Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Suka Bandingin Hubungan Kamu dengan di Media Sosial? Ini Bahayanya!

Padahal, tidak semua yang ada di media sosial itu nyata

Elga Windasari

Kamu pasti sudah sering melihat teman-teman memamerkan hubungan bahagianya di media sosial. Misalnya, mengunggah foto atau video saat 'malam kencan' yang romantis atau hadiah mewah dari pasangannya.

Alasan orang mengunggah hal-hal seperti itu di media sosial tentu saja ada banyak. Bisa sesederhana ingin berbagi momen bahagia dengan orang terdekat dan tersayang atau bahkan ada tujuan terselubung lainnya.

Psikoterapis, Mok Sin Lai, mengatakan, mengunggah kehidupan asmara di media sosial bagi sebagian orang menjadi cara untuk validasi instan dan pengakuan yang didapatkan dari orang yang klik like, komentar, atau bahkan share postingan tersebut.

"Mem-posting di media sosial dapat memicu pelepasan dopamin, neurotransmitter di otak yang terkait dengan kesenangan dan penghargaan. Ini dapat membuat perasaan bahagia, puas, bahkan rasa penerimaan dan harga diri, meskipun cenderung bersifat sementara," jelasnya.

Lalu, apa artinya dan bagaimana jika kamu selalu membandingkan hubunganmu dengan hubungan orang lain yang dilihat di media sosial?

Kamu ingin kebahagiaan yang dimiliki orang lain

Freepik.com/freepik

Jika unggahan teman yang memperlihatkan kebahagiaan hubungannya memengaruhi caramu memandang hubungan, kamu sebenarnya tidak sendirian. Mok bilang, apa yang kamu lihat di media sosial memang dapat memengaruhi hubunganmu dalam banyak hal.

"Kita cenderung membandingkan hubungan kita dengan yang kita baca di online dan itu dapat menyebabkan ketidakpuasan atau ketidaksepakatan, apalagi jika pasangan tidak berbagi mimpi yang sama atau memenuhi harapan kita,” ujarnya. 

Mok juga menyebut bahwa semua yang kamu lihat di media sosial juga dapat membuatmu berpikir bahwa kebahagiaan ada di tempat lain, kebahagiaanmu belum tercapai, bahkan membuatmu merasa tidak bahagia dan tidak menghargai kebahagiaan saat ini.

Akhirnya, kamu menjadi kurang sabar dengan pasangan karena secara tidak sadar mengharapkan dia bisa memenuhi semua kebutuhan kita.

Bahkan, meskipun kamu tahu apa yang dilihat secara online tidak 100% nyata, tetapi respons emosional dirimu bisa begitu kuat sehingga mengalahkan logika. 

Bahayanya berfantasi di media sosial

pexels.com/ROMAN ODINTSOV

Meskipun normal untuk berfantasi, tetapi membandingkan hubungan dengan yang dilihat di media sosial bisa membuatmu bermimpi tentang jenis hubungan yang tidak rasional. Ini bisa sangat berbahaya.

"Fantasi mungkin bukan tanda ada sesuatu yang kurang dalam hubungan, tetapi bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang salah,” kata Mok.

Jika kamu merasa tidak dapat lagi menikmati saat-saat sekarang dengan pasangan dan sibuk membanding-bandingkan, mungkin ada baiknya untuk melihat lebih dalam pada masalah yang kamu miliki dalam hubungan.

Tanda kamu terlalu membandingkan hubungan dengan yang ada di media sosial:

  • Terus-menerus berharap pasangan melakukan apa yang dilakukan orang lain secara online. 
  • Menjadi frustrasi dengan pasangan. 
  • Merasa kurang bahagia dalam hubungan.
  • Menjauhkan diri secara emosional dari pasangan.
  • Tidak ikut bahagia melihat kebahagian hubungan orang di media sosial.

Bagaimana cara menghentikannya?

pexels.com/Karolina Grabowska

Jika kamu menghargai hubungan yang dijalani saat ini, sebaiknya kamu tahu untuk tidak jatuh ke dalam perangkap perbandingan hubungan. Mok memiliki beberapa tips untuk menghindari situasi yang tidak menyenangkan ini, yaitu:

  • Berhenti follow akun yang membuatmu merasa sedih tentang hubunganmu dan mulai membanding-bandingkan hubunganmu dengannya.
  • Ingatlah bahwa apa yang kamu lihat mungkin hanya satu sisi dari cerita. Postingan yang kamu lihat tidak berarti hubungan mereka selalu baik-baik saja. 
  • Berlatih bersyukur. Fokus pada bagian yang baik dari hubungan dan pasangan. Beberapa hal kecil yang kamu miliki dapat membantu meminimalkan perbandingan. 
  • Batasi penggunaan media sosial. 
  • Fokus pada hal positif. Cobalah follow orang-orang dan melihat unggahan yang menginspirasi daripada yang membuatmu merasa negatif tentang diri sendiri. 
  • Miliki teman dekat yang bisa memberimu penegasan dan dorongan dalam kehidupan nyata. 
  • Menginspirasi pasangan untuk berbagi impianmu daripada memberitahunya apa yang harus dia lakukan untuk memenuhi kebutuhanmu.
  • Cari bantuan profesional jika kamu tetap merasa tidak bahagia dalam hubungan.

Nah, itulah bahayanya jika kamu sering membandingkan hubunganmu dengan orang lain di media sosial. Jadi, jangan dilakukan lagi ya, Bela! Nikmati hubunganmu saat ini dan syukuri yang telah kamu miliki agar kamu dapat merasa lebih bahagia!

IDN Media Channels

Latest from Dating