Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Tanda Spiritual Kamu telah Berada di Jalan yang Benar dalam Hidup

Bisa jadi nggak kamu sadari selama ini

Astri Amalia

Jika kamu sedang berada di dalam perjalanan spiritual yang membuatmu kembali terhubung dengan jiwamu, mungkin sempat terbersit pertanyaan di dalam benakmu mengenai apakah selama ini kamu telah berada di jalan yang benar dalam hidup.

Kamu mungkin jadi penasaran, apakah segala hal yang kamu pilih dan jalani dalam hidupmu saat ini memang telah sesuai dengan apa yang kamu butuhkan dan selaras dengan panggilan jiwamu.

Nah, agar kamu tahu apakah kamu telah berada di jalan yang benar dalam hidupmu saat ini, coba kamu cek 5 tanda spiritualnya berikut ini. Keep scrolling, Bela!

1. Sering terjadi kebetulan atau sinkronisitas

Freepik.com/tirachardz

Bela, pernahkah dalam beberapa kesempatan kamu menemukan sinkronisitas atau kebetulan dalam hidupmu? Jika jawabannya 'pernah', maka percayalah bahwa hal itu menunjukkan kalau kamu telah berada di jalan yang benar secara spiritual, Bela.

Misalnya saja, saat kamu sedang menginginkan barang tertentu, tahu-tahu ada seseorang yang memberikanmu barang tersebut. Atau saat kamu sedang membutuhkan uang, tiba-tiba ada kerabatmu yang menawarkan pekerjaan dengan gaji yang lumayan besar.

Jadi mulai sekarang, jangan pernah anggap sepele kebetulan-kebetulan dalam hidupmu, ya.

2. Adanya perasaan tenang ketika berusaha mencapai sebuah tujuan dalam hidup

unsplash.com/sean Kong

Ketika sedang mencapai sebuah tujuan dalam hidup, nggak jarang kita merasa terbebani atau terlalu cemas karenanya. Namun kalau kamu telah berada di jalan yang benar dalam hidup, kamu nggak akan terlalu cemas ataupun overthinking.

Misalnya saja, saat kamu sedang berusaha untuk mendapatkan pekerjaan tertentu. Kalau kamu selaras dengan rencana alam semesta, maka kamu hanya akan merasakan ketenangan dalam batinmu 

Kendati prosesnya sulit, rasanya kamu nggak merasakan hambatan berarti untuk mencapai tujuanmu itu. Hatimu begitu tenang dan yakin kalau kamu akan mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan tersebut.

3. Kamu berhenti untuk menyenangkan orang lain

Freepik.com/Freepik

Berhenti menjadi people-pleaser atau orang yang selalu berusaha menyenangkan orang lain adalah tanda spiritual selanjutnya kalau kamu telah berada di jalan yang benar.

Yes, saat kamu telah berada di jalur yang seharusnya, kamu hanya akan fokus untuk memenuhi kebutuhan dan menyenangkan dirimu sendiri. Kamu akan berhenti memilih hal-hal yang disarankan orang lain dan mulai bertanya pada diri sendiri tentang apa sebenarnya kebutuhan dan keinginanmu.

Kamu juga akan merasa baik-baik saja meskipun orang-orang di sekitarmu nggak menyetujui pilihan hidupmu. Namun, kamu masih memberi ruang untuk menerima saran dan kritik yang membangun dari orang lain.

4. Selalu menangkap pesan bermanfaat dari alam semesta

freepik.com/lookstudio

Kalau kamu selalu menangkap pesan bermanfaat dari hal-hal sekelilingmu saat kamu sedang membutuhkannya, ini pertanda kalau kamu sudah berada di jalan yang benar dalam hidupmu, Bela.

Seperti halnya ketika kamu sedang merasa sedih akan sesuatu hal, tiba-tiba saat sedang membuka linimasa media sosial, kamu dipertemukan dengan unggahan motivasi yang sesuai dengan kondisimu saat ini. Atau, kamu dipertemukan dengan orang asing dan mendapatkan sebuah nasihat berguna darinya.

Intinya, kalau kamu sudah berada di jalan yang benar, panca inderamu akan dengan mudah menangkap pesan-pesan tersebut dan memberimu ketenangan batin serta keyakinan bahwa kamu perlu tetap bertahan di kondisimu saat ini.

5. Kamu lebih sadar diri untuk hidup di masa kini

freepik.com/cookie_studio

Yang terakhir kamu lebih mindful atau sadar untuk hidup di masa kini. Ketika kamu hidup di jalur yang benar, maka kamu akan lebih banyak memfokuskan dirimu di saat ini, dibandingkan terlalu banyak memikirkan masa lalu ataupun masa depan. Sebab, kamu jauh lebih mudah untuk melepaskan hal-hal yang nggak bisa kamu kendalikan, seperti kejadian di masa lalu, atau hal-hal yang belum terjadi di masa depan. Yang kamu pikirkan hanyalah untuk hidup secara utuh di masa kini dan menikmatinya.

Itu tadi 5 tanda spiritual bahwa kamu telah berada di jalan yang benar dalam hidupmu. Bagaimana menurutmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Single