akan melampiaskan emosinya dengan menyalahkan diri sendiri. Ia mungkin berpikir bahwa dirinyalah penyebab hubungan tersebut kandas. Baik karena ia tak bisa bertindak lebih baik dan perhatian pada mantan pasangannya itu, maupun alasan yang lainnya. 

Tapi, perlu diingat, Bela. Tidak semua putus cinta itu karena dirimu sendiri. Ada faktor lain, bahkan mungkin bukan kesalahanmu, tapi kesalahan pasanganmu. Berhentilah menyalahkan diri sendiri dan mulai menerima keadaan. Maafkan dan relakan, lalu mulailah melangkah dengan hati tulus yang baru. 

Mungkin sulit dan butuh waktu lama, tapi kamu harus bisa mulai belajar perlahan dan melihat bahwa ada banyak hal baik menanti, termasuk seseorang yang lebih baik untukmu. 

4. Menyindir mantan

pexels.com/anna-shvets

Contoh pelampiasan lainnya adalah menyindir mantan. Ini mungkin dilakukan di media sosial dengan berbagai unggahan sindiran, baik berupa kata-kata atau konten lainnya. Sindiran biasanya dilakukan karena seseorang tak bisa secara langsung mengungkapkan isi hatinya. 

5. Mengunggah kata bijak atau galau

pexels.com/rdne-stock-project

Pelampiasan adalah perasaan atau emosi yang tak bisa tersampaikan langsung kepada yang dituju. Ini akhirnya terwujud dalam bentuk lain, seperti kata-kata bijak. Orang yang sedang patah hati mungkin lebih banyak mengunggah kata-kata atau konten-konten bijak dan galau untuk memberi tahu sang mantan tentang isi hatinya. 

6. Sering menangis dan marah

Pexels.com/Liza Summer

Perasaan sakit hati yang terpendam, sering kali dilampiaskan dengan menangis atau marah-marah pada orang lain. Karena tak bisa mengungkapkan kekecewaan dan rasa sakit kepada orang yang dituju, ia mungkin menjadikan orang lain sebagai pelampiasannya. 

Hal ini tentu tak baik, bagi dirimu sendiri atau orang lain yang menjadi korban pelampiasanmu. Jika kamu merasa sakit hati, sebaiknya bicarakan baik-baik kepada orang tesebut, atau berbagi pada orang terdekat dan terpercaya, atau datang ke psikolog. Mereka mungkin membantu kamu menemukan cara yang tepat menyalurkan emosimu. 

Itulah arti dan contoh pelampiasan cinta dalam hubungan yang sering dilakukan seseorang saat patah hati. Apakah kamu juga pernah, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Dating